Obat Asam Lambung Alami yang Baik untuk Tubuh

obat alami penyakit asam lambung yang ampuh

Bukan hanya pada orang dewasa, penyakit asam lambung juga bisa terjadi pada anak-anak.

Ya beberapa orang teman dan keponakan saya di tahun 2022 lalu dirawat di rumah sakit gara-gara penyakit saluran pencernaan yang sekilas mirip maag itu.

Saya pun jadi penasaran, sebenarnya apa sih penyebab penyakit asam lambung ?

Kok kayaknya akhir-akhir ini banyak sekali orang yang menderita penyakit yang juga dikenal dengan sebutan GERD tersebut.

Penyakit asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. 

Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati (heartburn), serta berbagai gejala lainnya pada area dada bagian bawah dan perut.


Penyebab Penyakit Asam Lambung

Biasanya naiknya asam lambung disebabkan oleh beberapa hal seperti pola makan tidak teratur, dinding lambung yang sudah mengalami kerusakan hingga stress.

Selain itu semakin merebaknya gaya hidup tidak sehat seperti sering mengkonsumsi fastfood juga memberikan kontribusi pada jumlah penderita penyakit asam lambung.

Sesuai namanya, makanan berjenis fast food cenderung membuat orang untuk makan dengan terburu-buru. Padahal tidak mengunyah makanan dengan baik akan membuat lambung bekerja lebih lama dan menyebabkan terjadinya reflux (naiknya makanan yang ditampung beserta cairan lambung naik ke kerongkongan).


Makanan Apa yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Lambung?

Nah bagi penderita penyakit asam lambung sebaiknya ketahui jenis makanan yang harus dihindari serta beberapa hal penting lainnya yang berkaitan dengan kebiasaaan makan, seperti : 

1. Hindari makan dengan porsi berlebih. Sebaiknya makan dengan porsi kecil tapi sering. Faktanya penyakit asam lambung tak hanya disebabkan karena telat makan. Melainkan kekenyangan juga akan menyebabkan hal yang sama. Semakin banyak kita makan, semakin banyak produksi asam lambung, sehingga semakin besar kemungkinannya untuk naik ke kerongkongan.

2. Hindari tidur setelah makan. Idealnya jangka waktu tidur setelah makan minimal 2 hingga 3 jam. Waktu tersebut membuat saluran pencernaan memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan secara optimal hingga ke usus kecil.

3. Tidak disarankan minum minuman yang mengandung soda, kafein serta alkohol. Dalam beberapa kasus minuman bersoda yang berlebihan dapat menyebabkan asam fosfat (bahan utama soda) merusak lambung dan lapisan kerongkongan atau naiknya gejala asam lambung.

4. Makan secara perlahan. Selain dapat membuat perut lebih cepat kenyang, mengunyah makanan dengan perlahan dapat membuat nutrisi makanan dapat diserap dengan baik oleh saluran pencernaan selanjutnya.

5. Hindari makanan yang terlalu pedas. Dalam hal ini makanan pedas mengandung senyawa capsaicin yang dapat memperlambat laju pencernaan. 

6. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak. Alasannya makanan berlemak dan digoreng akan menyebabkan saluran pencernaan bekerja menjadi lebih lambat. Sehingga akan memperpanjang waktu produksi asam dalam lambung dalam membantu proses mencerna makanan.

7. Rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti nasi merah, ubi atau oatmeal.


Apakah Mengonsumsi Makanan Berserat Dapat Menjaga Kesehatan Lambung?

Salah satu cara terbaik untuk menjaga fungsi lambung dan meningkatkan kesehatan pencernaan adalah dengan mempertahankan pola makan yang tinggi serat. 

Seperti rutin mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian serta umbi-umbian.

Berdasarkan penelitian World Journal of Gastroenterology, makanan berserat sangat baik untuk penyakit asam lambung. 

Multigrain yang tinggi serat dapat membantu mengurangi kenaikan asam lambung dan rasa mulas serta meningkatkan kesehatan usus.

Multigrain adalah makanan yang menggabungkan beragam jenis beras, gandum, biji-bijian, hingga kacang-kacangan. Inilah yang menjadikan multigrain begitu menyehatkan, sebab campuran dari gandum dan biji-bijian tersebut mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh.


Sereal dapat Membantu Meredakan Penyakit Asam Lambung

Karena sereal termasuk ke dalam kategori multigrain (makanan yang mengandung lebih dari satu jenis biji-bijian) maka sereal dapat membantu meredakan penyakit asam lambung. 

Sereal dapat menjadi menu sarapan terbaik untuk menjaga kesimbangan asam lambung dan menghindari tekanan pada kerongkongan. Bahan utama yang sering digunakan dalam pembuatan sereal adalah jagung, gandum, oat, beras serta barley.


Berkenalan dengan Sereal Umbi Garut Nutriflakes

Begitupun dengan sereal umbi garut Nutriflakes yang dipercaya dapat membantu meredakan penyakit asam lambung.

Dengan kandungan utama umbi garut, sereal sehat ini juga mengandung bahan alami seperti susu etawa, daun kelor, gula aren serta psyllium husk.

Sereal umbi garut Nutriflakes aman dikonsumsi oleh semua usia (mulai umur 2 tahun hingga dewasa) karena mengandung bahan alami.



 Manfaat Bahan Alami yang Terkandung Pada Sereal Umbi Garut Nutriflakes


obat untuk meredakan penyakit asam lambung



Umbi garut : selain memiliki khasiat menyembuhkan asam lambung, menurunkan berat badan, mengatasi diare, dan menguatkan kekebalan tubuh.

Susu etawa : kandungan basa dalam susu kambing bisa menetralkan kadar asam lambung dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Daun kelor : kandungan nutrisi dan antioksidan daun kelor bermanfaat membantu meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, membantu mengatasi kanker, mengatasi infeksi bakteri dan mencegah anemia.

Psyllium Husk : berperan melancarkan pencernaan melalui pengikatan lemak, gula darah, kolesterol di dalam perut dan kemudian mengangkutnya ke usus besar lalu dikeluarkan melalui BAB (buang air besar).

Gula Aren :  memiliki fungsi sebagai anti inflamasi dan antimikroba sehngga dapat mencegah infeksi pada lambung.

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah dan praktis karena sereal umbi garut Nutriflakes berbentuk minuman serbuk yang tinggal diseduh.


Kesimpulan

Apabila ingin terhindar dari penyakit asam lambung yang terasa menyiksa, sebaiknya jaga pola hidup  sehat dengan cara menghindari beberapa daftar makanan dan minuman yang telah disebutkan diatas. 

Juga hindari kebiasaan langsung tidur setelah makan, menjauhi kebiasaan merokok, selalu menjaga berat badan tubuh tetap ideal dan mengurangi stress

Selain itu konsumsi obat alami penyakit asam lambung yang ampuh yaitu sereal umbi garut Nutriflakes.

Sereal umbi garut Nutriflakes dengan bahan alami aman dikonsumsi karena tidak memiliki efek samping 

Dapatkan produk sereal umbi garut Nutriflakes secara online melalui marketplace terpercaya seperti Tokopedia Nutriflakes dan Shopee Nutriflakes.

Dan jangan lupa ikuti juga informasi bermanfaat seputar kesehatan dan asam lambung di akun Official Instagram Nutriflakes @nutriflakes.official

instagram nutriflakes


8 Comments

  1. Sedih sih gegarq asam lambung ini bisa kemana mana.. Temen ku suaminya sampai meninggal. Jadi bikin kita lebih aware sama lambung. Makasih infonya ternyata ada 'obat' enak untyk lambung...

    ReplyDelete
  2. Iya bener. Kopi item ini mba kesukaan suamiku,kudu dijaga bener2 ga boleh kebanyakan ya. Thx sharingnya mba bermanfaat bgt :)

    ReplyDelete
  3. Harus banget jaga pola hidup sehat intinya bisa nih nutriflakes buat konsumsi sehari2 pas bangt buat sarapan

    ReplyDelete
  4. Aku nih punya asam lambung. Dan kebetulan dr smp udh nggak minum soda karna nggak doyana aja sih hehe. Dan yg paling kerasa tuh kalo makan tepung2an pasti perut nggak enak bgt. Kembung gtu. Makanya udh juarang bgt makan makanan bertepung 😁

    ReplyDelete
  5. Asam lambung kalau nggak ditangani bisa mengganggu aktivitas ya mbak
    Makanya perlu diatasi dengan cara yang alami seperti ini

    ReplyDelete
  6. Wah baru tahu kalau umbi garut ada dalam bentuk sereal minuman serbuk yang praktis. Kebetulan di rumah aku selalu stok tepung garut untuk masak dan untuk sarapan ayah mertua. Mau coba ah yang bentuk praktisnya begini tinggal seduh.

    ReplyDelete
  7. Makan umbi garut yang dikukus atau rebus aja udah enak banget seingat saya jaman kecil makan umbi garut. Apalagi sekarang ditambah dengan kelor dan lainnya plus ada gula aren juga, mesti enak banget sih ini..

    ReplyDelete
  8. Aku ngerasa asam lambung kalo gak makan aja. Asal makan teratur, insya Allah aman. Tapi pengen juga nyobain Nutriflakes ini deh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .