Iklan Google Adsense : Belajar Memaksimalkan Pendapatan Melalui Iklan #KEBelajarXProps

by - February 28, 2019

Sejak bergabung dengan komunitas blogger, banyak sekali ilmu baru yang saya peroleh yang berkaitan dengan kegiatan blogging. Kegiatan blogging tak hanya sekedar menuangkan segala hal yang ada di pikiran kita melalui tulisan dan mempostingnya di internet. Namun melalui blogging kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui postingan berbayar ataupun melalui iklan. . 

Ya sebagai seorang blogger kita bisa memaksimalkan blog yang kita miliki dengan memasang iklan di blog milik kita. Permohonan untuk memasang iklan tersebut bisa kita ajukan melalui sebuah platform yang bernama google adsense.

Sebenarnya saya sendiri baru berkenalan dengan google adsense ini dan belum tahu banyak tentang fitur-fitur apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui iklan tersebut. Dan ketika dapat informasi kalo komunitas KEB (Kumpulan emak blogger) akan mengadakan sebuah kegiatan #KEBelajar yang membahas soal iklan google adsense ini, saya pun langsung tertarik dan ingin tahu lebih banyak lagi. 


Belajar bersama Komunitas KEB Kumpulan Emak Blogger #KEBelajar



Karena ada kaitannya dengan iklan, di acara #KEBelajar kali ini KEB berkolaborasi dengan ProPs (PT Promedia Punggawa Satu) sebuah perusahaan yang bergerak di bidang periklanan yang fokus di media internet.  ProPs merupakan partner google (google channel partner for publisher) yang didirikan pada tahun 2016 oleh Edi Taslim dan Ilona Juwita yang sudah memiliki pengalaman selama 15 tahun di industry Publishing.  Jadi tak heran kalo beberapa publisher besar seperti Hipwee, Female Daily, Mommies Daily, Gue Sehat, Bareksa, Boombastis dan Resep Koki sudah menggunakan jasa ProPs.

Di acara #KEBelajar ini hadir Mba Mira Sahid selaku founder Komunitas KEB serta Mba Ilona Juwita dari ProPs sebagai pemateri yang mengulas tentang monetisasi ala blogger dan hal-hal penting apa yang harus kita perhatikan apabila kita ingin memaksimalkan pendapatan lewat iklan. 


Di awal acara Makpon Mira Sahid mengulas tentang pentingnya Personal Branding

Sebagai Google channel partner, ProPs dapat memanfaatkan Google double click exchange* untuk monetisasi inventory iklan publisher | info lengkap www.props.id



Ilona Juwita, Founder Props


5 Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Lewat Iklan #KEBelajar x ProPs


Berdasarkan pemaparan mba Ilona ada 5 poin penting yang harus kita perhatikan apabila kita ingin memaksimalkan pendapatan lewat iklan (google adsense) :

  1. Mobile first , artinya pilihlah template blog yang mobile look (mobile friendly) karena saat ini sebagian besar orang mengakses internet melalui smartphone nya. Jadi pastikan tampilan blog kita mobile friendly supaya bisa diakses dengan cepat serta dapat dibaca dengan baik dan nyaman oleh para pengguna internet.
  2. Tidak menaruh ads widget di sebelah kanan. Ads widget alias advertiser widget adalah widget iklan yang bisa kita pasang di blog kita sesuai kebutuhan. Sebaiknya kita tidak menaruh ads widget tersebut di sebelah kanan dengan pertimbangan apabila kita menggunakan fitur mobile friendly maka ads widget yang berada di sebelah kanan tersebut, otomatis akan turun ke bagian bawah. Dan berdasarkan pengalaman posisi ads widget yang ada di tengah-tengah artikel biasanya memiliki peluang untuk lebih banyak di klik oleh pembaca dibanding ads widget yang ada di bagian bawah.
  3. Manfaatkan ads manager. Di dalam fitur google adsense terdapat fitur ad manager yang bisa membantu kita dalam mengatur iklan yang ditampilkan versi mobile di blog kita. Dengan memanfaatkan ad manager iklan yang kita pasang akan lebih tepat sasaran dan bisa mendapatkan lebih banyak klik.
  4. Kenali masalah utama terkait monetisasi iklan, seperti website performance ( jumlah trafik dan kualitas website), layout & desain website (ukuran iklan, viewability rendah), optimalisasi platform iklan (adsense  atau ad exchange) dan page latency (terlalu banyak plugin).


  5. Miliki konten menarik yang berlaku untuk global audience.  Dalam hal ini milikilah blog atau website yang bisa dinikmati oleh seluruh pembaca di seluruh dunia. Jujur hal ini tidak pernah terfikir sebelumnya oleh saya. Duh jadi berasa kudet banget nih. Hehe. Padahal nyatanya pengguna internet itu sangatlah luas sekali, tak hanya di Indonesia saja. Jadi mba Ilona menyarankan alangkah lebih baik apabila kita memiliki blog atau website berbahasa Inggris (bahasa yang umum digunakan di seluruh dunia). Kita bisa memilih tema yang ever green (tema global) seperti tentang travelling, tentang hobby (Do It Yourself) dan masih banyak lagi. Dan apabila kita memiliki keterbatasan dalam bidang bahasa, kita bisa bekerjasama dengan jasa penerjemah. Bagaimana tertarik?

So kesimpulannya dunia blogging ini sangat luas dan sangat menarik, masih banyak hal-hal yang harus kita pelajari dan harus kita praktekkan, apabila kita ingin memaksimalkan pendapatan melalui iklan atau bentuk monetisasi blogger lainnya.  

Kesan Mengikuti Acara #KEBelajar


Oya kegiatan #KEBelajar ini adalah acara kedua bersama KEB yang saya ikuti setelah acara arisan ilmu bersama emak blogger heits Anisa Steviani yang diadakan pada tahun 2017 lalu. Alhamdulillah materi yang diberikan sangat bermanfaat karena erat kaitannya dengan dunia blogging. Jujur saya pengen tahu lebih banyak soal monetisasi blog melalui iklan google adsense ini. Tempo hari waktunya terasa sangat singkat, apalagi belajarnya sambil ditemenin cemilan enak ala cafe Ngopdoel. Jadi agak-agak kurang fokus gitu jadinya hihi.




Kuis seru berhadiah di tengah acara






Mudah-mudahan akan lebih banyak lagi acara-acara bermanfaat lainnya yang diadakan oleh KEB.
.
Thankyou KEB ! Thankyou ProPs !


 


Instagram ProPs : @props_indonesia







You May Also Like

2 comments

  1. Hohoho iya ya, ga kepikiran soal penempatan iklan tuh jangan di sisi kanan. SOalnya kalau emang bener jadi geser ke bawah kalau udah set tampilan mobile. Baiklah kalau nanti mau apply iklan adsense ku taruh di tengah postingan aja, secara proporsional pastinya

    ReplyDelete
  2. bagus sekali pengalamannya... Saya mau tanya, Apakah dibolehkan memasang iklan adsense pada widget sticky (khusus tampilan desktop, bukan di mobile) untuk meningkatkan viewability iklan?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.