Skip to main content

Pentingnya Edukasi Safety Riding Untuk Pengendara Motor Perempuan

Beberapa bulan terakhir, saya merasakan kalau traffic lalu lintas di kota Bandung sudah semakin padat. Yang biasanya kemacetan hanya terjadi di saat weekend seperti hari sabtu dan minggu. Sekarang kemacetan di jalan raya mulai dirasakan di hari-hari biasa. Entah karena faktor beberapa titik di jalanan kota bandung yang sedang mengalami perbaikan dalam waktu bersamaan atau memang karena alasan klasik, yaitu semakin bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan pertambahan ruas jalan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam tiga tahun terakhir ini, jumlah pengendara perempuan, baik motor maupun mobil meningkat hingga sekitar 42%. Dibanding mobil, motor matic menjadi salah satu pilihan sarana transportasi yang lebih praktis bagi perempuan terutama karena penggunaannya yang cenderung mudah dan lebih menghemat waktu apalagi di situasi kemacetan lalu lintas seperti sekarang ini.

Dari sebuah survey yang diadakan oleh Queenrides, 800an perempuan usia 24-40 tahun diwawancarai dan menunjukkan bahwa 80% dari perempuan yang berkendara, mencari nafkah untuk keluarganya. Apakah kamu termasuk salah satunya?


photo source : queenrides.com

Sementara angka kecelakaan yang melibatkan perempuan bermotor meningkat hingga 49,5% (data Korlantas 2014). Artinya angka pertumbuhan kecelakaan melaju lebih cepat dibanding angka pertumbuhan pengendara.

Saatnya perempuan Indonesia sadar berkendara aman | photo source : queenrides.com


Serem juga ya kalo dari data tersebut dapat dianalogikan bahwa setiap 3 jam terdapat 1 nyawa yang menghilang karena kecelakaan berkendara.
Hal ini memang merupakan salah satu krisis yang mengkhawatirkan dan  masih luput dari perhatian kita, sehingga diperlukannya penanganan khusus terkait dengan informasi safety riding khususnya untuk kaum perempuan.

Berkenalan dengan Queen rides

Untuk menangani hal tersebut, diperlukan sebuah institusi yang mau dengan serius mengkomunikasikan hal-hal yang berhubungan dengan isu safety riding dengan cara yang efektif. Maka lahirlah  #womenridesafe sebuah movement yang diinisiasi oleh Queenrides, start up social enterprise berbasis teknologi yang berbentuk platform online dan offline untuk perempuan yang dibangun dengan tujuan memberdayakan perempuan agar sadar akan pentingnya berkendara aman.
Dari bulan Januari 2016 hingga bulan November ini, Queenrides sudah memiliki lebih dari 200 ribu komunitas online dan offline yang tersebar di seluruh Indonesia. Queenrides juga sudah mengadakan 15 kali aktifitas offline yang mengedukasi sekitar 1000 perempuan pengendara motor. Hebat ya !

Jujur, saya juga baru tahu, kalau ada komunitas positif yang sangat bermanfaat seperti komunitas Queenrides ini, apalagi mengingat semakin terus bertambahnya jumlah pengendara motor perempuan. Bravo untuk Queenrides !


 
i support #womenridesafe | photosource : queenrides.com


Cek Kebiasaan Berkendara Motormu Yuk!


Berikut ini beberapa fakta mengenai kebiasaan berkendara motor yang masih sering dilakukan dan bisa membahayakan :

  1. Kebiasaan MELETAKKAN HELM DI KACA SPION. Kebiasaan ini lama kelamaan bisa bikin kaca spion lemas dan turun-turun terus yang bisa berakibat bahaya ketika berkendara.
  2. Kebiasaan MALAS PAKE HELM dengan alasan sepele seperti ‘jarak yang dekat’, ‘gerah’ atau ‘masih anak-anak’ jadi ga perlu pake helm (khususnya untuk ibu-ibu yang sering antar jemput anak). Padahal helm itu mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai pelindung kepala dari benturan ketika sewaktu-waktu jatuh di jalan. Aduh.. amit-amit, jangan sampai ya..dan bagaimanapun kegiatan preventif itu jauh LEBIH PENTING.
  3. Kebiasaan NGEGAS SAMBIL NGEREM. Hayo jujur, siapa yang suka begitu? Hihi.. Ternyata kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk karena bakal ada akibat yang timbul dari kebiasaan ngegas sambil ngerem, yaitu bisa bikin motor tersendat dan suara motor akan jadi kasar. Dan cenderung bikin motormu lebih cepat rusak. Trus kalo tiba-tiba mogok di jalan gimana dong? ga mau khan? Nah, rawat motor kesayanganmu dengan cara berkendara dengan tepat.
  4. Kebiasaan LUPA KASI LAMPU SEIN. Kebiasaan yang satu ini emang suka bikin gemes, YA ‘bikin gemes orang lain’ :D yang harus ekstra hati-hati ketika ada motor yang main nyelonong belok atau berhenti secara tiba-tiba tanpa kasih lampu sein. Haduh !! Pernah ngerasain dong gimana rasanya? Empati dalam berkendara itu penting banget, karena jalanan bukan milik kita sendiri khan? jadi kita harus INGAT dan PEDULI sama pengendara lain. Yuk sama-sama belajar jadi pengendara yang baik demi keselamatan kita dan orang lain.

 
Yuk belajar sama-sama mengenai safety riding dalam berkendara #womenridesafe | photo source : queenrides.com


MANFAAT BERGABUNG DI KOMUNITAS QUEENRIDES

Bergabung dalam sebuah komunitas positif yang berkaitan dengan minat dan hobi kita tentunya sangat menyenangkan. Begitupun kalau kamu bergabung dan menjadi anggota dari komunitas Queenrides ini, kamu bisa memperoleh banyak manfaat yang antara lain : bisa ikut kegiatan ngopi cantik bareng anggota Queenrides lain yang biasa diadakan setiap bulan, bisa mendapat banyak hadiah dengan cara ikut kuis online atau kirim foto/tulisan seputar berkendara, dapat harga khusus di toko online Queenrides, ikut touring ala cewe dan masih banyak lagi. Dan untuk kamu yang ingin eksis, kamu bisa muncul di queenrides.com sebagai profil Queenriders dan akan ditangani oleh make up artist, fashion stylist dan fotographer professional. Seru khan?

Di website Queenrides, kamu bisa mendapatkan banyak informasi mengenai tip-tip safety riding dan dan masih banyak informasi-informasi menarik lainnya.


Selamat bergabung dan Happy Safety Riding !


Comments

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.