5 Quotes Tentang Hidup


quotes tentang hidup

Hidup selalu penuh dengan kejutan. Baik itu kejutan besar maupun kejutan kecil.

Ngomongin kejutan kecil, saya seneng banget Ketika mendapatkan beberapa kejutan yang tak disangka karena saya berulang tahun di bulan Mei lalu.

Kejutan sereceh dapet free birthday pancake ketika makan di salah satu family resto. 

free birthday pancake
Free birthday pancake dari salah satu resto yang ada di kawasan jl Ciumbuleuit, Bandung

Kejutan mendapatkan diskon belanja dari supermarket serta kejutan mendapatkan bonus free deposit Rp 50.000 untuk peminjaman buku dari salah satu tempat penyewaan buku di Bandung.

Baca juga : 5 Tempat Penyewaan Buku di Bandung


Selalu Ada Hikmah dari Setiap Peristiwa

Saya percaya bahwa selalu ada hikmah dari setiap peristiwa. Karena kejutan receh yang nomor tiga, saya memutuskan untuk meminjam buku lagi dari tempat penyewaan buku langganan saya tersebut.

Saya sampai lupa kapan terakhir kali pinjam buku, saking udah lama ga pernah mampir kesana. Hihi.

Akhirnya saya membawa pulang ke rumah 3 buku novel ringan dengan gratis. Yeay ! Dengan catatan semua buku itu harus selesai dibaca dalam satu minggu wkwkwk.

Gapapa deh, siapa takut. Itu artinya jadwal nonton drakor (drama Korea) diganti sama jadwal baca buku. Eaa.

Oya, sebenarnya buku-buku yang saya pinjam tersebut ga mesti selesai dibaca dalam satu minggu sih tapi itu artinya saya harus perpanjang sewa alias bayar denda. Ogah rugi dong. hehe.


Baca 3 Buku dalam Satu Minggu

Jujur, dari ketiga buku yang saya pinjam, saya hanya berhasil menamatkan dua buku saja. Itupun salah satunya selesai dibaca dengan maraton haha. Beberapa lembar halaman terakhir saya baca dengan teknik skimming alias membaca cepat. 

Buku pertama yang saya baca berjudul Petualangan Jack dan Piggy Natal karya J.K Rowling tebalnya 352 halaman.

buku terbaru JK Rowling
Petualangan Jack & Piggy Natal | Buku novel fantasi anak yang rilis pada Oktober 2021

Buku kedua berjudul Heartbreak Motel karya Ika Natassa tebalnya 400 halaman.

novel ika natassa
Heartbreak Motel rilis pada April 2022 | dalam 3 hari buku ini berhasil terjual sebanyak 4000 eksemplar

Serta buku ketiga berjudul A Cup of Tea karya Gita Savitri Devi tebalnya 172 halaman.

buku karya gitsav
Novel A Cup of Tea rilis pada April 2020

Setelah mengembalikan buku tersebut via ojek online, Saya pun jadi ingat sama salah satu quotes yang ada di buku karya Gita Savitri, yaitu Don’t be too hard on your self.

Pada aktivitas saya, bisa diartikan sebagai jangan memaksakan diri untuk membaca buku sebanyak itu sementara waktu yang saya miliki relatif terbatas. Hihi.

Tapi menurut saya if you never try you’ll never know. Ya ga sih?


Quotes tentang Hidup serta 1 Pertanyaan Menarik dari Buku Kedua karya Gita Savitri

buku karya gitasav
Gita Savitri dan dua buku hasil karyanya | sumber : IG @gitasav | edited by sarrahgita

Namun, di buku keduanya yang berjudul A Cup of Tea, Gita yang lulusan salah satu universitas di Jerman ini membahas tentang don’t be too hard on your self (hal 15) dalam konteks bahwa hidup itu harus seimbang. 

Jangan belajar terus-terusan hanya untuk mengejar nilai tapi kita juga harus belajar beroganisasi, dalam rangka membuat koneksi, memperluas pertemanan dan ikut komunitas untuk mengasah soft skills yang bisa berguna di kemudian hari.

Yup, seorang Gita pernah menjadi seorang mahasiswa yang terus-terusan belajar dan sempat mengabaikan lingkungan sekitarnya.

Selain quotes tentang hidup, Selalu ada hikmah dari setiap peristiwa, If you never try you’ll never know serta Don’t be too hard on your self. Ada 2 quotes tentang hidup lainnya yang saya temukan dan menarik perhatian saya. 

Yaitu Compare your self with who you were yesterday, not with someone else today (hal 101). Hal ini ditujukan agar kita tahu seberapa jauh kita sudah melangkah dan seberapa besar perubahan yang sudah kita lakukan ke arah yang lebih baik.

Remember, you are not in a race with anyone (hal 103). Akar dari kebahagiaan adalah rasa syukur dan jujur terhadap diri sendiri. Menerima diri dan keadaaan yang kita punya sangat berperan penting untuk menumbuhkan ketentraman hati kita.

Tak dimungkiri terkadang kita selalu membandingkan diri dengan orang lain dan membuat kita untuk lupa bersyukur pada Tuhan.

Terakhir ada satu pertanyaan yang menantang untuk dijawab yaitu What were three to four highs and three to four lows? (hal 155). 

Artinya sebutkan tiga hingga empat hal yang menjadi titik tertinggi dan titik terendah dalam hidupmu. Sebagai bentuk refleksi atas apa yang sudah kita lalui hampir 10 tahun terakhir ini.


Kesimpulan

quotes tentang hidup bahasa inggris
foto : IG @sarrahgita

Setiap orang mempunyai perjalanan hidup yang beragam. Dengan berbagai tantangan dan perjuangannya masing-masing. Walaupun sekilas quotes keempat dan kelima hampir mirip, yang pasti semua quotes tentang hidup tersebut bisa menjadi self reminder buat siapapun termasuk untuk saya sendiri.

So, dari kelima quotes tersebut, kutipan yang mana yang bisa mewakili perjalanan hidup kamu saat ini?

13 Comments

  1. "Remember, you are not in a race with anyone " kayaknya jadi quotes yang paling pas dibaca kalo pas lagi krisis semangat deh, hahaha. Abisan manusia mah kan gitu, seringnya ingin mengejar segala-galanya, sampai terkadang lupa makna sederhana dari bahagia.

    Kalau quotes favoritku sampai sekarang sih cuma satu : "Life must go on.."
    Tiap kali lagi down, lagi ga ada semangat, lagi kena banyak masalah, dan depresi karena apapun itu. Aku selalu inget, kalo apapun yang terjadi, hidup mesti jalan terus. Ga ada yang perlu disesali, karena apa yang kita lakukan di masa lalu sejatinya membawa diri kita ke pencapaian sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya, quotes yang "remember you are not in a race with anyone" cocok banget buat orang2 yang sering membandingkan dirinya dengan orang lain, apalagi setelah scrolling medsos hihi. lihat pencapaian teman2 yg sepertinya udh lebih dan sebagainya. dan saya juga setuju, apapun yang terjadi dalam hidup, thats life and Life must go on. Semangaat buat kita semuaa

      Delete
  2. Aku setuju soal quotenya Gita Savitri tentang "Don't be to hard on your self"
    Karena kadang kita tuh kalau sudah menargetkan sesuatu bisa berusaha keras untuk mencapainya. Nggak perduli apapun yang terjadi. Bahkan kadang sakit pun tetap terus maju.

    Padahal kan nggak papa beristirahat sejenak. Mengumpulkan kembali kekuatan untuk nantinya melangkah dengan lebih pesat saat sudah kembali sehat.

    Menurutku itu lebih baik. Daripada akhirnya tumbang tanpa sempat mencapai tujuan atau mungkin sudah tercapai tapi nggak sempat menikmati hasilnya. Well. Aku banyak menemukan yang begini di sekitar rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, ga sadar banyak bareng orang yang berlomba2 (cenderung ambisius) untuk mencapai sesuatu dalam hidup hingga lupa bahwa ada waktunya untuk jeda, istirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan lagi

      Delete
  3. Exactly mbak..seringkali kita sendiri yg membebani diri dgn target atau apapun itu yg susah trs endingnya kita jd overthinking merasa paling menderita.dkk. dont be too hard on yourself tu bener bgt. Bersyukur atas pencapaian diri apapun itu ya mbak

    ReplyDelete
  4. Walaupun bukan fansnya mbak Gita karena kontroversinya, sebenarnya quotesnya itu ya bukan quotes asli dari dirinya juga. Tapi qoutes umum ttg motivasi yg sering ditemui saat ini. Xoxo aja sih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih, quotes tersebut adalah quotes umum, dan saya juga ga ngefans sama Gitsav, tapi jujur setelah baca bukunya yg a cup of tea ini, sedikit banyak saya jadi tahu beberapa fakta menarik tentang Gitsav ini dan saya pun mengesampingkan soal tema 'kontroversi' yang menurut saya bukan tentang salah atau benar.

      Delete
  5. If you never try you will never know itu dalam banget siiih, jadi motivasi gitu, daripada penasaran yekaaan.
    Compare your self with who you were yesterday, not with someone else today, yaaakk, gak usah bandingin diri kita dengan orang lain deh, jadi diri sendiri aja, lihat aja yang kemarin kalau bagus jadikan contoh, kalau gak ya buat jadi lebih baik lagi hari ini dan hari selanjutnya.

    ReplyDelete
  6. Huaa pengen ke Bandung 😄 beneran kalo daku holiday ke sana kita kopdaran di 180.

    First of all, happy belated birthday! Senang ya dapat kue gratisan.

    Eh daku penasaran buku Heartbreak Novel karena sempat viral di kalangan penulis (yg aku kenal). Request resensinya dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba hehe. Yuk atuh aku tunggu di Bandung, kita kopdar sekalian nonton idolanya mba Avizena tea. Saya termasuk penggemar novel nya mba Ika Natassa, tapi ga tau kenapa tuk buku Heartbreak Motel ini menurut saya ceritanya cenderung 'kurang menarik' alias kurang greget. apa karena saya bacanya buru2 ya wkwk

      Delete
  7. Hampir relate nya yang quote nomor 3,4, mbak
    Perihal Membandingkan dan pencapaian
    Keren banget mbak satu Minggu bisa menamatkan membaca 2 buku
    Apalagi setebal itu
    Aku belum bisa kalau ada challenge kayak gini

    ReplyDelete
  8. Salfok dengan foto terakhir. Hangat dan nyaman bener kalau jadi pojok baca. Apalagi kalau kursi panjangnya boleh buat rebahan. Rasanya, bakal bisa skimming buku tebal dalam semalam

    ReplyDelete
  9. Kuot tentang jangan bandingkan diri dengan orang lain, tapi bandingan dengan diri sendiri di masa lalu. Yess, itu sama dengan 'hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari kemarin harus lebih baik dari hari ini;. Dan patokannya adalah pencapaian diri sendiri. Karena kalau ngebandingin dengan orang lain mah, nggak akan ada habisnya. Dan berujung lelah. Huft

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .