Bandung Creative Hub Sarana Kreatifnya Orang Bandung

Sabtu sore itu cuaca cukup cerah, hari yang santai untuk menikmati weekend di rumah sambil me time. Jujur, biasanya saya paling malas kalo harus keluar rumah disaat hari libur dan apalagi long weekend. 
 
Tapi kali ini saya memutuskan untuk mengunjungi sebuah gedung yang terletak di sebuah sudut jalan, antara jalan Laswi dan jalan Sukabumi, Bandung. Yaitu sebuah gedung dengan desain unik yang mengundang perhatian setiap orang yang sedang melewatinya, gedung Bandung Creative Hub (BCH).

Gedung Bandung Creative Hub tampak atas (photo by Dudi Sugandi)
 
Oya, ini kali kedua saya mengunjungi gedung tersebut, tuk yang pertama saya tak sengaja datang kesitu karena ingin mengikuti sebuah acara, namun ternyata acara tersebut sudah lewat alias saya ketinggalan, hehe

Namun kali ini, saya datang sesuai jadwal dan bahkan kecepetan rupanya. Gapapa ada untungnya juga sih, jadi sambil menunggu saya bisa berkeliling dulu ke seluruh gedung BCH, untuk melihat-lihat ada fasilitas apa aja sih di gedung tersebut.

bandung creative hub
Salah satu sudut di BCH

bandung creative hub
Kreatif juga ya anak tangga dikasih quotes kayak gini..sebelum naik tangga belajar bahasa inggris dulu yes haha
 
Ternyata gedung BCH yang warna-warni ini memiliki lima lantai, yang didalamnya terdapat fasilitas lengkap seperti ruang auditorium, co-working space,ruang studio musik serta ruang studio fotografi. Dan bahkan ada juga sebuah coffee shop yang tentunya menyediakan fasilitas wifi dan minuman kopi yang cocok buat menemani waktu kreatifmu disana.

ice chocolate
Ice chocolate by Kozi Coffee at Bandung Creative Hub
 
Dan semua fasilitas yang ada di BCH tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Bandung sebagai sarana untuk berkarya dan melakukan kegiatan-kegiatan kreatif, seperti halnya kegiatan yang diadakan oleh salah satu komunitas kreatif Bandung yang bernama Sampurasun Kreatif.

sampurasun kreatif
Rangkaian acara yang diadakan oleh komunitas Sampurasun Kreatif mulai tanggal 07 mei s/d 13 mei 2018 di BCH
 
workshop fotografi
Acara kreatif yang diadakan oleh Sampurasun Kreatif di BCH didukung oleh Radio Oz, I Radio dan Artland Craft Material

Diantara rangkaian acara yang diadakan oleh komunitas Sampurasun Kreatif tersebut, ada satu acara yang menarik perhatian saya. Acara tersebut berhubungan dengan dunia fotografi dengan tema Di Balik Lensa Proses Kreatif
 
Menghadirkan seorang pembicara yaitu kang Dudi Sugandi. Wah saya pun jadi penasaran nih, karena yang saya tahu kang Dudi Sugandi ini adalah seorang fotografer senior di harian Pikiran Rakyat yang juga aktif menggunakan drone sebagai sarana dalam pengambilan fotonya.

Satu tahun terakhir ini saya memang memiliki ketertarikan pada dunia fotografi terutama pada foto-foto yang memiliki tema landscape atau cityscape, apalagi kalo foto tersebut diambil dari atas (menggunakan drone), seperti foto-foto hasil karya kang Dudi, dimana foto yang dihasilkan terlihat tampak lebih menarik dan dramatis. 

Hasil foto Kang Dudi menggunakan Drone | sumber IG @dudisugandi

 

Sharing Session Di Balik Lensa Proses Kreatif Bersama Dudi Sugandi


Acara yang saya ikuti Sabtu sore itu (12/05) diadakan di ruang auditorium yang ada di lantai 3, dan saya baru pertama kali masuk ke ruang auditorium BCH yang ternyata ruang bagian dalamnya bagus bangeet. Ruangan lumayan besar, mirip bioskop gitu deh, namun bedanya di bagian depan terdapat sebuah pangggung berukuran besar.
 
ruang workshop bandung creative hub
Ruang Auditorium BCH yang sangat nyaman dengan kursi berwarna oranye yang bisa digunakan untuk mengadakan workshop
 
Duh di ruangan ini saya kok jadi mager ya, mungkin efek dari ac ruangan yang sejuk serta lagu jaman 90an yang sempat diputar sebelum acara dimulai....me time banget nih..berasa mo nonton konser musik haha.

Baca juga : Menemukan My Me Time di Cokotetra

dudi sugandi
Kang Dudi on stage bersama MC Syam Khadarisman
 
Di sesi ngobrol santai tersebut, Kang Dudi bercerita tentang perjalanan kariernya terjun ke dunia fotografi, sejak jaman kuliah hingga sekarang. 

Kang Dudi menceritakan tentang pengalamannya ketika masih magang yaitu iseng memotret tiang rambu lalu lintas yang rusak, kemudian dimuat di Koran Pikiran Rakyat, dan akhirnya tiang rambu lalu lintas pun diperbaiki.

Melalui hal tersebut kang Dudi pun menyadari bahwa ternyata sebuah foto memiliki nilai lain selain keindahan, yaitu bisa membawa perubahan di masyarakat. 

Hingga akhirnya kang Dudi pun memilih untuk fokus di dunia fotografi, yang berhasil membesarkan namanya hingga sekarang. Karena selain bisa membawa perubahan di masyarakat, hasil karya fotografi juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila ditekuni secara serius. 

Melalui dunia fotografi kang Dudi bisa mengunjungi banyak tempat di Indonesia hingga ke luar negeri. Dunia fotografi memang identik dengan dunia travelling. Wahh seru banget yaa.

Fyi di rangkaian acara yang diadakan oleh sampurasun kreatif ini (termasuk di acara sharing session with Dudi Sugandi), hadir salah seorang seniman yang bergerak di bidang graphic recording yaitu kang Imawan Atmosudirjo

Kang Imawan memiliki kemampuan untuk merekam isi sebuah kegiatan ke dalam sebuah tulisan dan gambar. Jadi semua isi materi yang disampaikan oleh Kang Dudi sore itu berhasil dirangkum oleh kang Imawan dan dituangkan ke dalam sebuah karya seperti berikut ini :

graphic recording
Hasil rangkuman acara sharing session bareng Dudi Sugandi yang dituangkan dalam bentuk graphic recording

seniman graphic recording
Kang Imawan Artmosudirjo - seniman graphic recording
 
Dan kalo ingin tahu lebih banyak dan penasaran tentang apa sih graphic recording itu? Man teman bisa datang langsung ke gedung BCH karena sejak tanggal 15 Mei s/d 20 Mei kang Imawan akan mengadakan pameran berjudul Graphic Recording Exhibition bertempat di ruang pameran lantai 1 BCH mulai pukul 10.00 s/d 18.00 wib.



Selamat berkunjung ke BCH ya!

Yuk manfaatkan fasilitas yang ada untuk terus berkarya dan selalu kreatif.

Dan nantikan acara-acara kreatif lainnya yang bakal diadakan oleh para anak muda Bandung di Bandung Creative Hub.

Bandung kreatif..Bandung juara !

Jangan lupa follow instagramnya @bdg.creativehub dan ikuti terus update-an info terbarunya.

Berfoto bersama dua orang kreatif yang inspiratif (kika : kang Dudi Sugandi, Ayu Oktariani, Saya)


Bandung Creative Hub (BCH)
Jalan Laswi no 7, Bandung


12 Comments

  1. Grapic recordingnya cakeeep ih. Dari dulu pengen bisa bikin mindmaping yang cakep kayak gini ga pernah bisa hahaha

    ReplyDelete
  2. Pengen ikutan graphic recording jg. Tp sadar diri jauh kesana. Haha. Eh, udh lwt tglnya ya. Smg kpn2 bs main kesini. :)

    ReplyDelete
  3. Wadah orang2 kreatif yang tak pernah mati ide cocok buat urang bandung

    Kapan2 ke Bdg nengok ke BCH ah...

    ReplyDelete
  4. Entah kenapa orang2 Bandung ini selalu identik dengan orang2 kreatif :)

    ReplyDelete
  5. Gedungnya sesuai namanya dna juga fungsi gedungnya untuk menampung ide2 kreatif ya mbaak :D

    ReplyDelete
  6. Wah pasti seru nih Graphic Recording Exhibition, di Surabaya ada juga Sby Creative Hub tapi aku tak tau buat apa hihi

    ReplyDelete
  7. Salfok sama bangunan yang atap nya di cat biru mba, yang di foto sama mas dudi pakai drone, tulisannya bdd ? Hehehe..

    ReplyDelete
  8. Aduh keren bangeet grapic revordingnyaaa. Hebat ya bisa keliling dunia karena fotografi

    ReplyDelete
  9. Bandung emang kota kreatif dari dulu, banyak hasil karya dan makanan unik dari Bandung..

    ReplyDelete
  10. Whuaaa ada Kang Dudiii.
    whuaaa ada Ayuuu
    Kereen semuany, BCH jugaaa..

    ReplyDelete
  11. paling seneeeng kalau ada creativity center kayak begini! Nice yaaa..dna pastinya bikin kita tambah semangat

    ReplyDelete
  12. keren ada yang beginian di Bandung, Batam ada co working space, tapi yang biasa aja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .