Skip to main content

Program Kampanye Rokok Harus Mahal Melalui Siaran Radio KBR

Di era seperti saat ini kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi, baik itu dari internet, televisi, surat kabar maupun radio.

Ya, selain memutarkan lagu-lagu favorit, radio adalah salah satu sumber informasi yang juga menyiarkan informasi-informasi bermanfaat mengenai isu-isu penting yang sedang terjadi saat ini.


Mulai bulan Mei s/d Agustus 2018, Kantor Berita Radio (KBR) selaku penyedia program berita untuk lebih dari 600 radio, mulai Aceh sampai Papua (serta radio di Asia dan Australia), mengadakan program  Radio Ruang Publik KBR yang mengangkat tema mengenai program #rokokharusMahal #rokok50ribu

Dan pada hari Rabu, 06 Juni 2018 lalu, tema yang dikupas dalam serial kedua talkshow #rokokharusmahal edisi ke-4 tersebut adalah tentang Kemiskinan, Dampak Rokok Murah dan Capaian SDGs.


Acara tersebut dipandu oleh Arin Swandari, menghadirkan nara sumber bapak Dr. Arum Atmawikarta, MPH selaku Manager Pilar Pembangunan Sosial Sekretariat SDGs Kementrian PPN/Bappenas serta bapak Tulus Abadi, ketua pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). 

Acara talkshow yang diadakan mulai pukul 09.00 s/d 10.00 wib itu merupakan bagian dari serial kampanye #rokokharusmahal yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengingatkan, bahwa harga rokok yang saat ini memang masih sangat murah, bisa membuat konsumsi rokok semakin tak terkendali termasuk pada anak-anak dan keluarga miskin.

Melalui siaran radio yang disiarkan di 100 radio jaringan KBR tersebut, banyak pendengar dari berbagai kota di Indonesia yang ikut berpartisipasi tentang pembahasan seputar tema #rokokharusmahal melalui saluran live interaktif 0800-140-3131 dan 0812-118-8181. 

Rokok Dan Siklus Kemiskinan

Berbicara soal rokok, sudah menjadi rahasia umum kalo rokok memiliki efek buruk pada kesehatan. Bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti penyakit pernapasan, penyakit jantung dan lain sebagainya, bahkan yang menyeramkan seseorang yang berada di lingkungan perokok bisa ikut terpapar penyakit tersebut karena sudah menjadi perokok pasif.

Namun walaupun demikian, jumlah orang yang merokok di sekitar kita masih sangat tinggi, seperti yang disampaikan oleh Pak Jalal, dari Koalisi Bersatu Melawan Kebohongan Industri Rokok, bahwa sekitar 67% pria dewasa di Indonesia adalah perokok aktif, termasuk didalamnya kaum buruh, petani dan nelayan. Bahkan dalam 7 tahun terakhir proporsi kelompok miskin yang merokok pun meningkat. Waduh..miris juga ya. 

Adanya unsur adiksi (zat nikotin pada tembakau) serta keterjangkauan (harga rokok yang sangat murah karena bisa dijual secara eceran-per batang) menjadi latar belakang mengapa mereka cenderung mengabaikan kebutuhan lain yang lebih penting seperti pendidikan, gizi & kesehatan.

Banyak dari mereka yang belum sepenuhnya menyadari bahwa efek jangka panjang konsumsi rokok yang berlebihan, bisa membuat mereka jatuh sakit dan dapat berpengaruh pada produktifitas dalam bekerja sehingga bisa mengakibatkan berkurangnya penghasilan. Sementara di satu sisi mereka membutuhkan banyak biaya untuk pergi berobat ke dokter.

Hal tersebut merupakan sebuah siklus kemiskinan yang harus segera diatasi. Dalam hal ini peran serta pemerintah dan semua pihak terkait memegang peranan yang sangat penting.

Rokok dan SDGs (Sustainable Development Goals)

Berkaitan dengan masalah rokok dan kesehatan, pemerintah memiliki sebuah program tujuan pembangunan berkelanjutan yang harus dicapai. Dalam bahasa Inggris program tersebut dikenal dengan sebutan SDGs (Sustainable Development Goals). SDGs ini merupakan 17 tujuan pembangunan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi.

Adapun 4 poin penting dalam SDGs yang berkaitan dengan masalah konsumsi rokok meliputi : 1). kebijakan tentang kemiskinan, 2). kebijakan tentang pangan & gizi, 3). kebijakan tentang kesehatan (termasuk diantaranya tentang pengendalian tembakau) serta 4). kebijakan tentang pendidikan. 

Melalui talkshow tersebut pak Arum menyampaikan bahwa masalah pengendalian tembakau yang erat kaitannya dengan pencapaian SDGs memang cukup kompleks, karena meliputi banyak bidang / lintas bidang. Dimana kebijakan lintas bidang tersebut harus dilakukan secara kontinyu (terus-menerus) dan harus ada sinergi satu sama lain.

Di lapangan sendiri ditemukan beberapa fakta menarik seperti jumlah petani rokok yang ada di Indonesia itu sebenarnya hanya sedikit, sehingga 67% bahan baku rokok diperoleh melalui impor. Adapun dalam hal ini dinas Perdagangan dan dinas Perindustrian memiliki peran penting dalam mengendalikan proses masuknya bahan baku rokok tersebut. 

Dan banyak kendala lain yang dihadapi seperti adanya kekuatan ekonomi dari pihak produsen, faktor politis (harga cukai yang besar, dimana cukai memiliki filosofi sebagai salah satu instrumen pengendalian), dan harus adanya revisi Undang-Undang mengenai harga rokok #rokokharusmahal.

Serta masih banyak kendala-kendala lain yang masih kita hadapi sehubungan dengan masalah konsumsi rokok ini.

Hal Yang Bisa Dilakukan Dalam Rangka Mendukung Program #RokokHarusMahal

Untuk mendukung terwujudnya program #rokokharusmahal sebagai salah satu pengendalian konsumsi rokok di kalangan miskin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti  membuat petisi yang ditandatangani oleh 5000 orang wanita yang setuju dan mendukung akan program #rokokharusmahal. Petisi yang dibuat sebagai salah satu bentuk desakan dari suara publik kepada pemerintah tersebut bisa diakses melalui change.org/rokokharusmahal. 

Atau buat kamu yang hobi menulis, yuk ikuti lomba blog nya dengan cara membuat artikel bertema #rokokharusmahal. Terbuka bagi seluruh blogger Indonesia. Dengan ketentuan lomba sebagai berikut :


1.    Follow akun social media KBR : Facebook Kantor Berita Radio – KBR ; Twitter @haloKBR dan @beritaKBR serta Instagram @kbr.id
2.    Tulisan sesuai tema pembahasan dalam talkshow. Talkshow edisi 3 - diadakan pada tanggal 30 mei 2018 (dengan batas waktu tanggal 06 juni 2018). Talkshow edisi 4 diadakan pada tanggal 06 juni 2018 ( batas waktu tanggal 13 juni 2018) dan talkshow edisi 5 akan diadakan pada tanggal 20 juni 2018 mendatang (dengan bats waktu tanggal 27 juni 2018).
3.     Upload tulisan di blog pribadi dengan memuat frase : *program radio ruang public KBR, hashtag #rokokharusmahal, #rokok50ribu serta link back ke website www.kbr.id
4.   Kirim link blog ke email ruangpublikkbr@gmail.com dengan subject LOMBA BLOG, sertakan juga biodata anda (nama, domisili, akun medsos, Twitter, FB, IG dan nomor HP).
5.     Share tulisan di blog ke media sosial anda dengan mention salah satu akun media sosial KBR dan mencantumkan #rokokharusmahal #rokok50ribu
6. Blogger diperbolehkan mengirimkan tulisan untuk semua episode talkshow (ada 8 episode yang akan dihadirkan hingga Agustus 2018).
7.       Pemenang akan dipilih oleh juri dari KBR.
8.      Tiga tulisan terbaik dari tiap episode akan dilombakan lagi di akhir program untuk dipilih oleh dewan juri menjadi juara 1,2 dan 3. Dengan total hadiah 17 juta rupiah. Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
9.     Pendaftaran paling lambat ditunggu 7 hari setelah talkshow.
 
  Mudah-mudahan program #rokokharusmahal #rokok50ribu ini dapat disosialisasikan dengan baik  melalui bantuan sosial media, sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan mulai peduli serta mendukung terealisasinya program ini.
            Oya, berikut ini rekaman acara talkshow tanggal 06 juni 2018 yang bisa anda simak melalui https://www.facebook.com/beritaKBR/videos/1774050292630274/

Yuk kita dukung sama-sama kampanye program RokokHarusMahal ! 

Comments

  1. Saya dukung penuh kampanye #RokokHarusMahal. 🤗

    ReplyDelete
  2. Harus! Rokok memang harus mahal, untuk merokok pun jadi seperti sesuatu yang langka. Buat seperti itu. Aku dukung.

    ReplyDelete
  3. paling kesel sama sesama pengguna motor, terus mereka teh ngerokok sambil bawa motor. pernah itu mah puntungnya di buang terus kena muka sha. kaget banget. Untung pake kaca helm. Mana masih ada apinya :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.