Skip to main content

From Heart To Earth : Lebih Dekat Dengan Alam Melalui Menanam Tanaman

Pada awal April 2018 lalu saya mengikuti acara sebuah komunitas (4th meet up @sobbaj_bandung) yang memiliki tema Back To Nature, yaitu jalan-jalan ke taman buru Masigit Kareumbi yang berada di gunung Masigit, Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Acara tersebut meninggalkan kesan khusus buat saya, karena saya bisa menikmati kebersamaan bersama teman-teman di alam terbuka, berjalan kaki beramai-ramai menyusuri hutan, merasakan dinginnya air sungai, menghirup udara segar pegunungan dan tentunya hunting photo bersama (outdoor photo hunt).

Nah di acara tersebut, ada dua hal istimewa lainnya yang cukup menarik perhatian saya, khususnya hal yang berkenaan dengan tanaman, yaitu :



    1.   Program Wali Pohon Di Taman Buru Masigit Kareumbi, Masigit, Cicalengka.

Setelah berkunjung ke taman buru Masigit Kareumbi, saya baru tahu kalo disana ada sebuah program pelestarian alam yaitu program wali pohon.

Program tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya pengunjung Kareumbi untuk ikut berpartisipasi dalam program penanaman pohon dengan menjadi wali pohon. 

Contoh sertifikat bagi participant dalam program wali pohon
Program wali pohon ini berlaku untuk siapa saja, tua muda, perempuan ataupun laki-laki, bahkan anak-anak pun boleh ikut serta. Karena syaratnya cukup dengan mendonasikan uang senilai Rp 50.000/orang, yang mana uang tersebut akan dibelikan bibit tanaman tertentu dan nantinya akan ditanam di lahan taman Kareumbi.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga (meremajakan) setiap pepohonan yang ada di kawasan Kareumbi. Selain program wali pohon untuk perorangan, pihak Kareumbi juga memiliki program wali pohon untuk perusahaan atau komunitas berupa penanaman banyak pohon (ratusan hingga ribuan pohon) di  satu lahan khusus. Dimana nantinya lahan tersebut bisa diberi nama sesuai dengan nama institusi / komunitas kita. Wah seru yaa..

Namun untuk waktu penanaman nya sendiri ternyata ada waktu khusus. Jadi ga setiap saat kita bisa melakukan penanaman. Karena hal tersebut berkaitan dengan masa tanam (ada musimnya). Seperti halnya pas acara kemarin, karena bulan April bukanlah masa tanam, proses penanaman pohon pun dilakukan secara simbolis saja. Dan nanti tanaman tersebut baru akan ditanam pada musimnya.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai program wali pohon di Kareumbi ini, silahkan langsung hubungi saja kantor Sekretariat Kareumbi yang ada di Jl Arumanis  no 25, Rancakendal, Bandung (dekat Wale). Telepon 022-2502085 atau WA 083111701991, instagram @masigitkareumbi.

     2.  Belajar Berkebun Di Rumah Ala Kebun Madani

Oya selain bisa berpartisipasi dengan menjadi wali pohon di Kareumbi, setiap peserta yang hadir di acara 4th meet up @sobbaj_bandung, mendapatkan sebuah souvenir unik berupa benih tanaman dari Kebun Madani.

Benih tanaman tersebut berbentuk sachet yang didalamnya terdapat butiran kecil bibit tanaman yang siap tanam

Di dalam kemasannya terdapat petunjuk cara menanam dan merawat tanaman tersebut.
Jadi melalui souvenir unik tersebut, setiap peserta diajak untuk belajar berkebun dengan cara menanam bibit tanaman sendiri di rumah. Bibit tanaman yang disediakan oleh Kebun Madani terdiri dari beberapa jenis, seperti sosin (caisim), cabe, bayam merah, bayam hijau, seledri, tomat, kangkung, selada hijau, cabe rawit dan mentimun. 


Sebuah aktifitas yang cukup menarik, bahwa kegiatan berkebun itu sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Punya lahan yang terbatas tidak menjadi masalah karena tanaman-tanaman tersebut bisa ditanam di dalam pot dan relatif mudah cara merawatnya.

Dan saya pun mulai menikmati aktifitas belajar berkebun di rumah, karena bercocok tanam bisa bikin saya rileks, apalagi ketika melihat tanaman-tanaman tersebut berhasil tumbuh sehat dan subur.

Ya menanam tanaman di rumah, ga mesti harus tanaman yang mahal dan kekinian, karena menanam tanaman sayuran pun bisa menjadi bagian dari kegiatan penghijauan dan jelas bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari (bisa kita konsumsi langsung). Seru khan..kalo kita bisa metik langsung sayuran dari kebun kita sendiri.

Yuk  kita belajar menanam tanaman!
Mulai dari tanaman yang mudah cara merawatnya dan mulai dari tanaman yang mudah kita peroleh di lingkungan sekitar kita. #tanamanbikinhepi



Comments

  1. Alhamdulillah saya dan Suami punya rooftop garden cz gardening is awesome heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senangnyaa..yes gardening is awesome..apalagi gardening bareng suami..co cwiit :D

      Delete
  2. Saya punya banyak bibit sayur di rumah, dulu beli pas rasa2nya lagi semangat mau berkebun. Setelah bibitnya datang, semangatnya ilang. Ya ampun itu bibit skrg terbengkalai. Coba nanam mati mulu, asal2an sih, wkwk. Apa emg ga berbakat berkebun ya? Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..iya teh itu namanya godaan dalam berkebun hihi..saya pun sering ngalamin hal yang sama haha..keep semangat teteh..yuk kita mulai lagi :D

      Delete
  3. Wah cocok untuk yang baru mau memulai hehe dari dl saya pengen tapi belum terlaksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk kita belajar berkebun di rumah :)..ajakin neng marwah :)

      Delete
  4. menarik program wali pohonnya twh cukup bayar 50rb yah bisa jd wali pohon lucu programnya :)

    tanam menanam emang mengasikan apalagi klo tanaman yg ditanam tumbuh subur dan menghasilkan nagih banget y teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul teh..menanam tanaman emang bikin hepi..apalagi kalo tumbuh subur :D

      Delete
  5. Kita suka terkendala buat menanam yaa, apalagi kalau rumahnya ga ada teras buat nanem tanaman, program wali pohon itu bagus banget. Alhamdulillah di rumah saya pun ibu mertua apik sekali dalam hal ini: berkebun. Jadi banyak belajar juga mencintai tanaman-tanaman itu sudah seperti sahabat sendiri. Terimakasih sharingnya teh 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya teh..dan betul banget..dengan berkebun kita bisa belajar banyak hal..karena tanaman juga dalah mahluk hidup sama seperti kita :)

      Delete
  6. HUaaa pengen ih beli bibitnya. Walau sebenernya bingung gimana ngurusnya biar tumbuh terus, panen dan ga mati. Seru ya, Gita acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih berkebun itu gampang2 susah ya teh..tapi disitulah tantangannya..kalo udh berhasil tumbuh subur pasti bikin ketagihan..katanya sih selain disiram..tanaman harus diajak ngobrol juga katanya hihi..tengkyu teh efi ;D

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.