Traveling Saat Pandemi Ikut Virtual Tour Ke Korea

Sarrahgita.com - Traveling saat pandemi kayak sekarang. Mungkin ga sih? Sebuah pertanyaan yang bisa saya jawab dengan jawaban “Mungkin bangeet doong. ‘


Lho kok bisa? Kan ga boleh kemana-mana. Kan harus stay at home. Iya sihh..tapi Sabtu (19/09/20) lalu saya ngalamin sendiri traveling saat pandemi dengan ikut virtual tour ke Korea.


Ya, bersama dengan 30 orang teman lainnya akhirnya saya bisa merasakan ‘traveling’ lagi. Dan ga tanggung-tanggung travelingnya langsung ke luar negeri. Tepatnya ke kota Seoul, Korea Selatan.


Sebenernya saya ga nyangka kalo saya bakalan berhasil ikut wisata virtual ke Seoul, Korea. Virtual tour pertama saya ini diadakan oleh Komunitas ISB (Indonesian Social Bloggerpreneur) bekerjasama dengan Wisata Kreatif Jakarta, sebuah tour organizer yang memfasilitasi kegiatan tour virtual ke berbagai tujuan baik dalam maupun luar negeri.


Berbekal rasa penasaran tentang virtual tour, tempo hari saya memberanikan diri untuk ikut tantangan posting foto terbaik di Instagram dengan menuliskan caption (kata pengantar) tentang drama Korea (drakor) favorit. Hmm. Padahal saya jarang banget nonton drakor nih.

 

Tapi pucuk dicinta ulam pun tiba. Setelah colak-colek ke beberapa orang temen minta rekomendasi drakor favorit dan kemudian nonton drakor secara marathon, saya pun terpilih untuk bisa jalan-jalan virtual ke Korea secara gratis. Yeay !


virtual tour

Apa Itu Virtual Tour?



Di situasi seperti saat ini banyak orang yang sudah mulai jenuh, beraktivitas hanya di rumah dan tentu saja butuh liburan. Nah virtual tour atau wisata virtual sepertinya bisa menjadi salah satu solusi buat kita para traveller yang tetep ingin jalan-jalan walaupun posisi kita yang sebenarnya tetap berada di rumah.


Virtual Tour  (Wisata virtual) adalah wisata lewat dunia maya yang dapat kita akses melalui perangkat komputer atau ponsel. Para pemandu wisata bersertifikat akan memandu dengan memberikan banyak cerita dan penjelasan interaktif yang menyenangkan.



Saya sendiri pertama kali mendengar istilah virtual tour ini kira-kira satu bulan yang lalu. Dari sebuah group WA yang membagikan flyer tentang virtual tour ke sebuah negara di Eropa. Dan ternyata tour guide nya adalah kakak angkatan saya di kampus dulu. Hmm, saya jadi teringat cita-cita saya yang belum kesampean pernah pengen jadi tour guide juga hehe *eh jadi curcol.


Tempat yang menjadi destinasi wisata virtual ini biasanya adalah negara-negara yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan seperti Jepang, Italia, Paris, London, Korea, Istanbul dan sebagainya. Walaupun ada juga beberapa tour organizer yang menyediakan virtual tour dengan destinasi wisata lokal ke kota-kota di Indonesia.  Seperti kota Jakarta, kota Makassar, kota Bandung, Pontianak (kota Khatulistiwa) dan lain-lain.


Di Jakarta banyak juga lho sudut-sudut menarik yang bisa kita jelajahi melalui virtual tour seperti spot hits 90-an di Jakarta, kedai es krim dan toko legendaris di Jakarta, kawasan dengan pengaruh budaya asing di Jakarta serta spot-spot lainnya yang ga kalah menarik seperti Pantai Indah Kapuk (Jakarta Baywalk Town), China Town (Glodok), Jakarta Little Korean alias Senopati dan masih banyak lagi.


Jujur kesan pertama saya ketika mengetahui tentang konsep virtual tour ini adalah ‘Wah kreatif dan menarik juga nih’.


Pengalaman Pertama Tour Virtual Ke Seoul, Korea Bareng Wisata Kreatif Jakarta



Dipandu oleh mba Ira Lathief sebagai tour guide dari Wisata Kreatif Jakarta, ada delapan lokasi yang saya ‘kunjungi’ di kota Seoul. Yaitu Gyeongbok Palace (istana peninggalan kerajaan Korea), Cheongye Stream (sungai di tengah kota kebanggaan orang Korea), Hanok Village (kampung tradisional Korea), Gangnam (kawasan elite di Korea), Myeongdong Street (Night Market dan tempat wisata kuliner), Dongdaemun (tempat belanja yang sering dikunjungi oleh para turis), Seoul Tower (menara Seoul dengan ketinggian 480 meter diatas permukaan laut dan dikenal dengan gembok cintanya) serta Nami Island (Pulau cantik tempat lokasi syuting film Winter Sonata).


Semuanya memiliki ciri khas dan daya tarik masing-masing, namun hanya tiga diantaranya yang sangat menarik perhatian saya yaitu istana Gyeongbok, Hanok Village dan Nami Island.


Gyeongbok Palace (GyeongBokKung) atau istana Gyeongbok adalah sebuah istana yang terdapat di sebelah utara kota Seoul. Istana ini termasuk dari lima istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon.Gimana ga besar, istana tersebut berdiri di atas tanah seluas 410.000 meter persegi dan berdasarkan penuturan mba Ira, jumlah kamar atau ruangan di istana Gyeongbok mencapai lebih dari 5000 buah lho. Wihh. Luar biasa yaa.

