5 Tips Mengolah Data Bisnis Menggunakan Spreadsheet

cara mengolah data di excel


Saat ini banyak sekali aplikasi canggih yang bisa digunakan untuk membantu mengolah data dan juga membuat laporan keuangan. 

Salah satu aplikasi yang mampu melakukan itu semua adalah aplikasi Spreadsheet yang merupakan program spreadsheet yang sangat populer saat ini.

Semua orang sangat disarankan untuk bisa menguasai Spreadsheet karena keahlian menggunakan Spreadsheet bisa membantu mendapatkan pekerjaan. 

Agar bisa cepat menggunakan Spreadsheet bisa belajar Excel di website ataupun di tempat kursus.

Baca juga : 5 Skill Dasar yang Harus Dimiliki untuk Melamar Pekerjaan


Cara Cepat Mengolah Data di Spreadsheet

cara membuat spreadsheet online
foto : gstudioimagen1 | freepik


Spreadsheet memang terkenal sebagai program spreadsheet yang mampu mengolah data berupa angka dengan sangat cepat. Dengan menggunakan Spreadsheet bisa membuat seseorang menganalisis data ataupun menghitung data yang jumlahnya banyak dalam waktu yang sangat singkat.

Data yang nantinya bisa diolah bisa berupa data bisnis ataupun data lainnya dan untuk mempercepat pengolahan data tersebut bisa pelajari beberapa cara berikut ini :


1. Manfaatkan Shortcut Keyboard

Agar tidak memerlukan banyak waktu untuk mengolah data sebaiknya saat menggunakan Spreadsheet manfaatkan semua shortcut keyboard yang ada. 

Penggunaan shortcut keyboard tersebut bisa mempersingkat waktu pengerjaan pengolahan data karena pengguna tidak perlu lagi mengklik mouse untuk memilih opsi yang akan digunakan.

Contoh shortcut yang nantinya bisa digunakan adalah Ctrl + C yang bisa digunakan untuk menyalin data ataupun sel yang ada di lembar kerja.


2. Maksimalkan Penggunaan Formula dan Fungsi

Untuk mengolah data bisnis yang jumlahnya banyak sangat disarankan untuk memanfaatkan formula dan juga fungsi bawaan yang ada di Spreadsheet

Formula ataupun fungsi tersebut wajib untuk digunakan karena bisa mempercepat perhitungan data baik itu untuk menghitung nilai rata-rata data ataupun untuk menghitung jumlah data angka yang ada.

Contoh fungsi yang bisa digunakan di Spreadsheet adalah SUM yang bisa dipakai untuk menjumlahkan angka. Agar bisa menggunakan fungsi ini dengan baik dan benar bisa ikut belajar Excel secara online.


3. Manfaatkan Fitur Filter

Spreadsheet memiliki banyak sekali fitur yang dapat digunakan oleh pengguna dan salah satu fitur yang wajib untuk dipakai kalau ingin mengolah data usaha atau bisnis adalah fitur filter. 

Pengguna bisa memakai fitur ini jika ingin menampilkan data tertentu yang sudah diketik di lembar kerja. 

Untuk dapat menampilkan data yang dibutuhkan tinggal pilih fitur filter dan tentukan kriteria yang dapat memunculkan data yang diinginkan. Misalnya memfilter data berdasarkan jenis kelamin ataupun profesi.


4.Jangan Lupa Import Data

Untuk yang tidak ingin merasa capek memasukkan data yang jumlahnya banyak ke Spreadsheet sebaiknya jangan ketik data secara manual tapi import data saja yang akan diolah. 

Untuk bisa mengimpor data caranya cukup mudah tinggal masuk ke menu utama dan cari menu import data.

Setelah menemukan menu tersebut tinggal memilih saja file mana yang akan diimpor ke Spreadsheet, kalau sudah selesai diimpor tinggal mulai mengolah data tersebut agar bisa mendapatkan data yang lebih valid.


5. Manfaatkan Rumus Pilihan

Setelah paham rumus-rumus dasar yang sering digunakan ketika membuat spreadsheet. Gunakan juga rumus-rumus pilihan yang memiliki fungsi berbeda seperti merapikan data hingga menerjemahkan dengan cepat.

Contoh : ketik rumus "=TRIM" untuk merapikan tampilan spreadsheet yang masih berantakan dan ketik rumus "=PROPER" untuk mengubah kapitalisasi teks.

Manfaatkan juga rumus "=GOOGLETRANSLATE(A5)" Sebagai contoh ketika ada kalimat yang ingin diterjemahkan di sel A5 dan Google akan menyediakan terjemahan dalam bahasa default akun kita.


Kenapa Harus Menggunakan Spreadsheet?

apa itu spreadsheet dan fungsinya
foto : freepik

Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengolah data sebenarnya ada banyak jenisnya tapi lebih disarankan untuk menggunakan spreadsheet karena aplikasi ini bisa mempercepat pengolahan data tanpa harus menggunakan rumus-rumus khusus.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini sudah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk menghitung data secara otomatis tanpa pengguna harus memasukkan rumus tertentu. 

Supaya nantinya tidak kesulitan menggunakan aplikasi ini bisa belajar Excel terlebih dahulu di tempat kursus maupun di website belajar.


Baca juga : Yuk Upgrade Skill dengan Aplikasi Belajar Online !

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .