Bagaimana Peluang Pasar Obligasi di Tahun 2023?

prospek obligasi 2023

Peluang pasar obligasi termasuk obligasi pemerintah tahun 2023 diprediksi masih tetap cerah meskipun risiko resesi masih membayangi. 

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Fixed Income Research Mirae Asset Sekuritas, Dhian Karyantono. Beliau mengatakan jika hal tersebut didukung oleh laju kenaikan suku bunga the Fed yang kemungkinan melambat.

Selain itu hal ini juga didukung oleh kondisi ekonomi Indonesia yang masih tergolong solid walaupun banyak sentimen negatif. Tak hanya karena resesi namun juga karena faktor peningkatan Covid-19 yang terjadi di China serta konflik antara Rusia-Ukraina.

Lalu bagaimana sebenarnya peluang obligasi di tahun 2023 ini, dan adakah tips khusus agar tetap obligasi tetap cuan secara maksimal? Simak ini hingga akhir.


Peluang Obligasi Tahun 2023

Seperti yang telah dijelaskan oleh Dhian Karyantono, pasar obligasi diramalkan akan tetap cerah. Walaupun masih akan mengalami tekanan awal tahun 2023. Akan tetapi menurutnya, pasar obligasi pada semester kedua hingga akhir tahun nanti akan mengalami perkembangan yang lebih baik. Khususnya pasar obligasi dalam negeri.

Ini artinya, jika ingin beli obligasi pemerintah, Anda tak perlu merasa ragu. Pasalnya investasi obligasi ini masih memiliki peluang yang besar. Apalagi jika Anda melihat pasar obligasi saat ini masih dalam kondisi undervalue

Ini ditandai dengan tingkat yield (tingkat pengembalian investasi yang akan diperoleh investor) yang masih bagus dan berada dalam kisaran 7,5 hingga 7,6 persen.

Maknanya Anda sebagai investor memiliki kesempatan besar untuk masuk ke pasar obligasi tersebut karena masih sangat menjanjikan.

Sebagai pertimbangan dan melihat kondisi ekonomi sekarang, sebaiknya Anda beli obligasi pemerintah dengan tenor minimal 2 tahun. Setelah dua tahun mendatang, Anda boleh memilih investasi dengan tenor panjang seperti tenor dengan jangka waktu di atas 10 tahun.

Sebagai informasi, kemungkinan besar pasar obligasi masih tetap menghadapi tantangan. Utamanya saat menjelang tahun politik pada 2024. Pada saat itu, kondisi pasar obligasi termasuk obligasi pemerintah akan mengalami kecenderungan wait and see. Sambil menunggu dan melihat siapa presiden yang akan terpilih nantinya.


Tips Supaya Obligasi Tetap Cuan Maksimal

Melihat pasar obligasi yang kondisinya masih stabil maka tak ada salahnya jika Anda tetap memilih jenis investasi ini. Supaya instrumen tetap bisa cuan maksimal maka coba praktekkan beberapa tips berikut ini.

1. Memilih momen yang tepat untuk bertransaksi obligasi

Supaya tetap menguntungkan Anda harus bisa melihat momen yang tepat ketika akan melakukan transaksi obligasi. 

Utamanya obligasi yang ada pada pasar sekunder. Obligasi ini memberikan Anda kesempatan untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian kapanpun dan di mana saja.

Dengan memilih investasi surat utang ini, Anda mempunyai kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang berupa capital gain. Yakni selisih harga beli dan harga jual dari obligasi tersebut.

2. Pantau terus rate suku bunga

Saat Anda berinvestasi pada surat utang terutama obligasi pemerintah, Anda harus ingat bahwa harganya berbanding terbalik dengan nilai suku bunga. Artinya jika suku bunga naik maka harga obligasi akan menurun.

Selain itu biasanya perubahan bunga juga akan memberi pengaruh pada imbal hasil. Maknanya ketika harganya turun sebaliknya yield akan meningkat.

3. Memilih penerbit obligasi yang terpercaya

Seperti yang Anda ketahui, penerbit obligasi bisa berasal dari perusahaan serta pemerintah.

Jika ingin aman, sebaiknya Anda memilih surat utang pemerintah. Surat utang ini dapat Anda pastikan keamanannya karena ada jaminan dari Undang-Undang.

Tak cuma itu saja, surat ini juga memberikan imbal hasil dan suku bunga yang bersaing. Sehingga Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari obligasi pemerintah tersebut.

peluang pasar obligasi


4. Membeli obligasi secara online

Supaya tetap cuan, Anda bisa membeli surat utang secara online. Pasalnya transaksi online ini lebih cepat. Dengan begitu Anda akan bisa segera menjual surat utang ketika pasar dan ekonomi bergeliat.

Keempat tips inilah yang bisa Anda lakukan agar investasi obligasi bisa tetap cuan secara maksimal. 

Jika tak ingin repot Anda bisa memilih Aplikasi digibank by DBS yang menyediakan berbagai jenis instrumen investasi. Tentunya diiringi dengan banyaknya keuntungan dan keunggulan dari aplikasi itu sendiri.


Investasi Obligasi, Solusi Terbaik dan Praktis untuk Dapat Cuan Maksimal

Sebagai salah satu aplikasi yang menyediakan instrumen investasi yaitu Aplikasi digibank by DBS memang layak untuk Anda pilih. Pasalnya aplikasi ini sangat mudah untuk Anda gunakan serta banyak keunggulan yang bisa Anda nikmati.

Keunggulan tersebut antara lain:

● Melakukan pembelian produk mulai dari Rp1 juta dan $1000 US dollar.

● Produk obligasi sangat lengkap dan tersedia pada pasar perdana dan sekunder

● Cukup satu aplikasi saja untuk semua proses transaksi

Semua keunggulan ini tentunya bisa Anda nikmati sejak pertama kali Anda memutuskan untuk membeli obligasi di Aplikasi digibank by DBS. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan fitur yang user friendly. Sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan mudah meskipun Anda masih pemula.

Dari sini bisa disimpulkan kalau ingin menghasilkan cuan lebih maksimal maka Anda harus yakin ketika menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Terutama saat Anda memilih obligasi pemerintah dan melakukan semua transaksinya melalui aplikasi ini. 

Jika ingin mendapatkan informasi detail mengenai obligasi dan keunggulan lainnya terkait aplikasi ini, silakan langsung cek di sini.


0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .