Rahasia Resep Masakan Umami


Rahasia Resep Masakan Umami - Untuk seorang ibu rumah tangga seperti saya,  memasak adalah sebuah kegiatan yang cukup 'menantang'.

Ya, menantang dalam arti saya harus cerdas memilih bahan makanan dan bumbu masakan yang akan saya gunakan untuk memasak. Apalagi kalau udah giliran menentukan menu. Masak apa ya hari ini? Duh saya kadang suka dibikin bingung. Ada yang ngalamin juga kayak saya? hehe

Untuk mengatasinya saya seringkali 'nyontek' menu masakan di internet. Banyak banget menu masakan yang bisa saya tiru dan kemudian saya modifikasi sesuai selera dan sesuai bahan yang ada di rumah. Penting, karena memasak itu juga adalah tentang kreatifitas. 😊😋

Oya bahan masakan andalan saya ketika memasak adalah daging ayam atau daging sapi, tahu, tempe, wortel dan kentang.  Praktis dan bisa diolah jadi banyak menu.😃.

Sedangkan untuk bumbu masaknya, tiga benda wajib berikut ini bawang putih, kecap ikan dan bumbu penyedap rasa ga pernah ketinggalan.

Jujur bumbu penyedap rasa yang berbahan dasar MSG (Monosodium Glutamate) tersebut memang selalu ada di laci lemari dapur saya. Karena tidak dapat dipungkiri MSG  bisa memberikan rasa gurih pada masakan dan bisa membangkitkan selera makan.

Padahal sebenarnya rasa gurih alias UMAMI yang merupakan cita rasa dasar ke lima selain rasa manis, asin, asam dan pahit tersebut, juga dapat diperoleh secara alami dari berbagai macam bahan makanan seperti kaldu (ayam, daging, sapi, ikan), jamur, santan kelapa, terasi,tomat dan sebagainya

Dan entah kenapa rasa gurih yang diperoleh dari bumbu penyedap instan lebih berasa di lidah dan cenderung bikin saya ketagihan. Nah lho.


Mie Kocok Bandung Rasa Umami ala chef Deny Gumilang

Event Eat Well Live Well With Umami Ajinomoto


Jujur saya masih penasaran, tentang bumbu penyedap bernama MSG ini dan bagaimana sebenarnya efeknya terhadap kesehatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya antusias sekali ketika berkesempatan untuk menghadiri sebuah event yang bertajuk Eat Well Live Well With Umami Ajinomoto

Event Eat Well Live Well Ajinomotodiadakan di Kapulaga Resto Jl Dayang Sumbi Bandung, Rabu, 12 Oktober 2018.
Acara yang diadakan oleh Ajinomoto bekerjasama dengan Dreamcoid ini menghadirkan bapak Muhamad Fahrurozi selaku PR Manager Ajinomoto dan juga mengundang seorang ahli teknik pangan Bapak Prof Purwiyatno Hariyadi yang merupakan Senior Scientist di SEAFAST (South East Asian Food & Agriculture Science & Technology) Center IPB, dan juga Vice Chairperson CODEX Alimentarius Commission FAO/WHO. Beliau akan  membahas tentang seputar Umami.

Selain itu hadir seorang bintang tamu cantik, Dhatu Rembulan, seorang content creator dan parenting blogger yang suka menulis di blognya yaitu dhaturembulan.com

Fyi acara ini adalah Blogger Gathering yang dihadiri oleh sekitar 30 orang perempuan (mom blogger dan lifestyle blogger) yang tergabung dalam komunitas blogger. Bahkan sebagian peserta ada yang datang dari luar Bandung seperti Garut, Tangerang dan Jakarta lho.



Sekilas Tentang Umami


Di acara tersebut Prof Purwiyatno mengulas tentang sejarah umami, hingga kandungan apa saja yang ada di dalam rasa umami.


Umami ini ditemukan pada tahun 1908 oleh seorang ilmuwan Jepang yang bernama Prof. Kikunae Ikeda.

Rasa umami ditemukan pada rumput laut (Konbu) yang digunakan sebagai bahan dasar membuat kuah masakan di Jepang. Umami sendiri berasal dari bahasa Jepang, yaitu dari kata umai yang berarti 'enak', dan kata mi yang memiliki arti sebagai 'rasa'. 

Maka umami dapat diartikan sebagai rasa enak atau rasa sedap atau yang kita kenal dengan rasa gurih.



Jadi komponen utama MSG disusun oleh protein yang disebut asam glutamat atau glutamat. Dan kandungan glutamat terdapat dalam rasa umami.

Glutamat dalam bahan pangan terdiri dari dua macam yaitu Glutamat terikat dan glutamat bebas. Glutamat terikat berupa komponen protein sedangkan glutamat bebas berupa rasa umami (hasil pemecahan protein). Dan hanya glutamat bebas yang efektif menguatkan rasa dalam makanan.

Maka tak heran, kuah sayur yang sudah dipanaskan beberapa kali, akan terasa lebih gurih karena sudah terjadi proses pemecahan protein yang kemudian menghasilkan rasa umami.

Oya, di acara ini mba Dhatu Rembulan berbagi cerita singkat tentang pengalamannya memberikan rasa umami pada makanan MPASI (makanan pengganti ASI) untuk kedua anaknya. 

Ternyata Mba Dhatu ga ragu memberikan sedikit rasa umami pada jenis makanan tertentu yang memiliki rasa sedikit langu seperti kentang dan wortel. Sehingga sang buah hati pun jadi lebih lahap makan.

Berapa Banyak Takaran MSG Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Kita?


Ketika sesi tanya jawab dibuka, sebagian besar peserta yang mayoritas adalah ibu rumah tangga, mengajukan pertanyaan yang hampir serupa. Seperti seberapa banyak sih takaran MSG yang sebenarnya boleh dikonsumsi oleh kita? Dan apa efek dari mengkonsumsi MSG bagi kesehatan?

Pertanyaan tersebut pun dijawab dengan lugas oleh Prof Purwiyatno bahwa tidak ada takaran khusus berapa banyak kita boleh mengkonsumsi MSG. Karena apapun itu apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu tidaklah baik.

Melengkapi jawaban beliau, di buku berjudul Review Monosodium Glutamat (How To Understand It Properly), yang diterbitkan oleh Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dikemukakan bahwa berdasarkan pengalaman, penggunaan MSG sekian lama dalam jumlah wajar tidak memberikan pengaruh negatif pada kesehatan.

Kajian keamanan MSG telah banyak dilakukan oleh berbagai lembaga international. Dan MSG ditetapkan dalam kategori ingredient pangan yang paling aman.

Di Indonesia sendiri penggunaan MSG (Monosodium Glutamate) sebagai bahan tambahan pangan, telah diatur oleh pemerintah melalui kajian ilmiah. Dan ditetapkan melalui peraturan Menteri Kesehatan RI No 033 tahun 2012 tentang bahan tambahan pangan.

Yang pasti fungsi utama MSG adalah memperkuat rasa dan menambah kelezatan pada makanan. Sejumput kecil udah cukup kok. Dan kendali tetap ada di tangan kita. Ya khan?

Sepertinya rasa penasaran saya tentang MSG ini akan hilang kalo sudah mengunjungi langsung pabriknya kali ya? Emak-emak mah da gitu. Suka kepo. Haha.

Iya dong kalo tahu bahan-bahan apa aja yang dipakai n gimana proses pembuatannya, kita bakal jauh lebih tenang. Cung siapa yang setuju sama saya?

Rahasia Resep Masakan Umami Di Sesi Cooking Demo With Chef Deny Gumilang


Di akhir acara, ada sebuah sesi menarik yaitu Cooking Demo dan lomba menyajikan makanan di atas piring (plating).

Semua peserta terlihat sangat antusias. Berkerumun di depan meja supaya bisa menyaksikan langsung kepiawaian Chef Deny gumilang yang juga merupakan finalis ajang lomba masak di salah satu TV swasta. 



Dalam kesempatan tersebut, Chef Deny membuat 2 menu spesial yaitu Mie Kocok Bandung dan Chicken Steak Sambal Matah. Wow. Yummy.

Dan untuk lomba plating, tiga orang pemenang berhasil membawa pulang hadiah glass bake ware. Berguna banget tuh buat masak-masak di dapur. Wah senangnyaa.

Sebuah pengalaman menarik bisa hadir di acara tersebut, bisa bersilaturahim bersama teman-teman, sekaligus mendapatkan pengetahuan baru tentang cita rasa dasar ke 5 yaitu umami dan juga tambahan koleksi resep baru yang udah ga sabar pengen saya praktekin sendiri di rumah.

Kalo saya lihat kemarin sih, bahan-bahannya mudah diperoleh di supermarket terdekat. Tinggal prakteknya nih. Oya selain pake bumbu penyedap produk Ajinomoto, chef Denny juga pake bumbu spesial kaya rosemary sama daun parsley di menu chicken steak-nya. Hmm wanginya enak banget lho.

So apa rahasia resep masakan umami teman-teman? share yuk !


Hasil Plating Chicken Milanese Ala Chef Gita Haha






Comments

Recent Posts