Sunday, April 16, 2017

Bandros Bandung : Yuk Jalan-Jalan Keliling Bandung Naik Bandros

Kalo denger kata bandros, biasanya kita akan ingat pada salah satu nama makanan tradisional khas Bandung. Tapi beberapa tahun terakhir, Bandros lebih familiar pada sebutan untuk bis pariwisata yang bisa digunakan untuk berkeliling kota Bandung.

Sebagai warga Bandung, udah pada pernah naik bis Bandros belum nih? :)

Jujur saya sendiri baru berkesempatan naik Bandros, hari sabtu yang lalu (15/04), rame-rame bareng 20 orang teman dari sebuah komunitas foto. Padahal sebenernya sudah sejak lama saya ingin naik bis Bandros tersebut. Diantara rasa ingin tahu gimana sih caranya supaya bisa naik bis Bandros, bayar ga sih dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Bis Bandros Bandung warna putih
Sampai akhirnya saya mendapat informasi dari seorang teman berupa broadcast di group wa, bahwa untuk warga Bandung yang ingin merasakan perjalanan keliling kota Bandung menggunakan Bandros bisa mendaftar terlebih dahulu (minimal satu hari sebelumnya) melalui sebuah nomor handphone dan gratis (tidak dipungut biaya). Lain halnya apabila kita ingin menggunakan bis bandros seharian, masyarakat bisa menyewa bis Bandros selama 8 jam dengan dikenakan biaya sebesar Rp 800.000. dengan catatan kita bisa berkeliling ke banyak tempat-tempat menarik di kota Bandung seperti taman, museum dan sebagainya dengan diantar oleh bis Bandros. Dan selama kita singgah di tempat-tempat yang kita inginkan, bis Bandros akan setia menunggu. Boleh juga tuhh :)

Sejarah bandros

Bandros yang merupakan singkatan dari Bandung Tour On Bus adalah bis tingkat yang disediakan oleh pemerintah kota Bandung bagi wisatawan yang hendak berkeliling kota Bandung.

Bus Bandros diresmikan oleh walikota Bandung yang ke 26 yaitu bapak Ridwan Kamil pada malam tahun baru 2014. Bandros merupakan salah satu bentuk CSR (Corporate Social Respocibility) dari beberapa perusahaan besar yang bekerjasama dengan pemerintah kota Bandung. 

Awalnya bus Bandros ini diadakan guna meningkatkan sektor pariwisata yang menjadi salah satu andalan dan penggerak roda ekonomi di kota Bandung. Dan rencananya  bus itu akan berada di setiap hotel guna  mengantar para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di kota Bandung. 

Bandros sekarang 

Antusias warga Bandung untuk naik bis Bandros masih lumayan tinggi hingga sampai saat ini. Terbukti jumlah bis Bandros yang ada di kota Bandung sekarang sudah berjumlah 6 buah  yang mana warna dari ke enam bis Bandros tersebut mewakili warna identitas dari setiap perusahaan tersebut, bandros warna merah (Telkomsel), bandros warna biru (BCA), bandros warna kuning (Bank Mandiri), bandros warna putih (toserba Yogya) dan yang terbaru bandros dari program CSR perusahaan kosmetik Wardah.
Dan sekarang, bis Bandros didesain menjadi hanya satu lantai saja karena pertimbangan keamanan.

Dengan berkeliling Bandung menggunakan bis Bandros, setidaknya pengetahuan kita bisa bertambah. Karena ternyata masih banyak warga Bandung termasuk saya  hehe, yang belum kenal pada bangunan-bangunan bersejarah apa saja yang ada di kota Bandung.

Lokasi naik bandros

Bis Bandros bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat terutama warga kota Bandung. Dan bisa kita temui di tempat pemberhentiannya yaitu di taman Cibeunying, sebuah taman yang di depannya terdapat sebuah robot besar berwarna hijau campur oranye mirip transformer yang terletak di area jalan Cilaki (sebrang restoran Rumah Nenek, jl.taman cibeunying selatan, Bandung).
Sedangkan apabila kita menyewa bis Bandros, kita bisa minta jemput lho alias bis Bandros akan datang menghampiri ke tempat yang kita tentukan sendiri . . wah asik tuh :)

Jadwal operasional bis bandros

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh warga yang ingin naik Bandros adalah jadwal keberangkatan dan kedatangan bis Bandros. Jadi dalam satu hari, bis Bandros beroperasi mulai pukul 08.00 pagi s/d pukul 16.00 wib. Dan setelah keberangkatan bis yang pukul 10.00 bis akan beristirahat terlebih dahulu. Bis bandros akan membawa penumpang berkeliling kota Bandung selama sekitar 45 menit s/d kurang lebih 1 jam. Dan para penumpang harus sudah stand by di Taman Cibeunying minimal 15 menit sebelum jam keberangkatan ya, selain supaya ga ketinggalan juga supaya bisa foto-foto dulu..asiik :)

 
Berfoto bareng sebelum jalan-jalan keliling kota Bandung pake bis Bandros

Rute bis bandros

Pertama kali naik bis bandros, saya sangat excited sekali, tak sabar untuk segera berkeliling kota bandung bersama teman-teman..yeay :)
Sabtu, 15 April 2017 | sobbaj_bandung keliling bandung naek bis Bandros ..asiik :)
Tepat jam 08.00 pagi, kami sudah duduk manis di dalam bis dan disambut oleh seorang laki-laki bernama kang Dede yang ternyata merupakan sopir sekaligus guide yang akan membawa kita jalan-jalan keliling Bandung sabtu pagi kemarin. 
 
Kang Dede sopir bus Bandros yang kocak  | teh poppy (berkemeja merah) PIC komunitas mang dudung (Masyarakat Peduli Bandung) 

Start dari Taman Cibeunying, bis Bandros melaju ke arah jalan Diponegoro, dengan disertai informasi dari kang Dede mengenai bangunan - bangunan bersejarah yang dilewati seperti gedung Dwi warna, museum Geologi dan gedung Sate.
Dari gedung Sate, bis berbelok ke arah kiri menuju jalan Banda melewati lapangan Saparua kemudian belok kanan menuju taman Ade Irma Suryani atau yang lebih dikenal dengan taman Lalu Lintas.

Melewati jalan Sumatera bis melaju perlahan menuju jalan Asia Afrika, yang pada Sabtu pagi itu sudah mulai padat dikarenakan ada kegiatan syuting sebuah sinetron serta keramaian lain di sekitar kawasan alun-alun kota Bandung.

Dari jalan Asia Afrika, bis berbelok ke arah jalan Banceuy, menuju kawasan Braga dan tak terasa sudah hampir satu jam waktu berlalu. 
  
Perjalanan naik Bandros terasa sangat menyenangkan karena tour guide kami sabtu pagi lalu sangat kocak, membuat suasana menjadi hangat hingga sepanjang perjalanan kami fokus mendengarkan informasi yang diselingi oleh canda tawa yang ramai, haha banyak sekali penuturan kang Dede yang mengundang sorak sorai para penumpang apalagi semua penumpang bis Bandros yang berjumlah dua puluh orang itu adalah perempuan semuanya.
Serunya naik bandros rame-rame bareng sobbaj_bandung in blue

Nah buat anda yang belum pernah naik bis Bandros, buruan deh  ajakin teman atau kerabat buat jalan-jalan keliling kota Bandung pake bis Bandros. Seru banget loh..
Inget Bandros saya jadi inget mang dudung. Mang dudung adalah singkatan dari masyarakat yang peduli Bandung sebuah komunitas yang mengelola bis pariwisata Bandros tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai bis Bandros, silahkan hubungi teh Poppy..selaku perwakilan dari komunitas Mang Dudung di No telepon 0896-2203-3971.

Oya, selain di kota Bandung, berdasarkan informasi dari kang Dede di perjalanan tadi, bis Bandros juga dikirim ke beberapa kota lain seperti Bogor, Semarang dan Jogja yang kemudian diberi nama berbeda sesuai identitas kotanya masing-masing. 


Naik bis bandros..seru uy !




No comments:

Post a Comment