5 Restoran Favorit di Bandung yang Makanannya Ngangenin


 restoran favorit di bandung
 
Bandung memang terkenal akan kulinernya yang beragam, enak dan murah. Dari sekian banyak jenis kuliner yang ada di Bandung, ada beberapa makanan yang meninggalkan kesan 'tak terlupakan' di lidah saya. dan berhasil bikin saya kangen pengen mencicipi makanan itu lagi.

Seperti halnya di 5 restoran favorit di Bandung berikut ini.  Di 5 restoran ini ada jenis makanan yang bikin saya inget terus dan ngangenin, seperti 

      1. Yogurt Cisangkuy

 
yogurt cisangkuy
foto : IG @racheldjuanda


Salah satu restoran yang sudah berdiri sejak jaman saya sekolah dulu. Sesuai namanya yogurt cisangkut ini berlokasi di jalan Cisangkuy (sekitar 50m dari gedung Sate). Selain terkenal akan minuman yogurt homemade nya yang asem-asem seger. 
 
Di resto yogurt Cisangkuy ini juga ada salah satu makanan favorit saya yaitu kentang goreng sosis. Hmm, perpaduan rasa kentang goreng, sosis goreng dan sambal tomat khas resto yogurt Cisangkuy ini memang perfecto banget. Duh sambil nulis ini saya jadi mulai ngences deh haha.


      2. The Food Opera

The Food opera adalah salah satu restoran favorit yang menyajikan menu makanan khas Arab. Dan saya suka banget makanan berbumbu yang kaya rempah. Kayak nasi kebuli atau kebab. Selain daging kambing bakar yang menjadi andalan restoran Food Opera, rasa nasi kebulinya juga enak banget. 
 
Bumbunya pas dan cocok dengan lidah saya. Dan yang bikin tambah istimewa semua makanannya di resto The Food Opera dihidangkan dalam peralatan makan yang unik ala Timur Tengah, kayak nampan seng atau piring dengan motif cantik ala mediteranian. 

menu di food opera
Aneka menu khas Timur Tengah di restoran Food Opera. Enak-enak semuanya nih | foto ; @sarrahgita



     3. Café Bali

Berada di jalan Riau, yang merupakan salah satu kawasan kuliner di Bandung, café Bali sering dikunjungi oleh para wisatawan. Café Bali menyajikan berbagai macam jenis makanan lokal khas Indonesia. Dan yang menjadi favorit saya adalah menu gado-gadonya. Bumbu kacangnya itu yang bikin kangen. Beda sama bumbu kacang biasa. Teksturnya lebih encer dan lembut.
 
Oya, kalo ke cafe Bali saya juga pasti pesan menu kolak campur. Salah satu menu yang juga wajib dicoba kalo berkunjung ke cafe Bali. Dan menariknya kalo biasanya kolak identik dengan bulan ramadhan. Menu kolak yang satu ini selau tersedia di cafe Bali. 

kolak campur
Kolak campur khas cafe Bali | foto : @myculinarytrip



Selain aneka makanan yang lezat di cafe Bali juga terdapat sebuah toko semacam art shop gitu yang menjual souvenir, lukisan dan berbagai macam oleh-oleh yang menarik.

     4.Warung Taru

 



Untuk man-teman yang suka makan bakso di Warung Lela (Kedai bakso di kawasan Cigadung yang bernuansa kayu yang nyaman dan bikin betah) tentu familiar juga dengan nama warung Taru. Karena pemilik dua warung tersebut adalah orang yang sama. 
 
Memiliki konsep warung yang homy dengan nuansa kayu membuat suasana di warung Taru ini sedikit berbeda. Apalagi didukung oleh pemandangan ke arah Dago Punclut. Yang menarik warung Taru ini selalu ramai oleh pengunjung walaupun tidak dipasang plang nama. 
 
Buka sejak pukul 08.00 pagi warung Taru menyajikan menu sarapan simple seperti nasi pecel. Dan yang menjadi favorit saya adalah menu pisang gorengnya. Pisang goreng tanduk yang ditaburi palm sugar cocok temen ngobrol seru sambil minum teh.

     5. Sindang Reret

 
sindang reret menu
Ikan gurame goreng khas SIndang Reret | foto : IG @sindangreretgroup


Sindang Reret adalah sebuah restoran khas Sunda yang terkenal di kota Bandung. Berlokasi dekat lapangan Gasibu menjadikan restoran Sindang Reret mudah untuk dijangkau. Dan tentu saja yang menjadi menu favorit di rumah makan khas Sunda adalah menu-menu makanan seperti ikan asin, sambal goreng, karedok, pete, atau jengkol. 
 
Wih, kalo udah makan sama menu-menu tersebut dijamin pasti bakalan nambah nasi lagi haha. Dan menu favorit saya di restoran Sindang Reret adalah mie gorengnya. Enak banget. Recommended deh pokoknya.

Nah, share juga yuk restoran mana aja yang jadi favoritnya man-teman. dan suka bikin kangen pengen makan makanan di restoran tersebut.


13 Comments

  1. aku cuma tahu no 1 n 5. kudu sering2 main ke bandung nih :D

    ReplyDelete
  2. ulalaaa..lihat foto pertama langsung pengen terbaaaang ke Bandung tuk mencicipnya..hehe.. Bandung memang surgany kulineran ya. izin simpan infonya untuk referensi saat kd Bandung kapan2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mba Mechta..kuy kulineran di Bandung mba

      Delete
  3. baca ini saya jadi kangen yogurt Cisangkuy deh. Dulu rajin kesana , makan yogurt asem rasa anggur di gelas, makannya sosis ama kentang goreng ( yang di rumah saja juga bisa bikin) tapi disana rasanya beda. Terus naik kuda dan beli kue cubit di depannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh naik kuda plus beli kue cubit pas ke Cisangkuy mah is a must itu hehe. tuh kan setuju khan kalo rasa kentang gorengnya beda..lebih yummy

      Delete
  4. Wah tahun 2011 atau 2012 aku makan malam di dago atas, lupa namanya apa. Landscape ya mirip dengan foto mbak gita deh, kenangan banget makan malam sama teman2 berbagai universitas.
    Siangnya juga minum yogurt Cisangkuy dan ke museum apa ya yang di jalan Asia Afrika itu kalau ga salah. Wah udah lama banget nih.
    Duh jadi kangen Bandung deh mbak.

    ReplyDelete
  5. Aku baru sekali ke Bandung dan belum sempat kulineran. Ini sepertinya makanan rekomended semua ya mbak. Jadi nanti kalau ke Bandung saya gak bingung mau makan dimana. Tinggal buka aja blog mbak gita ^_^

    ReplyDelete
  6. makin kangen sama bandung mba, sudah lebih dari setahun gak kesana. apalagi surga banget yah kuliner di bandung tuh enak-enak dan banyak sekali pilihan, 5 referendi diatas aku belum pernah ada coba, jadi makin ngiler deh

    ReplyDelete
  7. Fix harus kesana semuanya. Selama di Bandung belum pernah ke tempat yang mbak sebutkan. Apalagi ikan gurame bikin ngiler mbak kenyang kriuk-kriuk ditambah sambal sunda mantap.

    ReplyDelete
  8. Cisangkuy dan sindang reret, baru dua tempat yang pernah dikunjungi, menurut saya sindang reret bisa jadi solusi dan rekomendasi untuk tempat kumpul dan tempat makan bareng keluarga besar. Tapi ya itu baru opini saya saja,hehee

    ReplyDelete
  9. Wahhahah kalau udah menyebut daerah kotanya, langsung lidah otomatis merasakan makanan atau minuman yang pernah dicicipi disana. Kalau meninggalkan kesan yang enak atau gak pasti bakal terkesan dan tak terlupakan sekali yah hihi. Akupun juga biasa gitu, malah 1 makanan atau minuman saja walaupun cuma dikit, bisa menjadi cerita 1 skripsi kayaknya hha :D

    Kalau ke bandung harus dicoba di makanan atau minumannya, pasti bakal rindu banget kalau udah lama gak makan atau minum itu lagi hihihi :D

    ReplyDelete
  10. duh aku terakhir ke bandung kayaknya 10 tahun yang lalu dan nggak sempat wisata kuliner di sana. penasaran nih sama restoran-restoran yang disebutkan di atas. dulu pernah tinggal di bandung pas masih SD dan makanan kesukaan cuma batagor kayaknya. hehe

    ReplyDelete
  11. Cafe bali kayaknya unik ya.
    Aku paling demen soalnya sama kolak dan kolang kaling. Kalo nunggu ramadhan dulu mah lama

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .