Suka Makanan Timur Tengah? Cuss Ke Moedhir Smoked Factory, Bandung

Halo man-teman..
Berasa ga sih kalo cuaca Bandung, yang akhir-akhir ini sering hujan, membuat kita terutama saya  selalu pengen makan atau ngemil? Khususnya pengen ngemil makanan ringan yang gurih dan anget ..kayak kebab misalnya. 

Widih, iya..kebab paling cocok tuh buat temen ngemil sore-sore. Inget yaa..kebab dan bukan gorengan haha. *makan gorengan is another guilty pleasure. Selain rasa kebab yang jauh lebih enak dibanding gorengan, bahan isian kebab dan cara pengolahannya pun tentunya jauh lebih sehat dong.

Karena seperti yang kita ketahui, kebab dimasak dengan cara dipanggang di atas pan (penggorengan datar) yang diberi sedikit minyak. Selain itu isian kebab terdiri dari irisan daging sapi atau daging ayam serta sayuran segar seperti selada, tomat dan bawang Bombay. 

Tampilan kebab ala Moedhir Smoked Factory khusus take away (dibungkus) } Rp 20K untuk kebab ayam dan Rp 35K untuk kebab sapi

Duh, perpaduan rasa daging yang gurih, sayuran serta saus tomat dan mayonaise sanggup bikin saya ngences duluan sebelum beneran melahapnya. Hihi.

Beneran lho..kebab buatan Moedhir Smoked Factory ini emang enak banget dan udah berhasil bikin saya ketagihan. 


Kebab Dan Daging Asap Istimewa Di Moedhir Smoked Factory

Iyes, kebab adalah salah satu makanan favorit saya, dan saya beruntung sekali bisa mencicipi kebab dan daging asap Moedhir Smoked Factory yang gurih dan istimewa itu. Karena mereka membuat sendiri saj bread (lapisan terluar kebab yang mirip roti) dan daging asap yang juga digunakan sebagai isian kebab.

Chef Esse (kiri) & chef Pram(tengah) yang memiliki pengalaman bekerja di hotel di Timur tengah |  kanan : Pak Andi (owner Moedhir smoked factory)

Alat untuk membuat daging asapnya pun buatan sendiri (terbuat dari drum) yang dimodifikasi menjadi mirip oven. Kreatif juga ya.. Dimana daging-daging tersebut diasap selama 4 jam (untuk daging ayam), dan 10 hingga 15 jam untuk daging sapi. 

Wah, kok lama banget ya? Iya soalnya dalam proses pengasapannya mereka hanya menggunakan arang sebagai bahan bakarnya. Tak heran itu adalah salah satu hal yang menjadikan daging asap Moedhir memiliki rasa dan aroma istimewa.

Sehubungan dengan hal tersebut pak Andi, owner Moedhir Smoked Factory juga memaparkan bahwa keberadaan Moedhir Smoked Factory untuk jangka panjang akan lebih fokus sebagai produsen daging asap, yang akan menyuplai berbagai macam daging asap (sapi dan ayam) ke hotel atau restoran yang membutuhkan daging asap tersebut. Dan saat ini Moedhir smoked factory sudah menjadi supplier tetap daging asap untuk beberapa hotel yang ada di Bandung.

Selain itu Moedhir smoked factory juga menerima pesanan untuk kebutuhan sehari-hari, karena daging asap ini dapat dikonsumsi setiap saat dan tinggal dihangatkan (siap saji) sehingga cocok untuk ibu-ibu yang memiliki waktu terbatas dalam menyiapkan makanan untuk keluarga.

Salah satu kemasan chicken smoked produksi Moedhir smoked factory yang dijual dengan harga Rp35K (ukuran 200gram) | smoked beef Rp 100K

Sebelumnya Moedhir Smoked Factory memang hanya hadir di event khusus seperti bazaar atau acara kuliner. Hingga sejak dua bulan lalu Moedhir Smoked Factory membuka sebuah kedai mungil yang berlokasi di jalan Emong no 34C, Bandung (sekitar 20m dari kedai bubur ayam pelana).

Oya, setelah berkunjung ke Moedhir smoked factory, saya jadi tahu kalo kebab yang ada di Indonesia adalah bukan kebab yang sebenarnya, #eh gimana maksudnya? Haha

Jadi..wujud kebab yang selama ini sudah kadung familiar di Indonesia, ternyata di negara asalnya dikenal sebagai Shawarma. Catat ya..karena bagi penyuka kebab sejati seperti saya, informasi ini penting banget lho hehe. Apalagi saya punya impian ingin mengunjungi negara Turki (negara tempat asal kebab).

Dan kebab itu sendiri, di negara timur tengah adalah makanan berbentuk mirip sate, namun berbentuk sedikit lebih besar dan tidak diberi bumbu kacang. Nah lho.

Tampilan kebab di negara asalnya kurang lebih seperti ini | lebih mirip sate, ditusuk menggunakan tusuk sate dan dibakar diatas arang namun memiliki ukuran lebih besar

Oya, proses pembuatan daging asap di Moedhir, diolah menggunakan resep rahasia (secret recipe) yang salah satunya yaitu dengan cara merendam terlebih dahulu daging ayam dan sapi dengan minyak sayur (salad oil) dan yogurt. sehingga tekstur daging yang diperoleh menjadi sangat lembut dan juicy. Beneran dagingnya lembuut banget. 

Varian Makanan Khas Timur Tengah Di Moedhir Smoked Factory

Selain kebab alias shawarma, di Moedhir smoked factory juga terdapat beberapa menu khas timur tengah lain yang wajib kamu cicipi, seperti nasi rempah (signature rice), salad, daging asap (smoked package), makanan penutup (dessert) khas Moedhir yaitu Manakish serta minuman dingin seperti Teh Lebanon (iced tea) dan Kopi Suriah (iced coffee).

Manakish khas Moedhir dengan isian peanut butter, coklat dan marshalow | disajikan dengan es krim | laziss (baca : enak bingit)

Sebagai orang Indonesia yang ga bisa lepas dari nasi, kehadiran nasi rempah ini sangatlah tepat. Nasi rempah hadir dengan rasa gurih yang pas, tidak asin dan tidak terlalu berbumbu seperti halnya nasi kebuli, dan yang menarik saya bisa merasakan aroma rempah cengkeh yang sedikit terasa di lidah. 

Menurut chef Pram rasa gurih nasi rempah tersebut berasal dari campuran kaldu ayam, bawang putih, bawang Bombay serta cengkeh. Bumbu-bumbu tersebut ditumis dahulu dan kemudian dicampur dengan nasi. Setelah matang dan siap dihidangkan, nasi  tersebut kemudian diberi topping kismis dan kacang almond yang merupakan salah satu ciri khas makanan ala Timur Tengah. 

Nasi rempah, salad dan chicken smoked tiga varian menu yang wajib coba
Tersedia pilihan saus yang bisa kita pesan sesuai selera | ada barbeque, spicy dll

Jadi, kalo kamu ngaku suka makan makanan timur tengah, cuss buruan cobain makanan yang ada di Moedhir Smoked Factory.

Daftar menu serta harga makanan & minuman yang ada di Moedhir smoked Factory

Mau datang langsung boleh, atau kalo mau delivery (jasa pesan antar) atau take away (dibungkus) juga boleh.
Dan kabar menariknya, khusus untuk delivery Moedhir Smoked Factory memberikan pelayanan gratis ongkir lho (khusus daerah Bandung raya).
Kalau mau pesan via delivery bisa menghubungi nomor telepon 0819 3995 0858

Moedhir Smoked Factory
Jl. Emong No 34C Bandung (dekat sma BPI)
Jam Operasional : Senin-Minggu jam 09.00 s/d 22.00 wib
(Selasa tutup)
 Jumat (buka jam 13.00)

Comments

  1. favorite aku smoked chicken, salad sama manakish nya, eh shawarma nya juga hehehe

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. iya nih..jadi pengen makan kebabnya lagih..ketagihan :D

      Delete
  3. Jadi pengin ke Moedhir lagi nih. Nyam...nyam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk cuss..pesen delivery aja biar lebih praktis :D

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Recent Posts