Skip to main content

Rahasia Resep Masakan Umami

Rahasia Resep Masakan Umami - Untuk seorang ibu rumah tangga seperti saya,  memasak adalah sebuah kegiatan yang cukup 'menantang'.

Ya, menantang dalam arti saya harus cerdas memilih bahan makanan dan bumbu masakan yang akan saya gunakan untuk memasak. Apalagi kalau udah giliran menentukan menu. Masak apa ya hari ini? Duh saya kadang suka dibikin bingung. Ada yang ngalamin juga kayak saya? hehe

Untuk mengatasinya saya seringkali 'nyontek' menu masakan di internet. Banyak banget menu masakan yang bisa saya tiru dan kemudian saya modifikasi sesuai selera dan sesuai bahan yang ada di rumah. Penting, karena memasak itu juga adalah tentang kreatifitas. 😊😋

Oya bahan masakan andalan saya ketika memasak adalah daging ayam atau daging sapi, tahu, tempe, wortel dan kentang.  Praktis dan bisa diolah jadi banyak menu.😃.

Sedangkan untuk bumbu masaknya, tiga benda wajib berikut ini bawang putih, kecap ikan dan bumbu penyedap rasa ga pernah ketinggalan.

Jujur bumbu penyedap rasa yang berbahan dasar MSG (Monosodium Glutamate) tersebut memang selalu ada di laci lemari dapur saya. Karena tidak dapat dipungkiri MSG  bisa memberikan rasa gurih pada masakan dan bisa membangkitkan selera makan.

Padahal sebenarnya rasa gurih alias UMAMI yang merupakan cita rasa dasar ke lima selain rasa manis, asin, asam dan pahit tersebut, juga dapat diperoleh secara alami dari berbagai macam bahan makanan seperti kaldu (ayam, daging, sapi, ikan), jamur, santan kelapa, terasi,tomat dan sebagainya

Dan entah kenapa rasa gurih yang diperoleh dari bumbu penyedap instan lebih berasa di lidah dan cenderung bikin saya ketagihan. Nah lho.


Mie Kocok Bandung Rasa Umami ala chef Deny Gumilang

Event Eat Well Live Well With Umami Ajinomoto


Jujur saya masih penasaran, tentang bumbu penyedap bernama MSG ini dan bagaimana sebenarnya efeknya terhadap kesehatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya antusias sekali ketika berkesempatan untuk menghadiri sebuah event yang bertajuk Eat Well Live Well With Umami Ajinomoto

Event Eat Well Live Well Ajinomotodiadakan di Kapulaga Resto Jl Dayang Sumbi Bandung, Rabu, 12 Oktober 2018.
Acara yang diadakan oleh Ajinomoto bekerjasama dengan Dreamcoid ini menghadirkan bapak Muhamad Fahrurozi selaku PR Manager Ajinomoto dan juga mengundang seorang ahli teknik pangan Bapak Prof Purwiyatno Hariyadi yang merupakan Senior Scientist di SEAFAST (South East Asian Food & Agriculture Science & Technology) Center IPB, dan juga Vice Chairperson CODEX Alimentarius Commission FAO/WHO. Beliau akan  membahas tentang seputar Umami.

Selain itu hadir seorang bintang tamu cantik, Dhatu Rembulan, seorang content creator dan parenting blogger yang suka menulis di blognya yaitu dhaturembulan.com

Fyi acara ini adalah Blogger Gathering yang dihadiri oleh sekitar 30 orang perempuan (mom blogger dan lifestyle blogger) yang tergabung dalam komunitas blogger. Bahkan sebagian peserta ada yang datang dari luar Bandung seperti Garut, Tangerang dan Jakarta lho.



Sekilas Tentang Umami


Di acara tersebut Prof Purwiyatno mengulas tentang sejarah umami, hingga kandungan apa saja yang ada di dalam rasa umami.


Umami ini ditemukan pada tahun 1908 oleh seorang ilmuwan Jepang yang bernama Prof. Kikunae Ikeda.

Rasa umami ditemukan pada rumput laut (Konbu) yang digunakan sebagai bahan dasar membuat kuah masakan di Jepang. Umami sendiri berasal dari bahasa Jepang, yaitu dari kata umai yang berarti 'enak', dan kata mi yang memiliki arti sebagai 'rasa'. 

Maka umami dapat diartikan sebagai rasa enak atau rasa sedap atau yang kita kenal dengan rasa gurih.



Jadi komponen utama MSG disusun oleh protein yang disebut asam glutamat atau glutamat. Dan kandungan glutamat terdapat dalam rasa umami.

Glutamat dalam bahan pangan terdiri dari dua macam yaitu Glutamat terikat dan glutamat bebas. Glutamat terikat berupa komponen protein sedangkan glutamat bebas berupa rasa umami (hasil pemecahan protein). Dan hanya glutamat bebas yang efektif menguatkan rasa dalam makanan.

Maka tak heran, kuah sayur yang sudah dipanaskan beberapa kali, akan terasa lebih gurih karena sudah terjadi proses pemecahan protein yang kemudian menghasilkan rasa umami.

Oya, di acara ini mba Dhatu Rembulan berbagi cerita singkat tentang pengalamannya memberikan rasa umami pada makanan MPASI (makanan pengganti ASI) untuk kedua anaknya. 

Ternyata Mba Dhatu ga ragu memberikan sedikit rasa umami pada jenis makanan tertentu yang memiliki rasa sedikit langu seperti kentang dan wortel. Sehingga sang buah hati pun jadi lebih lahap makan.

Berapa Banyak Takaran MSG Yang Boleh Dikonsumsi Oleh Kita?


Ketika sesi tanya jawab dibuka, sebagian besar peserta yang mayoritas adalah ibu rumah tangga, mengajukan pertanyaan yang hampir serupa. Seperti seberapa banyak sih takaran MSG yang sebenarnya boleh dikonsumsi oleh kita? Dan apa efek dari mengkonsumsi MSG bagi kesehatan?

Pertanyaan tersebut pun dijawab dengan lugas oleh Prof Purwiyatno bahwa tidak ada takaran khusus berapa banyak kita boleh mengkonsumsi MSG. Karena apapun itu apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu tidaklah baik.

Melengkapi jawaban beliau, di buku berjudul Review Monosodium Glutamat (How To Understand It Properly), yang diterbitkan oleh Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dikemukakan bahwa berdasarkan pengalaman, penggunaan MSG sekian lama dalam jumlah wajar tidak memberikan pengaruh negatif pada kesehatan.

Kajian keamanan MSG telah banyak dilakukan oleh berbagai lembaga international. Dan MSG ditetapkan dalam kategori ingredient pangan yang paling aman.

Di Indonesia sendiri penggunaan MSG (Monosodium Glutamate) sebagai bahan tambahan pangan, telah diatur oleh pemerintah melalui kajian ilmiah. Dan ditetapkan melalui peraturan Menteri Kesehatan RI No 033 tahun 2012 tentang bahan tambahan pangan.

Yang pasti fungsi utama MSG adalah memperkuat rasa dan menambah kelezatan pada makanan. Sejumput kecil udah cukup kok. Dan kendali tetap ada di tangan kita. Ya khan?

Sepertinya rasa penasaran saya tentang MSG ini akan hilang kalo sudah mengunjungi langsung pabriknya kali ya? Emak-emak mah da gitu. Suka kepo. Haha.

Iya dong kalo tahu bahan-bahan apa aja yang dipakai n gimana proses pembuatannya, kita bakal jauh lebih tenang. Cung siapa yang setuju sama saya?

Rahasia Resep Masakan Umami Di Sesi Cooking Demo With Chef Deny Gumilang


Di akhir acara, ada sebuah sesi menarik yaitu Cooking Demo dan lomba menyajikan makanan di atas piring (plating).

Semua peserta terlihat sangat antusias. Berkerumun di depan meja supaya bisa menyaksikan langsung kepiawaian Chef Deny gumilang yang juga merupakan finalis ajang lomba masak di salah satu TV swasta. 



Dalam kesempatan tersebut, Chef Deny membuat 2 menu spesial yaitu Mie Kocok Bandung dan Chicken Steak Sambal Matah. Wow. Yummy.

Dan untuk lomba plating, tiga orang pemenang berhasil membawa pulang hadiah glass bake ware. Berguna banget tuh buat masak-masak di dapur. Wah senangnyaa.

Sebuah pengalaman menarik bisa hadir di acara tersebut, bisa bersilaturahim bersama teman-teman, sekaligus mendapatkan pengetahuan baru tentang cita rasa dasar ke 5 yaitu umami dan juga tambahan koleksi resep baru yang udah ga sabar pengen saya praktekin sendiri di rumah.

Kalo saya lihat kemarin sih, bahan-bahannya mudah diperoleh di supermarket terdekat. Tinggal prakteknya nih. Oya selain pake bumbu penyedap produk Ajinomoto, chef Denny juga pake bumbu spesial kaya rosemary sama daun parsley di menu chicken steak-nya. Hmm wanginya enak banget lho.

So apa rahasia resep masakan umami teman-teman? share yuk !


Hasil Plating Chicken Milanese Ala Chef Gita Haha






Comments

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.