Inilah Keunggulan dari Investasi Obligasi Ritel Indonesia atau Sukuk Ritel Melalui Aplikasi

 

obligasi ritel indonesia 2021

ORI atau Obligasi Ritel Indonesia adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui
Pasar Perdana Domestik. Surat tersebut diterbitkan dengan kupon yang nominalnya tetap dengan
periode berlaku bulanan.

Investasi dalam obligasi pemerintah adalah Obligasi Negara Indonesia, Sukuk Ritel dan ORI.

Obligasi Negara dan Pengelompokannya


Obligasi Pemerintah atau dikenal dengan sebutan Surat Berharga Negara (SBN) adalah obligasi atau surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia yang terbagi jadi dua kelompok produk : 

  • Berdasarkan underlying asset: Konvensional (SBR, ORI, FR, INDON) dan Syariah/Sukuk (ST, SR, INDOIS)

  • Berdasarkan pasar penjualannya: di Pasar Perdana (SBR, ORI, ST, SR) dan di Pasar Sekunder (FR, INDON, INDOIS)

 

Obligasi Pemerintah diperdagangkan melalui dua jenis Pasar : 

  • Pasar Perdana : Obligasi hanya bisa dibeli dalam periode waktu tertentu dengan harga 100% sesuai yang ditawarkan pada publik (Initial Public Offering atau IPO). Jangka waktu obligasi antara 2 atau 3 tahun. Beberapa produk tidak bisa dijual atau dibeli kembali (SBR & ST)

  • Pasar Sekunder : Obligasi dapat dibeli kapan saja sebelum jatuh tempo, bisa diperjualbelikan kapan saja dan harga mengikuti keadaan pasar pada saat transaksi dilakukan. Jangka waktunya adalah antara 5 – 50 tahun. Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Ritel (SR) bisa diperjualbelikan sebelum tanggal jatuh tempo.

 

Membeli Obligasi Lebih Mudah Dengan SBN-Online

Layanan E-SBN memungkinkan berbagai aktivitas investasi seperti memesan, membayar, membuat Single Investor Identification (SID). Anda perlu SID mulai investasi, mengecek profil risiko, dan menjual surat berharga secara online.

Kelebihan Berinvestasi Dengan Obligasi Ritel Indonesia Via Aplikasi 

Kita bisa mulai  mengatur keuangan dan mengembangkan  kekayaan dengan berinvestasi di ORI. Jenis investasi ini minim resiko dan memiliki beragam keuntungan. Terutama bila kita memanfaatkan layanan aplikasi, semua aktivitas dapat terpantau hanya melalui genggaman tangan memakai smartphone. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki investasi dalam obligasi pemerintah ini. 

1. Resiko Lebih Rendah 

Ada beberapa hal yang diperhatikan investor dalam berinvestasi. Instrumen investasi yang populer, memiliki resiko minim serta paling banyak menghasilkan keuntungan. Semua hal tersebut terpenuhi dengan obligasi pemerintah, khususnya obligasi sukuk ritel Indonesia. 

Potensi profitnya lebih besar dan memiliki risiko lebih rendah dibanding saham atau obligasi lainnya. Ada jaminan pengembalian dana sesuai Undang-Undang tentang Surat Utang Negara. Jadi, mulai investasi ini dengan mengetahui kalau resiko kerugian hampir tidak ada. 

2. Kemudahan Registrasi 

Mulai investasi, mendapatkan nomor SID dan pembelian ORI kini semakin mudah karena prioritas banking kini memberikan pilihan aplikasi untuk melakukan aktivitas investasi dalam obligasi. Kita hanya perlu mengunduh aplikasinya dan mengikuti tata cara registrasi sesuai panduan yang tertera pada aplikasi. 

Setelah memenuhi semua persyaratan, calon investor bisa melakukan pemesanan dan pembayaran. Investasi kita atas ORI jadi lebih mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pelayanan juga bisa berlaku 24 jam sesuai dengan penerbitnya. 

3. Tenor jangka Pendek 

Investasi Ritel Indonesia atau ORI memiliki aturan tenor untuk kepemilikan maupun minimum holding period. Kita dapat mendapatkan keuntungan dengan memperhatikan ketentuan ini. Umumnya kepemilikan diharuskan setidaknya tiga tahun dan masa investasi ditahan adalah sekitar satu bulan atau sampai pembagian kupon. 

Tenor ini termasuk sebentar dan bisa investor dapatkan hasilnya setelah masa tersebut berakhir. Ketika masa minimum holding period selesai, ORI dapat dimasukan pada pasar sekunder dan dijual. Ini adalah salah satu keunggulan dari investasi ORI yang perlu diperhitungkan.

4. Bisa Dijual Kembali 

ORI dibeli dengan dua cara pasar primer saat penjualan perdana (Initial Public Offering) serta pasar sekunder setelah melalui minimum holding period tertentu. Seperti disebutkan point sebelumnya, ORI bisa masuk pasar sekunder dengan cara dijual kembali. 

Kita bisa memasuki pasar sekunder dengan memakai aplikasi yang memberikan opsi tersebut. Dapatkan keuntungan atau capital gain dengan mengatur penjualan ORI yang paling menguntungkan. Misalnya dengan memakai mata uang yang paling populer atau tidak menjual obligasi tersebut hingga jatuh tempo.

5. Kupon Bulanan

Keunggulan dari investasi melalui obligasi ritel indonesia adalah penggunaan kupon yang layaknya seperti bunga atau gaji. Dikeluarkan tiap bulan secara rutin dengan nominal yang stabil. Kupon tersebut tidak akan lebih tinggi atau lebih rendah berdasarkan fluktuasi pasar. 

Jadi, bila kita menginginkan keuntungan rutin yang dapat diandalkan, maka investasi dengan ORI sangatlah tepat. Hal yang harus dipahami dari kupon tersebut adalah termasuk sebagai objek Pajak Penghasilan (PPh). Dengan demikian ada pajak sebesar 15% didalamnya yang harus dikeluarkan.

6. Aktivitas Terpantau dan Mudah 

Secara umum investasi ORI menguntungkan baik melalui pasar primer maupun pasar sekunder. Khususnya bila memanfaatkan layanan obligasi melalui aplikasi. Fluktuasi pasar bisa dipantau dan proses jual atau beli dapat dilakukan dengan melalui aplikasi saja. Dengan demikian kita dapat melakukan investasi dalam obligasi dengan nyaman serta merasa aman. 

7. Mata Uang Variatif 

Keunggulan lain yang bisa dipertimbangkan dalam ORI adalah jenis mata uang yang berbeda-beda. Kita dapat berinvestasi dengan Rupiah atau mata uang lainnya sesuai dengan pilihan. Tiap-tiap opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, adanya pilihan memungkinkan calon investor untuk memilih mata uang yang paling diyakininya atau yang paling dikuasainya. 

Pada akhirnya investasi tidak ada yang menjamin keuntungan, selalu ada resikonya. Beberapa penjabaran di atas menjelaskan mengenai keunggulan berinvestasi dengan obligasi ritel Indonesia. Hal terpenting adalah menggunakan jasa mitra terbaik sebagai prioritas banking yang bisa dipercaya. Salah satu pilihan terbaik yang bisa didapatkan adalah dengan memakai Aplikasi digibank. 

Mulai Investasi di ORI dengan Aplikasi digibank by DBS di priority banking DBS Treasures :

DBS Treasures memberikan akses dan kemudahan bagi nasabah untuk berinvestasi di obligasi pemerintah, baik pasar sekunder maupun pasar perdana 24/7 kapan saja dimana saja melalui Aplikasi digibank by DBS yang menawarkan :

  1. Kemudahan Registrasi Proses pendaftaran calon investor dan registrasi e-SBN 

  2. Kemudahan melakukan pemesanan obligasi pasar perdana maupun transaksi jual dan beli obligasi pasar sekunder 

 

Mulailah berinvestasi Obligasi Ritel Indonesia melalui Aplikasi DBS Treasures. Fitur keunggulannya seperti kupon reguler dan kompetitif, Potensi Capital Gain, Tidak adanya biaya tambahan serta layanan transaksi 24/7 menjadi produk Obligasi yang memberikan banyak kemudahan dan juga keuntungan. 

Aplikasi DBS Treasures terus berinovasi untuk memberikan pilihan investasi terbaik bagi nasabahnya. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan investasi baru seperti Obligasi SR015 yang akan diperjualbelikan mulai Desember 2021 dengan berbagai keuntungannya. Tunggu saja, tanggal peluncurannya. 


Sumber :

https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds

https://www.most.co.id/tips-investasi/termasuk-surat-berharga-negara-apa-itu-ori

https://www.dbs.id/digibank/id/id/articles/tertarik-beli-obligasi-pemerintah-begini-cara-membelinya





0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .