6 Aplikasi Website Terbaik untuk Pemula

aplikasi website terbaik untuk pemula

Website saat ini menjadi salah satu aset penting yang harus dimiliki agar bisnis lebih mudah ditemukan di platform digital. 

Berbeda dari beberapa tahun lalu, dimana website masih cukup susah dikembangkan, kini membuat website sudah jauh lebih mudah berkat adanya sejumlah aplikasi website gratis yang bisa digunakan.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, membuat website tidak lagi membutuhkan waktu berhari-hari. 

Dengan menggunakan aplikasi website WordPress misalnya, kita hanya perlu waktu beberapa menit untuk proses instalasi sampai jadi. 

Sangat menarik, bukan?

Nah, untuk memudahkan kamu dalam membuat website yang lebih menarik, berikut ini rangkuman daftar aplikasi pembuat website terbaik di tahun 2022 yang cocok digunakan untuk profesional maupun pemula. 

Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya.


6 Aplikasi Pembuat Website Terbaik yang Cocok untuk Pemula


Kendati semakin banyak bermunculan aplikasi pembuat website yang bisa digunakan secara gratis, namun sejumlah platform berikut ini masih menjadi primadona di kalangan blogger maupun web developer.

1.WordPress

Aplikasi pembuat website pertama yang masuk dalam rekomendasi kali ini adalah WordPress. 

Siapa sih yang tidak kenal dengan platform blogging yang satu ini, kehandalan WordPress sebagai aplikasi pembuat website tentu sudah tidak diragukan lagi.

Karena selain kaya fitur dan bisa didapatkan secara gratis, WordPress juga sangat powerful dari segi SEO (Search Engine Optimization).

wordpress adalah


Bagi kamu yang tertarik menggunakan WordPress, pastikan untuk memilih versi self hosted agar semakin leluasa dalam menambahkan fitur. 

Jangan lupa, siapkan juga nama domain dan paket web hosting terbaik untuk mendukung website agar tidak mudah down.


2.Weebly

Weebly adalah salah satu aplikasi website pesaing WordPress

Jumlah pengguna Weebly sendiri sudah mencapai jutaan, meskipun belum mendekati raihan pengguna WordPress

Salah satu keunggulan dari Weebly yakni adanya fitur drag and drop yang bakal memudahkan pengguna untuk mendesain tampilan website.

aplikasi website terbaik

Selain itu, Weebly juga bisa digunakan secara gratis dengan pembatasan pada sejumlah fitur. 

Apabila kamu sedang mencari aplikasi website yang user friendly, simpel, dan gratis untuk kebutuhan belajar, maka Weebly sangat cocok untuk masuk dalam daftar rekomendasi.

Baca juga : cara membuat website untuk pemula


3.Adobe Dreamweaver

Jika pada dua aplikasi website sebelumnya bersifat online atau perlu koneksi internet untuk menggunakannya. 

Untuk aplikasi kali ini lebih menyasar ke pengguna offline yang bisa digunakan kapan saja tanpa perlu terhubung dengan koneksi internet. 

Nama aplikasi tersebut adalah, Adobe Dreamweaver.

aplikasi website offline

Seperti halnya aplikasi desktop lain yang diproduksi Adobe, Dreamweaver adalah software powerfull yang cukup bisa diandalkan, dimana dalam kasus ini yakni untuk keperluan pembuatan website atau web desain.

Salah satu keunggulan Adobe Dreamweaver adalah adanya fitur kombinasi HTML dan visual editing sehingga bisa digunakan untuk melihat hasil coding secara langsung.

Fungsi ini sangat bermanfaat ketika kamu sedang merancang desain warna atau fitur pada sebuah website.

Karena jika menemukan kesalahan atau ketidakcocokan pada saat melihat versi live preview kamu bisa dengan mudah kembali ke versi HTML editing untuk melakukan penyesuaian kode.


4.Wix

Iklan yang masif dan penawaran fitur yang sangat persuasif merupakan dua hal yang paling melekat dari aplikasi pembuat website yang satu ini. 

Wix hadir sebagai solusi proses pembuatan website yang membutuhkan waktu lama dan sumber daya yang tidak sedikit. 

Dengan menggunakan Wix, kamu bisa membuat website hanya dalam beberapa menit saja karena sudah ada fitur drag and drop, penambahan gadget, bahkan hingga template siap pakai.

aplikasi wix

Wix menawarkan kemudahan membuat website secara gratis, tentu saja dengan berbagai batasan fitur. 

Meski begitu, platform ini masih sangat memadai untuk mengakomodir kebutuhan website UMKM, portofolio, atau sebagai bahan pembelajaran.


5.Google Sites

Sebagai perusahaan raksasa yang mendominasi ekosistem internet di seluruh dunia Google juga memiliki fasilitas aplikasi pembuat website yang bisa digunakan. 

Secara pribadi, saya cukup menyukai fitur yang ditawarkan oleh Google Site, di antaranya seperti kemudahan dalam mengedit tampilan tanpa harus punya keahlian coding, layout yang cukup beragam.

Serta kemungkinan lebih mudah ditemukan di mesin pencari karena platform ini adalah produk dari Google sendiri.

aplikasi website terbaik untuk pemula

Jika kamu tertarik membuat website menggunakan aplikasi Google Site, syaratnya cukup mudah, yakni siapkan saja akun Gmail aktif agar nantinya langsung bisa login ke layanan tersebut.


6.PageBreeze

Aplikasi website terakhir yang bisa kamu coba adalah PageBreeze. 

PageBreeze sangat ramah untuk blogger maupun web developer pemula karena memiliki antarmuka (interface) yang sangat sederhana. 

Selain itu, fitur pembuatan website-nya juga mengusung konsep What You See Is What You Get (WYSIWYG) yang artinya adalah apa yang kamu lihat maka itulah yang akan ditampilkan.

aplikasi website


Itulah 6 aplikasi website terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. 

Menggunakan aplikasi tersebut tidak harus memiliki keahlian coding atau membaca bahasa pemrograman,.

Kadi kamu tidak perlu takut untuk menggunakan sebagai media belajar.

Selamat mencoba !


0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .