Usaha Online Modal 500 ribu, Bisa Banget!

usaha online modal 500 ribu

Memasuki era teknologi digital, banyak orang yang tertarik untuk berjualan online.  Ya termasuk saya, sekitar 5 tahun yang lalu saya sempat memulai bisnis jualan online.

Dan sebagai pemula dengan modal terbatas, waktu itu saya memilih produk yang menurut saya relative mudah dijual karena pasarnya luas.


Pilihan Produk dengan Modal Kisaran 500 Ribu

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut ini 3 kategori produk yang pernah saya jual secara online dengan modal tak lebih dari Rp 500 ribu :

1. Produk Kuliner

Untuk produk makanan, saya memilih makanan ringan seperti camilan dengan pertimbangan memiliki repeat order tinggi dan tahan lama. 

Siapa sih yang ga doyan camilan seperti keripik,kerupuk dan sebagainya. Sedangkan tuk minuman saya memilih minuman kekinian seperti bubble drink atau healthy juice.


2. Produk Fashion

Selain produk kuliner, produk fashion menempati urutan kedua sebagai produk yang paling laku di bisnis online. Dan saya juga pernah berjualan produk fashion seperti pakaian (daily outfit) serta hijab.

Dan sejak dua tahun terakhir, ada trend bisnis yang menarik untuk dicoba oleh pebisnis online, yaitu bisnis thrifting.

Secara umum bisnis thrifting adalah menjual barang bekas seperti pakaian, aksesoris, sepatu hingga barang-barang antik kepada orang lain. Dengan catatan barang tersebut masih dalam kondisi baik dan layak pakai.


3. Produk Kecantikan

Oya produk kecantikan seperti kosmetik dan skincare merupakan produk pertama yang saya jual lewat online. Ternyata profitnya lumayan juga lho. Tak heran sejak beberapa tahun terakhir, marak selebritis yang terjun ke bisnis skincare.

Apalagi sekarang yang pake skincare bukan hanya wanita. Kaum pria pun mulai banyak yang peduli pada penampilan dan mulai rutin menggunakan skincare.

Sebenarnya masih banyak pilihan produk yang bisa kita jual melalui online dengan modal 500 ribu. Seperti produk digital misalnya.  

Contoh produk digital antara lain aplikasi (software), preset foto, video, voucher game, pulsa, e-book, hingga kursus online. 

Tak dimungkiri produk-produk digital tersebut dibutuhkan dan digemari masyarakat sehingga memiliki prospek yang cerah untuk dijual secara online.

Nah, selain tiga produk di atas, baca juga artikel ini : Memulai Bisnis, untuk mengetahui beberapa produk lainnya yang bisa dijadikan peluang bisnis dengan modal 500 ribu saja.


Jualan Online Dulu dan Sekarang

Saya sadar dulu saya berjualan online tanpa ilmu yang cukup, hanya nekat coba-coba berjualan online. Ngikutin orang lain gitu deh.

Maka tak heran bisnis online saya pun berjalan di tempat dan akhirnya berhenti di tengah jalan.

Tapi lain dulu lain sekarang. Kalo lima tahun lalu informasi seputar digital marketing masih terbatas. Sekarang ilmu tentang digital marketing bisa kita peroleh dengan sangat mudah.

Saat ini kita bisa memperoleh berbagai ilmu digital marketing secara gratis maupun berbayar dari berbagai saluran. Mulai dari sosial media, youtube, komunitas khusus hingga marketplace.


Support dari Marketplace untuk Yuk Jualan Online

Apabila kita mengenal marketplace sebagai sebuah platform atau tempat dimana berbagai penjual dengan jenis produk berbeda dapat menjual barang secara online.

Rupanya ada lho marketplace yang memberikan layanan tambahan alias support khusus bagi para seller di marketplace tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Wah menarik sekali ya. Dan jujur sekarang saya jadi tertarik untuk Yuk Jualan Online lagi!


Yuk Jualan Online di Lazada

Lazada selalu memberikan support istimewa bagi pada sellernya. 

Seperti dalam web Yuk Jualan Online dari Lazada banyak sekali tips dan inspirasi bermanfaat seputar cara memulai dan mengembangkan bisnis yang bisa saya peroleh. 

Terdapat lima menu utama pada web yang beralamat di howwesell.asia ini yaitu #MulaiDiLaz, Wawasan Seller, Inspirasi, AKAR Digital serta Lazada.

Wawasan Seller meliputi tips & trick (kiat mudah dari pakar jualan online di Lazada) serta berita dan gaya hidup. 

Inspirasi meliputi The Expert (coming soon), Seller Story (kisah sukses seller jualan di Lazada), Forum Komunitas (@lazadaclub) serta Events.

program untuk seller saat jualan di Lazada
Contoh support yang diberikan lewat forum komunitas Lazada club

Dan yang menjadi magnet bagi saya tuk ingin jualan di Lazada selain support dari forum komunitas dan wawasan seller yaitu adanya program AKAR Digital. Yuk jualan online lagi di Lazada.


Sekilas Tentang AKAR Digital


AKAR Digital yang digagas Lazada merupakan program edukasi dan pendampingan dengan metode getok tular yang akan membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui marketplace.

AKAR Digital merupakan singkatan dari Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia yang diinisiasi Lazada Indonesia (Lazada), sejak tahun 2021.

Lazada bekerja sama dengan lintas kementerian mengembangkan Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk menumbuhkan ekosistem ekonomi digital.

Dengan cara memberdayakan semua peranan dalam ekosistem, mulai dari bisnis lokal, konsumen, hingga pekerja logistik.

program Lazada
Klik gambar untuk info lebih detail tentang program AKAR Digital dari Lazada


Mengetahui hal tersebut, bikin saya semangat untuk yuk jualan online lagi di Lazada.


Cara Mudah Jualan Online di Lazada

Dalam berjualan online, siapapun bebas memilih mau berjualan lewat sosial media atau marketplace.

Dan berikut ini 4 cara mudah untuk mulai jualan online di marketplace Lazada. 

1. Mendaftar ke Seller Centre Lazada

Seller Centre Lazada adalah sebuah platform khusus dari Lazada yang memudahkan penjual mengelola operasional toko. Di sini, kita bisa daftar sebagai perorangan atau perusahaan. 

Hanya dengan nomor hp dan e-mail, kita sudah dapat akses ke Seller Center Lazada.

Seller Center memberikan fitur dan bantuan yang akan mempermudah kita dalam berjualan. 

memulai bisnis

Selain itu melalui Seller Center, kita akan dipandu untuk mendapatkan pembeli dalam 1-2 minggu dengan menyelesaikan 3 langkah mudah menjadi seller (lengkapi alamat toko, lengkapi data rekening & identitas serta unggah foto produk).

2. Lengkapi Alamat Toko

Pastikan alamat toko yang kita input akurat karena akan mempengaruhi biaya pengiriman dan menghindari kesalahan beban biaya.

3. Lengkapi Data Rekening Bank dan Unggah Dokumen Identitas

Ada 2 jenis dokumen yang harus kita siapkan di tahap ini. Yaitu KTP (WNI), passport (WNA) apabila akan mendaftar sebagai seller perorangan. Pastikan foto identitas jelas (tidak buram) agar proses verifikasi sukses.

Dan Jika mendaftar sebagai perusahaan, maka kita harus mengunggah dokumen informasi bisnis, yakni NIB (Nomor Izin Berusaha) dan Izin Usaha dari OSS (Online Single Submission) saat verifikasi. 

*OSS juga dikenal dengan istilah Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik

Lalu, isi informasi rekening bank. Masukkan nomor rekening, nama bank, dan unggah foto buku tabungan/giro di tahap ini.

Rekening ini akan digunakan untuk menerima pembayaran di toko kamu. Selain itu pastikan info di identitas tersebut dan di rekening yang didaftarkan sama ya. 

4. Unggah Minimal 10 Produk di Tokomu

Usahakan unggah foto yang berkualitas bagus dan memperlihatkan detail produk dengan jelas. Lalu, berikan nama produk yang sesuai. Pastikan nama produk akurat dan mengandung kata kunci yang mungkin dicari calon pelanggan. 

Jangan menggunakan nama produk yang tidak akurat demi menarik calon pelanggan. Sebaiknya masukkan kata kunci berisi merek, model, jenis produk, atau kegunaan produk.

Gimana, tertarik untuk yuk jualan online di Lazada?


Kesimpulan 

Walaupun dengan modal minim, setiap orang mempunyai peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui berjualan online. Dengan catatan kita memiliki keinginan kuat untuk berkembang, mau terus belajar dan berproses.

Faktanya jualan online itu memang membutuhkan ilmu.

For your information, sebagai pemula saya berjualan online dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Sehingga dengan modal terbatas tak lebih dari 500ribu saya sudah bisa mulai berjualan online. 

Dan di awal, saya menggunakan modal tersebut untuk membeli beberapa produk sebagai sample, untuk kita coba sendiri dan kemudian kita foto sebagai bahan promosi. Karena ga semua supplier memiliki stok foto yang berkualitas dan instagramable.

Dan saya bersyukur karena marketplace nomor satu di Asia Tenggara seperti Lazada memberikan berbagai support bagi para pelaku usaha UMKM. 

Melalui program menarik seperti AKAR Digital serta berbagai tips dan informasi bagaimana cara memulai bisnis agar para pelaku usaha online bisa terus berkembang.

Yuk Jualan Online di Lazada!

Yuk Jualan Online di Lazada
Yuk Jualan Online di Lazada

 










28 Comments

  1. penting banget bagi UMKM ngga sekedar jualan buka lapak saja. Tapi harus punya ilmu digital marketing yang mumpumi. Untung ada ecommerce yang memfasilitasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bu Ina, bersyukur sekarang ada marketplace kayak Lazada yang memberikan support tips dan ilmu untuk meningkatkan penjualan

      Delete
  2. Pasar digital ini membawa banyak berkah ya, sekarang orang kalau mau belajar punya kesempatan yang sama untuk menjadi pelaku usaha digital. Saya sendiri terus belajar tentang digital marketing dan berusaha ngelapak di marketplace. Tapi sayang, masih belum bisa fokus karena berbagai hal, kelak pengen banget bisa fokus di bidang ini.

    ReplyDelete
  3. Lazada tidak hanya mendukung seller untuk memulai usaha online aja ya, ternyata juga ada menggelar webinar jadi dapat pengetahuan tambahan lagi. Jempol sih ini 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba RIrin, konsepnya simbiosis mutualisme ya jadi saling menguntungkan

      Delete
  4. Sebelum membaca artikel ini Saya merasa modal 500 ribu ga akan berasa untuk memulai bisnis. Tapi ternyata banyak sekali opsi jualan ya, apalagi di Lazada yang platformnya luas dijangkau banyak orang

    ReplyDelete
  5. Wah, Lazada ngga cuma fasilitasin tempat berjualan ya Ka. Seller dibantu juga dengan webinar untuk meningkatkan pemahaman seputar digital marketing. Keren euy!

    ReplyDelete
  6. Uang 500 ribu bisa menjadi jutaan kalo kita pandai memanfaatkan ya Mbak. Ada banyak peluang buat jualan di e commerce

    ReplyDelete
  7. setuju sekali dengan ulasan diatas. zaman sekarang dengan modal kecil sudah bisa buka usaha kecil-kecilan. asalkan melek teknologi dan mau bersemangat untuk berusaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kalo ada keinginan kuat untuk belajar dan berusaha insyaAllah pasti ada jalan

      Delete
  8. Replies
    1. Semoga bermanfaat, terimakasih kembali udah mampir ke blog saya mba Tira

      Delete
  9. Bermanfaat banget tipsnya untuk yang mau memulai usaha tapi modal terbatas.sukses terus ya bun

    ReplyDelete
  10. Judulnya menarik bgt nih mba.. ternyata Lazada bisa jadi lahan cuan potensial nih.. patut dicoba deh

    ReplyDelete
  11. Zaman skr, kayaknya sudah sedikit yg jualannya hanya ngandelin offline. Mungkin mereka ada toko offline, tapi onlinenya pun ttp ada. Krn kalo ga gitu, penjualannya ya stuck di situ2 aja ya mba.

    Bahkan pasar tradisional aja skr ada aplikasi jualan onlinenya. Dan aku bersyukur banget, jadi ga usah ke pasar lagi 😄. Bener2 praktis dan murah.

    Untuk skr aku memang blm ada niat jualan, masih lebih seneng jadi pembeli aja 😄. Jadi buatku seller yg ada jualannya di marketplace, pasti lebih aku pilih drpd yg jualannya di IG, FB, atau offline. Lebih ngerasa aman aja kalo market place kayak lazada dkk

    ReplyDelete
  12. Saya pun kepikiran kalau buka usaha atau bisnis, itu mau coba di usaha kuliner. Secara usaha ini ga ada matinya, justru tantangan untuk kita supaya bisa bersaing dalam menghadirkan ragam kuliner yang tidak membosankan.

    ReplyDelete
  13. Dengan modal 500 ribu dan jadi seller di Lazada bikin peluang usaha jadi makin mudah aja ya

    ReplyDelete
  14. Benar nih Mbak, ilmu marketing mudah diperoleh saat skrg ini. Kalau dulu kita jauh dari ilmu marketing ini dan jualan di Lazada memang potensi ya Mbak apalgi dengan modelnya 500 rb saja kita bsa jadi seller di sana, sukses selalu Mbak..

    ReplyDelete
  15. Ternyata uang 500rb bisa jadi modal jualan online ya kak, dengan mencoba jadi reseler atau dropship, maka modalnya pun bisa diputar. Apalagi berjualan online di Lazada banyak keuntungan yang didapat, ilmu pun juga bertambah

    ReplyDelete
  16. Uwaaaa ... lengkap banget itu fitur-fiturnya lazada. Kalau gini, makin yakin nih meluaskan penjualan lewat lazada juga.

    ReplyDelete
  17. Daridlu mau jualan tuh maju mundur takut sma modalnya eh ternyata ada ya jualan modal 500 rbu trus jadi seller di Lazada, aku jadi mau coba nih terbuka peluang usaha jadinya

    ReplyDelete
  18. Memulai usaha online itu tidak susah asal mau berusaha ya mbak
    Dengan modal dibawah 500 ribu kita sudah bisa punya usaha online sendiri

    ReplyDelete
  19. Di era digital seperti sekarang ini makin banyak kesempatan untuk mendulang rupiah, salah satunya dari Lazada. Keren!

    ReplyDelete
  20. Asiik.. memulai usaha kulineran menjadi ide pertama di artikel ini, berarti kami sudah berada di jalan yang benar, nih! hueheuhe.

    Soalnya kami sekarang sedang mencoba bisnis kulineran juga. Hmm.. harus daftar akun Lazada nih, biar pasar tambah luas dan potensi mengembangkan usaha semakin terbuka lebar.

    Terima kasih, mbak Sarrah.

    ReplyDelete
  21. Peluang bagus buat berusaha. UMKM dan usaha rumahan bisa ikut serta juga ya dengan modal yang kecil.

    ReplyDelete
  22. Buka usaha online bisa dilakukan dengan mudah, tanpa perlu bingung bagaimana memulainya, karena dengan modal minim pun bisa dilakukan

    ReplyDelete
  23. Saya pun sedang menjajaki usaha kuliner. Berjualan di lazada bisa jadi opsi agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas

    ReplyDelete
  24. Aku udah lama nggak belanja di Lazada, tambah bagus ya sekarang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .