8 Quotes Tentang Mengenal Diri Sendiri dari Buku Karya Maudy Ayunda

quotes tentang diri sendiri

Sekitar satu bulan terakhir, saya cukup sering mampir ke akun Youtube-nya Maudy Ayunda. Seorang aktris multitalenta lulusan universitas tertua kedua di dunia yang ada Inggris, dan belum lama ini menikah dengan pria bernama Jesse Choi.

Menurut saya sosoknya menjadi semakin inspiratif setelah bertemu dengan pria Korea berwarga negara Amerika tersebut. Dan saya menjadi tertarik untuk mengikuti kisah mereka berdua lewat media sosial.

Tak dimungkiri, saat ini Youtube menjadi salah satu sarana untuk mengabadikan berbagai aktivitas dan perjalanan hidup, dan semua orang di seluruh dunia bisa menontonnya secara gratis.

Nah terlepas dari kehidupan mereka sekarang setelah menjadi suami istri, saya jadi teringat kalo selain sebagai seorang aktris dan penulis lagu, Maudy Ayunda juga pernah menulis buku.

Buku pertamanya berjudul #Dear Tomorrow,  Notes to My Future Self sedangkan buku keduanya merupakan buku bergenre anak-anak dengan judul Kina Story yang hadir dalam 4 seri  (Kina and Her Fluffy Bunny, Kina Makes A New Friend, Kina Wishes For a Pet, dan Kina Misses Her Grandparents).



Baca Buku Incaran Lewat Aplikasi Baca Buku Online

buku karya maudy ayunda

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, saya pun memutuskan untuk meminjam buku #dear tomorrow, Notes to My Future Self melalui salah satu aplikasi baca buku online gratis milik Badan Perpustakaan Nasional.

Dan setelah menunggu selama beberapa hari, akhirnya saya berhasil meminjam buku yang sebenarnya ingin saya baca sejak buku tersebut pertama kali rilis. 

Buku #dear tomorrow, Notes to My Future Self rilis pada tahun 2018 dan diterbitkan oleh penerbit Bentang Pustaka.

Saya bersyukur dengan adanya aplikasi baca buku online yang sudah hadir sejak Agustus 2016 ini, masyarakat bisa meminjam buku dengan mudah, simple dan praktis. Dengan catatan kita boleh meminjam maksimal 5 buah buku, dengan waktu peminjaman satu buku maksimal 7 hari. 

rekomendasi buku bacaan
Contoh tampilan menu di salah satu aplikasi baca buku online. Status buku di foto kiri (queue), foto kanan (borrow)


Status queue menunjukkan bahwa buku tersebut sedang dipinjam oleh orang lain. Sedangkan tulisan borrow memiliki arti tersedia dan kita bisa langsung meminjamnya.

So, kalo buku yang kamu incar keterangannya masih queue (dalam antrian, harap sabar menunggu dan cek aja setiap hari ya.


Sekilas Tentang Isi Buku Pertama Karya Maudy Ayunda

Ngomong-ngomong saya kok baru ngeh kalo buku pertama karya Maudy Ayunda ini, hadir dalam format bahasa Inggris. Padahal judulnya udah jelas-jelas in English ya, haha.

buku maudy ayunda
foto : IG @deartomorrowthebook


Di dalam buku setebal 192 halaman tersebut bercerita tentang 4 catatan (notes) dengan tema Notes on Being Yourself, Notes on Dreams, Notes on Love serta Notes on Mindsets.

Di halaman awal ia menceritakan tentang siapa dirinya, hal apa yang ia sukai dan tidak sukai, kemudian ia lanjutkan dengan pemikiran pribadinya dalam menemukan dirinya sendiri, dalam mengejar mimpi, dalam percintaan hingga sudut pandangnya dalam hidup.

Selain itu di dalam buku #dear tomorrow, Notes to My Future Self ini terdapat beberapa quotes tentang mengenal diri sendiri yang sangat menarik untuk disimak.

Ini dia salah satu quotes (kutipan) favorit saya di halaman 128, yaitu :

What you think : you become

What you feel : you attract

What you imagine : you create

- Buddha    -

Dan masih banyak yang lainnya, tak heran  di lembar perkenalan (introduction), Maudy juga mengungkapkan kalo dia menyukai kata-kata (phrases) dan quotes.  

quotes tentang hidup
salah satu quotes menarik lainnya yang ada di buku #dear tomorrow, notes to my future self


8 Pertanyaan Tentang Menjadi Diri Sendiri (Being Yourself)

Selama membaca buku ini, saya tak hanya menemukan banyak kutipan (quotes) menarik berupa pernyataan, melainkan juga quotes dalam bentuk pertanyaan.

Pertanyaan-pertanyaannya cukup sederhana namun cukup challenging untuk kita jawab. 

Simak yuk 8 pertanyaan apa saja yang ada di buku karya Maudy. Dan bisa kita coba tanyakan pada diri sendiri, khususnya ketika kita baru bangun tidur di pagi hari dan ketika kita akan tidur di malam hari.

A Question to ask yourself  when you wake up

1. Who are you going to be today? (hari ini kamu ingin menjadi sosok yang seperti apa?)

2. If you only do one thing today what would it be? (apabila hari ini kamu hanya bisa mengerjakan satu pekerjaan, hal apa yang akan kamu lakukan?)

3. Who deserve a ‘good morning’ from you today? (siapakah yang berhak untuk mendapatkan ucapan selamat pagi darimu?)

4. What is life philosophy you’re going to try and live today? (filosofi hidup apa yang ingin kamu coba dan mulai terapkan hari ini?)


A Questions to ask your self before you sleep

1. Can you remember who you were, before the world told you who you should be? (Bisakah kamu mengingat siapakah dirimu sebelumnya, sebelum dunia memberitahumu peran dirimu yang sebenarnya di dunia)

2. What was one thing that you did today that made you proud? (sebutkan satu hal yang sudah kamu lakukan di hari ini dan hal tersebut berhasil membuatmu bangga)

3. Did you feel loved today? (apakah hari ini kamu merasa dicintai?)

4. Are you happy? (apakah kamu Bahagia?)


Kesimpulan

Jujur saya kagum dengan pemikiran gadis berusia 28 tahun ini. Smart dan extra ordinary.

Yang pasti, buku ini merupakan buku yang bersifat personal dan memiliki makna yang mendalam dan tentu saja motivasional dan inspirasional.

Karena terbukti setelah membaca buku ini, saya menjadi tertantang untuk berfikir kembali mengenai banyak hal termasuk dalam menemukan diri sendiri dan definisi sukses dalam hidup.

Dan menurut saya membaca buku #dear tomorrow, Notes to My Future Self sambil menikmati secangkir teh hangat dan setoples camilan = membuat kegiatan membaca menjadi terasa menyenangkan

Well, apakah kamu tertarik untuk mencoba menjawab 8 pertanyaan atau quotes tentang mengenal diri sendiri yang terlampir diatas?










sumber foto : IG @deartomorrowthebook

10 Comments

  1. Bagus yaa bukunya!
    Kadang bertanya-tanya pada semesta, dan ia bertanya balik, "Kamu tanyeeaaa? Kamu bertanyeeaaa-tanyeeaaaa?" - mengapa ada cewek cantik, pintar, baik hati sekaligus kalibernya penulis kelas kakap!

    baiklah, mari meng-inspiring diri dengan baca bukunya - pinjem di perpusnas!

    ReplyDelete
  2. Baca reviewnya, bikin saya berpikir.
    Akankah saya nggak overthinking setelah membaca buku ini.
    Karena sesungguhnya saya selalu stres sendiri, ketika terlalu memikirkan masa depan hahaha.
    Saya pikir, buku ini bagus dibaca ketika kita sedang tenang.
    Bakalan bisa menginspirasi secara positif dan bisa mendatangkan semangat positif untuk hidup lebih baik :)

    ReplyDelete
  3. Baca pertanyaan2nya filosofis banget ya, catet ah biar ingat terus lalu dijawab. soalnya awal bulan ngerasa ada sedikit kekecewaan dan jadi berpikir lagi tentang hidup (dan diri sendiri).
    Maudy ini kayake punya IQ di atas 120 ya, pinter banget.
    Oh ya ini app Ipusnas kah? sejak pandemi bisa pinjam max 5 buku Kak, bukan 2 lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul apps ipusnas mba, ho sekarang max bisa 5 ya? baik, makasih infonya mba :)

      Delete
  4. Inspiring yaa Maudy Ayunda ini. Kayaknya passion dia ini memang belajar, jadi artis hobi aja gitu. Haha.. Cara berpikir, berbicara, pembawaan dirinya emang in a different level sih. Makin inspiring karena dia suka berliterasi, nulis bukunya nggak kaleng-kaleng juga isinya.

    -ima

    ReplyDelete
  5. Uniknya, meskipun pertanyaan Maudy dalam bukunya yang berjudul #dear tomorrow, Notes to My Future Self ini terlihat simple, tapi jawabannya gak bisa simple.
    Kadangkala aku kepikiran, hari-hariku ternyata sangat retjeh sekali jika disandingkan dengan pertanyaan Maudy terhadap dirinya sendiri.

    Haruskan setiap hari meninggalkan makna setidaknya bagi diri sendiri?

    ReplyDelete
  6. Keren emang ya Maudy, bukunya bermakna banget, sesuai karakter yang melekat pada dirinya.

    Wahhh aku ngikutin dia juga di channel YouTube nya Maudy Ayunda. Dia memang hobi banget baca buku. Bahkan ada di salah satu videonya saat di salah satu kota yang dikunjungi bareng adiknya, Maudy terlihat excited saat melihat salah satu toko buku. Artis yang cantik dan smart dalam berpikir, menginspirasi banget deh

    ReplyDelete
  7. Seru memang buku Dear Tomorrow karya Maudy Ayunda ini. Aku juga suka quotes-quotes yang mengajak kembali menyelami diri sendiri di buku ini, Kak

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah mampir ke youtube-nya Maudy Ayunda tapi suka nonton potongan-potongan videonya di tiktok. Keren banget yaa Maudy ini, udahlah cerdas, kaya, cantik, terkenal, pikirannya visioner pula, benar-benar combo deh

    ReplyDelete
  9. Maudy itu yaaaa masya Allah pinter banget, secara akademik maupun self-esteem dia itu loh. Keren!
    aku punya buku cerita anak karangannya waktu kecil. Itu juga isinya mendalam banget. Demen filsafat apa yah.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .