5 Tips Beli Emas Online yang Aman

tips beli emas online

Semakin cepat berinvestasi, semakin besar pula peluang kita untuk mendapatkan kebebasan finansial! Siapa yang setuju? 

Yup, dengan menanamkan uang ke sejumlah instrumen investasi seperti reksadana atau emas, itu artinya kita menggandakan nilai yang sudah ada. Nilai keduanya bisa naik sehingga cocok sebagai aset investasi yang menguntungkan. Ditambah lagi, kalau beli emas lewat Pluang, fisiknya pun bisa dijual kembali di luar negeri. 

Pluang adalah aplikasi di bidang financial technology yang bisa kita pakai untuk berinvestasi di bidang reksadana, saham dan emas. 

Bicara soal emas, saat ini pembeliannya semakin dipermudah secara online. Tinggal duduk di rumah, pilih besaran yang diinginkan, maka investasi emas via online pun bisa dilakukan. Namun, adanya oknum yang nakal membuat pembeli harus was-was saat membeli emas online. So, ketahui beberapa tips berikut ini agar aman.


1. Pilih Toko yang Memberikan Asuransi Pengiriman

Membeli emas tidaklah sama dengan beli barang biasa seperti baju atau sepatu. Diperlukan kehati-hatian yang sangat ekstra agar kita terhindar dari penipuan. 

Oleh karena itu, utamakan toko yang mampu memberikan perlindungan asuransi pengiriman. Meskipun nantinya kita akan dikenakan biaya asuransi sebesar beberapa persen dari harga emas, namun hal ini lebih baik untuk keselamatan emas yang kita beli selama di perjalanan.


2. Beli Emas Online di Tempat Resmi

Tentu saja, sebaiknya beli emas online di tempat resmi. Hindari membeli emas di toko yang mencurigakan. Toko resmi penjualan emas tidak akan pernah meminta foto ATM, KTP bahkan meminta OTP (One Time Password). Nah, kalau sudah ada tanda-tanda yang mencurigakan seperti ini, cepat urungkan niat buat transaksi.

Well, terkadang sebagian orang merasa keberatan untuk membeli emas langsung dalam jumlah yang besar di tempat resmi. Oleh karena itu, banyak yang mencoba mencicil tabungan emas seperti di Pluang. Dengan harga paling murah, mencicil emas di Pluang memudahkan kita untuk mendapatkan tabungan emas impian.


3. Hindari Permintaan Transaksi Di Luar Website Resmi

Penjual emas online terpercaya biasanya memiliki website atau nomer kontak resmi yang digunakan untuk transaksi, begitu juga dengan Pluang. Oleh karena itu, kita wajib mengingat atau mencatat mana website dan nomor asli yang digunakan untuk bertransaksi.


4. Pilih Toko yang Memberikan Kwitansi 

Hindari banget membeli emas di toko yang tidak mau memberikan kwitansi. Setidaknya, dapatkan invoice dari penjual, entah dalam bentuk kertas atau digital. 

Dengan adanya kwitansi, akan memudahkan kita apabila sewaktu-waktu ingin kembali menjual emas ke toko lain. Pasalnya, jika tidak memiliki kwitansi membuat harga jualnya juga turun, lho. Calon pembeli emas bisa meragukan keaslian koleksi emas milik kita.


5. Utamakan Toko yang Peduli Akan Packaging

Packaging merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli sebuah barang, tak terkecuali dengan emas. Pastikan penjual membungkus emas secara kuat, dengan memasukkan beberapa item lain supaya emas tidak terguncang selama di perjalanan. 

Pastikan juga bungkus emas diberi bubble wrap atau plastik tebal supaya kwitansi di dalamnya aman dari air.

Nah, itulah lima tips membeli emas online yang paling aman. Jangan takut untuk mencoba membeli emas, pastikan ikuti lima tips yang tertera, ya! 

Bila man-teman merasa belum memiliki budget alias dana khusus untuk membeli emas dalam jumlah yang besar secara langsung, coba cicil tabungan emas dari sekarang. Man-teman pun bisa mencicil emas di Pluang, dengan harga paling murah, serta asuransi pengiriman.


2 Comments

  1. Aku rutin beli emas dari aplikasi pluang ini :). Udh lumayan lama juga. Tapi selain di pluang, aku juga beli fisik LM yang realnya, dari Antam. Juga nabung dari tabungan emas pegadaian. Sengaja aku pecah2, biar lebih aman dan jaga2 mba :D. Memang menguntungkan untuk menabung emas. Krn aku msh percaya emas baik itu digital atau LM real, nilainya akan naik dalam JK waktu panjang. Aku nabung emas ini udah sejak awal nikah, berarti 10 tahunan.tapi kalo yg pluang blm lama Krn aplikasinya juga msh baru. Dan ngerasa banget untungnya, apalagi saat skr nilainya udah jauh LBH tinggi dari 10 THN lalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah salut deh sama mba Fanny..udah melek finansial sejak lama. Jujur saya baru mulai beberapa tahun terakhir. Semoga semakin banyak platform yang memudahkan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya investasi sejak dini

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .