Indahnya Berbagi di Bulan Ramadhan Bersama Majelis Taklim Yasmeena Bandung

Halo Assalam mualaikum..

Semua orang pasti setuju kalo bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa. Bulan yang penuh berkah dan penuh kebaikan. Maka tak heran apabila kita sebagai umat islam, berlomba-lomba untuk melakukan ibadah dan kegiatan yang bermanfaat selama bulan Ramadhan. 

Begitupun halnya di bulan Ramadhan tahun 2018 ini, Majelis Taklim (MT) Yasmeena Bandung mengadakan program Ramadhan berupa beberapa rangkaian acara kegiatan sosial. 


MT Yasmeena adalah sebuah majelis taklim khusus ibu-ibu yang diketuai oleh ibu Hj.Rina Rofina Mochtar, dan memiliki jumlah anggota sekitar 60 orang. Yang menarik MT Yasmeena ini sudah terbentuk sejak 11 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 29 Maret 2007, diprakarsai oleh beberapa orang yang memiliki suami ekspatriat (warga negara asing), namun seiring berjalannya waktu keanggotaan MT Yasmeena terbuka untuk umum dan siapa saja boleh bergabung di MT Yasmeena.

Program Ramadhan MT Yasmeena tahun ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan seperti khataman Al-quran dan kegiatan sosial berbagi rezeki pada anak yatim dan kaum dhuafa. Dimana kegiatan-kegiatan tersebut sudah diselenggarakan di Masjid agung Trans studio, Bandung, pada awal Ramadhan lalu.

Dan sebagai kegiatan penutup menjelang akhir ramadhan, pada Rabu, 06 Juni 2018 kemarin, MT Yasmeena mengadakan beberapa kegiatan seperti pengajian, pemberian donasi ke masjid dan kunjungan sosial ke lapas wanita Sukamiskin. Wah menarik nih. Saya beruntung sekali bisa ikut hadir dalam acara tersebut, sebuah pengalaman baru yang sangat bermanfaat.

Pengajian Bersama Ustad Tatan Ahmad Santana

Sebagai pengisi tausyiah, MT Yasmeena mengundang ustad Tatan Ahmad Santana, seorang ustad muda asal Tasikmalaya yang sangat inspiratif. Dalam kegiatan dakwahnya pagi itu, ustad Tatan hadir bersama sang istri Teh Lela, yang setia mendampingi beliau dalam berdakwah. Sekitar jam 10.00 pagi, acara pengajian yang bertempat di kediaman ibu Rina Rofina Mochtar pun dimulai.

Ustad Tatan Ahmad Santana
Pagi itu ustad Tatan memberikan tausyiah dengan tema Dakwah, Jalan Cinta Para Perindu Surga. Cara beliau dalam menyampaikan kajian begitu mudah dicerna dan dipahami, sehingga tak heran apabila ibu-ibu jamaah MT Yasmeena sangat antusias hingga di akhir acara banyak ibu-ibu yang aktif bertanya seputar tema dakwah tersebut.

Ibu-ibu MT Yasmeena sedang menyimak kajian dari ustad Tatan

Berbicara soal dakwah, ustad Tatan menyampaikan bahwa dakwah itu memiliki pengertian mengajak ke jalan kebaikan, mengajak ke jalan Allah dan bukanlah sekedar mengajak ke kegiatan majelis taklim semata. Majelis taklim memang menjadi sebuah sarana yang digemari ibu-ibu untuk belajar menimba ilmu tentang agama.

Namun sebenarnya media dakwah itu terdiri dari empat macam yaitu melalui lisan, melalui tulisan, melalui perbuatan dan juga melalui harta.

Dimana kegiatan dakwah tersebut bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari, melalui perbuatan-perbuatan kecil seperti misalnya saling mengingatkan pada kebaikan (sampaikan dakwah walau hanya satu ayat), atau melalui tulisan, kita bisa mulai dengan cara membuat status di media sosial yang isinya lebih ‘berbobot’ yaitu berupa tulisan positif yang inspiratif dan bermanfaat bagi yang membacanya. 

Dakwah melalui perbuatan, bisa kita lakukan dengan cara memberi contoh atau teladan, seperti pada anak misalnya, yaitu dengan melakukan langsung hal-hal kongkrit seperti membuang sampah pada tempatnya dan sebagainya, sehingga tanpa disuruh insyaAllah si anak akan meniru perbuatan kita tersebut.

Sedangkan untuk dakwah melalui harta bisa kita lakukan dengan berbagi kepada sesama manusia yang membutuhkan uluran tangan kita.

Di akhir acara ustad Tatan mengulas bahwa kegiatan dakwah di jalan Allah itu memiliki tantangan yang besar, seperti yang pernah beliau alami selama ini, namun apabila dilakukan dengan niat yang baik insyaAllah kegiatan dakwah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Acara tausyiah yang berjalan selama hampir 2 jam tersebut, kemudian ditutup oleh kegiatan shalat dzuhur berjamaah yang dipimpin langsung oleh ustad Tatan. 

Ibu-ibu MT Yasmeena yang luar biasa dan inspiratif
Beauty Demo Oleh Wardah Kosmetik

Setelah acara pengajian selesai, acara dilanjutkan dengan beauty demo dari Wardah kosmetik. Wardah merupakan perusahaan kosmetik yang menjadi salah satu sponsor di  rangkaian program Ramadhan yang diadakan oleh MT Yasmeena. 

Sebagai perwakilan dari Wardah hadir mba Neneng dan mba Eka, yang memberikan tips dan informasi mengenai cara berdandan untuk aktifitas sehari-hari.

Kiri : Mba Neneng (Wardah), tengah (ibu Yemmi sebagai model - MT Yasmeena), kanan (Ibu Santi - MT Yasmeena)
Bagi seorang wanita sekaligus seorang istri, tampil cantik di hadapan suami memang merupakan bagian dari ibadah. Maka tips-tips kecantikan yang diberikan oleh Wardah insyaAllah akan bermanfaat bagi seluruh anggota MT Yasmeena yang hadir pagi itu.

Setelah beauty demo selesai, peserta yang hadir mendapatkan goodiebag berisi produk Wardah, dan sebagai hadiah hiburan, pihak Wardah juga menyediakan beberapa doorprize yang diberikan kepada ibu-ibu yang berhasil menjawab pertanyaan seputar tema kecantikan. 


Donasi Ke Masjid Al-Mukarromah

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 14.00, ibu Rina beserta beberapa anggota perwakilan MT Yasmeena (ibu Santi dan ibu Yeni) pun segera meluncur ke Masjid al-Mukarromah. 

Masjid Al-Mukarromah yang berlokasi di Jalan Prof Sutami No 50A, Bandung sedang melakukan renovasi dan pembangunan, sehingga sebagai bentuk dukungan bagi kegiatan tersebut, MT Yasmeena menggandeng pihak sponsor untuk memberikan dana sebesar 10 juta rupiah kepada Masjid Al-Mukarromah.

Berbagi donasi ke masjid Al-Mukarromah, Jalan Prof. Sutami, Bandung

Kunjungan Ke Lapas (Lembaga permasyarakatan) Wanita Sukamiskin, Bandung

Rupanya agenda kegiatan MT Yasmeena pada hari Rabu tersebut lumayan padat, masih ada kegiatan sosial lain yang harus dilakukan yaitu kunjungan ke lapas wanita Sukamiskin, Bandung.

Situasi jalanan kota Bandung yang cenderung macet menjelang sore hari, tidak menjadi halangan bagi ibu-ibu MT Yasmeena untuk terus menabur benih kebaikan.

Berbagi takjil gratis
Di perjalanan menuju lapas wanita Sukamiskin, MT Yasmeena menyempatkan untuk mampir ke posko takjil gratis yang ada di Jalan Buah Batu dan menitipkan 125 pax tajil untuk dibagikan secara gratis di sepanjang jalan raya.

FYI kegiatan kunjungan ke lapas wanita Sukamiskin merupakan bagian dari acara buka bersama dengan 300 warga binaan lapas, yang diprakarsai oleh MT Rinduku Baitullah berkolaborasi dengan MT Yasmeena dan majelis taklim lainnya sebagai event gabungan.

Ibu-ibu MT Yasmeena bersama ibu-ibu MT Rinduku Baitullah
Alhamdulillah dalam kolaborasi ini beberapa majelis taklim saling berpartisipasi dan berbagi bersama. Indahnya kebersamaan, indahnya berbagi di bulan Ramadhan.

Berkah dari Allah, semua kegiatan sosial ramadhan ibu-ibu MT Yasmeena bisa berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menginspirasi sekaligus bisa menyentuh hati pihak lain untuk bisa melakukan hal yang sama.
Ibu Rina Rofina Mochtar (kedua dari kiri) bersama beberapa perwakilan anggota MT Yasmeena di lapas wanita Sukamiskin, Bandung
Oya, di luar bulan Ramadhan, MT Yasmeena juga mengadakan pengajian rutin bulanan lho, yang terbuka untuk umum alias gratis. bertempat di Masjid agung Trans studio, Jalan Gatot Subroto no 289, Bandung dan diadakan setiap hari Rabu, minggu ke empat setiap bulannya.

Semoga kegiatan positif ini dapat menjadi sarana dakwah yang senantiasa memberikan banyak manfaat. Alhamdulillah.







Comments

  1. Keren ya majlis taklim ini. Sudah banyak santunan dan kegiatan yang dilakukan. Semoga tetap terjaga dan istiqomah
    Jangkauannya kalau bisa lebih meluas lagi ke daerah yang sangat membutuhkan

    Amin

    ReplyDelete
  2. Kegiatan seperti ini semoga jadi inspirasi buat yang lain..Ramadhan sebentar lagi berakhir bakal rindu dengan Ramadhan tahun mendatang.

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya, aku penasaran yang demo bareng wardah, seru banget kayaknya. Kompak pengurusnya :)

    ReplyDelete
  4. Keren ya MT Yasmeena Bandung ini. Bikin malu saya sebagai emak-emak yang kuuleun dan pemales. Semoga banyak yang tersentuh dan terpanggil untuk melakukan hal serupa seperti yang dilakukan MT Yasmeena Bandung. :)

    ReplyDelete
  5. Berkah selalu ya ibu2 MT Yasmeena

    ReplyDelete
  6. Barakallahu fiik, teh Gita...bisa berdakwah melalui tulisan.
    Jadi mulai sekarang harus lebih berhati-hati, karena bisa jadi tulisan kita itu justru menjadi ladang ibadah atau ladang dosa kita.
    Begitu yaa, teh?

    ReplyDelete
  7. Kegiatan yang bermanfaat sekali mba. Semoga tidak hanya di bulan ramadhan kita berlomba-lomba berbuat kebaikan

    ReplyDelete
  8. Aamiin ya Allah. Asiknya ya, bisa ikut pengajian rutin bahkan di luar bulan Ramadhan. Kalau dekat aku pingin sesekali datang

    ReplyDelete
  9. pertemuan saat ramadhan memang banyak ragamnya, bisa tausiyah, promo produk kecantikan, hingga donasi.. yang barangkali jarang dihidupkan ketika diluar bulan ramadhan.. :)

    ReplyDelete
  10. Seru banget ini, selain berbagi dibulan ramadhan juga ada kegiatan lainnya yang bisa mendukung ya mbak. Apalagi sambil bersilaturahim seperti ini ya

    ReplyDelete
  11. Wah, seru sekali majelis taklimnya. Belajar dan berbagi bersama. InsyaAllah kegiatannya membawa manfaat untuk masyarakat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts