Tuesday, November 22, 2016

Pentingnya Edukasi Safety Riding Untuk Pengendara Motor Perempuan

Beberapa bulan terakhir, saya merasakan kalau traffic lalu lintas di kota Bandung sudah semakin padat. Yang biasanya kemacetan hanya terjadi di saat weekend seperti hari sabtu dan minggu. Sekarang kemacetan di jalan raya mulai dirasakan di hari-hari biasa. Entah karena faktor beberapa titik di jalanan kota bandung yang sedang mengalami perbaikan dalam waktu bersamaan atau memang karena alasan klasik, yaitu semakin bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan pertambahan ruas jalan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam tiga tahun terakhir ini, jumlah pengendara perempuan, baik motor maupun mobil meningkat hingga sekitar 42%. Dibanding mobil, motor matic menjadi salah satu pilihan sarana transportasi yang lebih praktis bagi perempuan terutama karena penggunaannya yang cenderung mudah dan lebih menghemat waktu apalagi di situasi kemacetan lalu lintas seperti sekarang ini.

Dari sebuah survey yang diadakan oleh Queenrides, 800an perempuan usia 24-40 tahun diwawancarai dan menunjukkan bahwa 80% dari perempuan yang berkendara, mencari nafkah untuk keluarganya. Apakah kamu termasuk salah satunya?


photo source : queenrides.com

Sementara angka kecelakaan yang melibatkan perempuan bermotor meningkat hingga 49,5% (data Korlantas 2014). Artinya angka pertumbuhan kecelakaan melaju lebih cepat dibanding angka pertumbuhan pengendara.

Saatnya perempuan Indonesia sadar berkendara aman | photo source : queenrides.com


Serem juga ya kalo dari data tersebut dapat dianalogikan bahwa setiap 3 jam terdapat 1 nyawa yang menghilang karena kecelakaan berkendara.
Hal ini memang merupakan salah satu krisis yang mengkhawatirkan dan  masih luput dari perhatian kita, sehingga diperlukannya penanganan khusus terkait dengan informasi safety riding khususnya untuk kaum perempuan.

Berkenalan dengan Queen rides

Untuk menangani hal tersebut, diperlukan sebuah institusi yang mau dengan serius mengkomunikasikan hal-hal yang berhubungan dengan isu safety riding dengan cara yang efektif. Maka lahirlah  #womenridesafe sebuah movement yang diinisiasi oleh Queenrides, start up social enterprise berbasis teknologi yang berbentuk platform online dan offline untuk perempuan yang dibangun dengan tujuan memberdayakan perempuan agar sadar akan pentingnya berkendara aman.
Dari bulan Januari 2016 hingga bulan November ini, Queenrides sudah memiliki lebih dari 200 ribu komunitas online dan offline yang tersebar di seluruh Indonesia. Queenrides juga sudah mengadakan 15 kali aktifitas offline yang mengedukasi sekitar 1000 perempuan pengendara motor. Hebat ya !

Jujur, saya juga baru tahu, kalau ada komunitas positif yang sangat bermanfaat seperti komunitas Queenrides ini, apalagi mengingat semakin terus bertambahnya jumlah pengendara motor perempuan. Bravo untuk Queenrides !


 
i support #womenridesafe | photosource : queenrides.com


Cek Kebiasaan Berkendara Motormu Yuk!


Berikut ini beberapa fakta mengenai kebiasaan berkendara motor yang masih sering dilakukan dan bisa membahayakan :

  1. Kebiasaan MELETAKKAN HELM DI KACA SPION. Kebiasaan ini lama kelamaan bisa bikin kaca spion lemas dan turun-turun terus yang bisa berakibat bahaya ketika berkendara.
  2. Kebiasaan MALAS PAKE HELM dengan alasan sepele seperti ‘jarak yang dekat’, ‘gerah’ atau ‘masih anak-anak’ jadi ga perlu pake helm (khususnya untuk ibu-ibu yang sering antar jemput anak). Padahal helm itu mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai pelindung kepala dari benturan ketika sewaktu-waktu jatuh di jalan. Aduh.. amit-amit, jangan sampai ya..dan bagaimanapun kegiatan preventif itu jauh LEBIH PENTING.
  3. Kebiasaan NGEGAS SAMBIL NGEREM. Hayo jujur, siapa yang suka begitu? Hihi.. Ternyata kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk karena bakal ada akibat yang timbul dari kebiasaan ngegas sambil ngerem, yaitu bisa bikin motor tersendat dan suara motor akan jadi kasar. Dan cenderung bikin motormu lebih cepat rusak. Trus kalo tiba-tiba mogok di jalan gimana dong? ga mau khan? Nah, rawat motor kesayanganmu dengan cara berkendara dengan tepat.
  4. Kebiasaan LUPA KASI LAMPU SEIN. Kebiasaan yang satu ini emang suka bikin gemes, YA ‘bikin gemes orang lain’ :D yang harus ekstra hati-hati ketika ada motor yang main nyelonong belok atau berhenti secara tiba-tiba tanpa kasih lampu sein. Haduh !! Pernah ngerasain dong gimana rasanya? Empati dalam berkendara itu penting banget, karena jalanan bukan milik kita sendiri khan? jadi kita harus INGAT dan PEDULI sama pengendara lain. Yuk sama-sama belajar jadi pengendara yang baik demi keselamatan kita dan orang lain.

 
Yuk belajar sama-sama mengenai safety riding dalam berkendara #womenridesafe | photo source : queenrides.com


MANFAAT BERGABUNG DI KOMUNITAS QUEENRIDES

Bergabung dalam sebuah komunitas positif yang berkaitan dengan minat dan hobi kita tentunya sangat menyenangkan. Begitupun kalau kamu bergabung dan menjadi anggota dari komunitas Queenrides ini, kamu bisa memperoleh banyak manfaat yang antara lain : bisa ikut kegiatan ngopi cantik bareng anggota Queenrides lain yang biasa diadakan setiap bulan, bisa mendapat banyak hadiah dengan cara ikut kuis online atau kirim foto/tulisan seputar berkendara, dapat harga khusus di toko online Queenrides, ikut touring ala cewe dan masih banyak lagi. Dan untuk kamu yang ingin eksis, kamu bisa muncul di queenrides.com sebagai profil Queenriders dan akan ditangani oleh make up artist, fashion stylist dan fotographer professional. Seru khan?

Di website Queenrides, kamu bisa mendapatkan banyak informasi mengenai tip-tip safety riding dan dan masih banyak informasi-informasi menarik lainnya.


Selamat bergabung dan Happy Safety Riding !


No comments:

Post a Comment