Makan Diluar Ketika Corona, Yes Or No ?

sarrahgita.com - Salah satu kebiasaan yang hampir jarang saya lakukan saat ini adalah makan diluar. Ya di situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, makan diluar rumah menjadi sebuah hal langka. Yang apabila ingin dilakukan kita harus benar-benar mempertimbangkan terlebih dahulu, untuk kepentingan apa dan mau makan dimana. 

 

Kalo misalnya pengen makan diluar hanya karena kepengen doang. Dengan alasan “abis bosan nih, udah kelamaan diem di rumah teruss". Hmm, kamu ga sendiri. Semua orang mengalami hal yang sama. Yekan? So, ada baiknya keinginan untuk makan diluar tersebut ditunda dulu aja sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Sabar dulu ya hehe. 


Tapi kalo memang untuk urusan penting, seperti urusan pekerjaan ataupun untuk memenuhi sebuah undangan. Menurut saya why not? Namun tentunya dengan melihat situasi dan kondisi serta komitmen untuk tetap patuh pada protokol kesehatan yang berlaku ya.

 

Restoran Korea Fat Oppa Menerapkan Protokol Kesehatan Standar #NewNormal Bagi Pengunjung Yang Datang 

Setelah lebih dari 4 bulan menahan diri untuk tidak makan diluar. Awal Agustus lalu saya dapat undangan pekerjaan untuk me-review sebuah tempat makan yang menyajikan menu khas Korea. Saya sempat ragu, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya saya pun memutuskan untuk memenuhi undangan tersebut.  

 

Restoran tempat saya makan diluar ketika Corona untuk pertama kali adalah restoran Fat Oppa yang berlokasi di jl Terusan Jakarta no 43 (daerah Antapani). Selain di Antapani, Fat Oppa memiliki 2 cabang lain yang berada di jl Karapitan 82 (Buahbatu) dan jl Amir Mahmud 772 (Cimahi). Saya sengaja memilih restoran Fat Oppa cabang Antapani karena lokasinya yang paling dekat dari rumah tempat saya tinggal.  


fat oppa antapani

 

Berbekal petunjuk lokasi dari GPS (Global Positioning System) di handphone, saya dan suami meluncur ke daerah Antapani menggunakan kendaraan roda dua. Berhubung sore itu jalanan sedikit padat, dalam waktu 20 menit-an kami tiba di resto Fat Oppa cabang Antapani yang berada sekitar 50m dari Supermarket Borma (salah satu supermarket favorit ibu-ibu karena dikenal dengan harganya yang relative murah). 

 

Baca juga : Fat Oppa Restoran Khas Korea Favorit Anak Muda Bandung


Tiba di restoran saya disambut oleh dua orang petugas pria yang memakai seragam lengkap termasuk masker wajah, faceshield serta sarung tangan. Secara spontan saya pun menghampiri sudut tempat washtafel berada. Setelah mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuh saya dan suami dipersilahkan untuk langsung masuk. 

 

dine in fat oppa
 

 

Oya ini kunjungan pertama saya ke resto Fat Oppa cabang Antapani. Resto Fat Oppa cabang Antapani terdiri dari 2 lantai. Di lantai 1 terdapat area makan, area kasir, toilet serta dua sudut spot untuk foto-foto. Sedangkan di lantai 2 selain terdapat area makan juga tersedia area mushola bagi pengunjung beragama islam yang ingin melaksanakan ibadah sholat. 

 

Area makan di resto Fat Oppa memiliki ciri khas, yaitu tempat duduk tipe lesehan dan tempat duduk dengan bangku kayu. Sebenernya saya ingin makan di tempat duduk bertipe lesehan namun karena di area tersebut sudah ada dua pasang pengunjung lain, dengan pertimbangan menjaga jarak saya pun memilih tempat makan dengan bangku yang berada di bagian dalam. 

 

fat oppa cabang antapani

 

 

fat oppa

 

Alasan Makan Diluar Ketika Corona 

 

Berikut ini beberapa alasan kenapa saya berani memutuskan untuk makan diluar ketika Corona, antara lain karena restoran Fat Oppa yang saya datangi menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat seperti : 

- Mengharuskan pengunjung untuk melakukan reservasi terlebih dahulu melalui nomor handphone (aplikasi whatsapp), 

- Mewajibkan pengunjung yang datang untuk menggunakan masker ketika datang ke restoran, 

- Mewajibkan pengunjung untuk mencuci tangan menggunakan sabun di washtafel yang tersedia di pintu masuk restoran, 

- Restoran menyediakan hand sanitizer yang diletakkan di pintu masuk.

- Mewajibkan pengunjung untuk di cek suhu tubuhnya terlebih dahulu (memastikan suhu tubuh pengunjung normal sesuai standar), 

- Ada jarak aman antara meja makan, serta

- Menerapkan batas waktu kunjungan bagi pengunjung yang akan makan di tempat (maksimal 60 menit). 

 

Menurut saya hal-hal tersebut cukup kondusif buat saya untuk makan di tempat dengan perasaan tenang dan aman. 

 

Pilihan Menu Paket New Normal Di Resto Fat Oppa 

 

Dalam suasana New Normal ini, resto Fat Oppa memiliki menu khusus edisi New Normal. Paket hemat menu makanan khas Korea dengan harga terjangkau yang cocok untuk dikonsumsi bareng teman atau pasangan.




Berhubung saya datang berdua dengan suami, saya pun memilih paket new normal untuk couple (pasangan). Dengan seharga Rp 70.000 kami mendapatkan 2 porsi nasi putih, 1 porsi Woo Samgyeop, 1 porsi Kimchi, 1 porsi Dak Bulgogi serta 2 gelas Boricha (ice tea). 

 

paket new normal couple
 

Sebagai makanan penutup tersedia menu Strawberry Bingsu (es serut yang diberi susu kental, topping wafer serta topping buah strawberry segar), namun saya lebih memilih menu ice cream Freezy Bites. Es krim rasa buah-buahan yang rasanya enak banget. Perpaduan rasa buah dan rasa susunya sangat terasa di lidah. I love it

 

freezy bites
 

 

Dan menurut salah seorang waitress yang bertugas, es krim rasa Mangga dan rasa Durian yang saya pilih adalah rasa es krim favorit yang banyak digemari oleh pengunjung yang datang ke Fat Oppa. Pantes saja rasa es krimnya berhasil bikin saya ketagihan hehe. 

 

Selain menu new normal couple, ada juga menu untuk rame-rame, menu new normal Jjigae (Rp 150.000), menu new normal BBQ (Rp 185.000) dan menu new normal BBQ + Jjigae (Rp 215.000) yang bisa dikonsumsi oleh 4 orang. 



Oya menu untuk anak (kids menu) juga ada lho, jadi ga usah khawatir kalo si kecil ikut makan di Fat Oppa, mereka tetap bisa menikmati makanannya sendiri. 

 

kids menu

 

Well, keputusan untuk makan diluar ketika Corona memang ada di tangan kita masing-masing. Yang pasti akan lebih baik kalo kita tetap #StaySafe #stayAtHome. Kalopun kita ingin mengkonsumsi menu makanan tertentu makanan khas restoran, saat ini hampir semua  restoran sudah go online. Kita tinggal pesan dan bisa menikmatinya di rumah. 

 

Baca juga : Fat Oppa Menyediakan Menu Frozen Food ala Barbeque Yang Bisa Dipesan Online

11 comments:

  1. Seru nih bisa makan bareng bareng segeng, ala bakar Bakaran gitu, all you can eat kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba di fat oppa makannya ala Bbq an gitu..tapi konsepnya bukan all u can eat

      Delete
  2. kalau aku lihat2 dulu, kalau terlalu banayk di dalam gak jadi, kalau mau banget makanannya dibwa pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya,kalo ternyata banyak orang,mendingan kita cari aman aja ya..bisa take away atau pesan online hehe

      Delete
  3. Udah ketahuan nih dari namanya pasti bau-bau Korea :D
    Saya belum pernah nyoba masakkan Korea Mbak :D Sayang, kayaknya di Surabaya belum ada Fat Oppa

    ReplyDelete
  4. aku tergantung tempatnya donk yang pastinya hihihi, dan tetep wajib banget mematuhi protokol ksehatan, masker wajib banget, hand sanitizer wajib bawa, dan cuci tangan juga harus rutin hihihihi, kemaren2 aku juga ke fat opppa hihihihi

    ReplyDelete
  5. Wah Rp 70.000 berdua dapat banyak banget
    Harus reservasi ya
    Mau ah, ajak anakku kesini

    ReplyDelete
  6. Waah asik ya bisa makan ala korea gitu yang penting tetap patuhi protokol kesehatan biar stay safe and healthy

    ReplyDelete
  7. di Jambi keknya belum ada nih, atau akunya yg ketinggalan info?
    makan di luar aman selama belum baca info corona hari itu. kalau dah baca ... parno duluan!

    ReplyDelete
  8. Suka banget makan di Fat Oppa.
    Aku jadi ketagihan pesan kimchinya teh Gita...karena dekat dengan rumah juga...
    Hhehee~

    ReplyDelete
  9. Aku sejak 3 bulan belakangan udah coba makan di luar rumah mbak. Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan juga ya.

    Butuh menghirup suasana berbeda hehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.