Kayaknya kalo pengen meng-explore Gyeongbok Palace kita harus mempersiapkan fisik yang kuat plus alas kaki yang nyaman. Jangan sampe pingsan kecapean hehe.


Istana Gyeongbok yang pertama kali didirikan pada tahun 1394 ini adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Sempat hancur pada tahun 1592 dan dibangun lagi pada tahun 1860-an, saat ini Gyeongbok Palace dibuka untuk umum dan di dalamnya berdiri sebuah museum nasional rakyat Korea (National Folk Museum of Korea).


Selain bisa masuk ke dalam museum, pengunjung yang datang ke Gyeongbok Palace bisa melihat upacara rutin yang dilakukan oleh para penjaga istana. Upacara tersebut diadakan setiap hari persisnya sehari 3x yaitu setiap jam 11.00, jam 13.00 dan jam 15.00.


gyeongbok palace
foto : Klook.com


Btw kalo liat ritual upacara di istana kerajaan, saya kayak berasa ada dimanaa gitu. Takjub aja lihatnya. Berasa di film-film hehe.


Hanok Village (Bukchon Hanok Village). Sekilas melihat gambar Hanok Village dalam wujud 3 dimensi, hati saya langsung kepincut. Suasana di Hanok Village sungguh membuat saya ingin langsung terbang kesana. Kenapa tidak, Hanok Village adalah sebuah perkampungan tradisional di Korea dengan bentuk bangunannya yang klasik.  Memiliki latar belakang sejarah yang panjang Hanok Village berlokasi di sebuah puncak bukit antara Gyeongbok Palace, Changdeok Palace dan Jongmyo Royal Shrine.



hanok village
Seorang gadis memakai hanbok dengan background Hanok Village..keren yaa | foto : pinterest


Kalo ada rejeki dan umur panjang saya pengen banget bisa berkunjung ke Hanok Village. Merasakan sendiri budaya tradisional Korea, belajar bikin Kimchi (salah satu makanan Korea favorit saya) dan tentu saja foto-foto.mengabadikan pemandangan indah bangunan-bangunan cantik dengan arsitektur khas Korea. I love traditional culture.


Nami Island (Namiseom). Nami Island adalah sebuah pulau yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan. Dengan jarak sekitar 63 km dari kota Seoul, Nami Island bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam apabila menggunakan bus atau kereta api (subway). Disambung dengan naik kapal ferry menuju pulau sekitar 15 menitan.

Nami Island dikenal sebagai lokasi tempat syuting salah satu drama Korea lawas yaitu Winter Sonata (2003). Saya pun jadi penasaran pengen nonton filmnya. Terlepas pernah dijadikan sebagai tempat syuting salah satu drakor hits, Nami Island ini memang menarik untuk dikunjungi dalam setiap musim yang berbeda. 


Dengan ciri khas jalan setapak yang dipagari oleh pepohonan yang berbaris rapi dan pemandangan alam yang indah banyak orang yang ingin melakukan day trip ke sana, termasuk saya ๐Ÿ˜ƒ. 

nami island
foto : Kausik Bishayee


FYI Nami Island ini bentuknya mirip bulan sabit alias setengah lingkaran gitu | foto : Jack Hsu



Dan berdasarkan informasi dari mba Ira, saya baru tahu fakta menarik lainnya kalo di Nami Island kita bisa menyaksikan keindahan bunga Sakura. Bunga Sakura di Korea biasanya muncul di akhir bulan Maret sampai dengan awal bulan April.
Yang membedakan ukuran bunga Sakura di Korea sedikit lebih besar dibanding bunga Sakura di Jepang.Duh saya jadi punya mimpi pengen bisa jalan-jalan ke Korea tuk menyaksikan festival bunga Sakura yang indah.  

 

Baca juga : Pengalaman Tak Terlupakan Jalan-jalan ke Pulau Samalona




bunga sakura
Penampakan bunga Sakura dari dekat | foto : liburankejepang(dot)com

 

Kesan Setelah Ikut Virtual Tour


Virtual tour sama traveling beneran pasti beda dong ya. Tapi jalan-jalan virtual ini lumayan menyenangkan kok. Buat saya bisa tuk recharge otak sejenak dan juga refreshing mata. Walaupun cuma sekilas, wawasan saya menjadi bertambah tentang seperti apa dan ada apa aja sih di kota Seoul itu?  Yang pasti saya happy karena udah mendapatkan pengalaman baru ngerasain traveling saat pandemi walaupun hanya dari depan laptop di rumah hehe.  

 

Sebenarnya durasi 2 jam buat virtual tour itu rasanya bentar banget yak. Saya masih penasaran dengan spot-spot lainnya. Kalo ada kesempatan saya pengen banget lho ikut virtual tour lainnya ke negara-negara lain. Karena ada banyak negara-negara di dunia yang ingin saya kunjungi. Minimal via virtual tour dulu boleh kali ya. Hihi.


Well, bisa jalan-jalan ke tempat wisata yang kita idamkan, walaupun hanya melalui fasilitas online (via aplikasi Zoom) ga ada salahnya untuk dicoba lho. Biaya pendaftarannya pun relatif terjangkau yaitu mulai Rp 35.000 untuk tujuan wisata lokal dan mulai Rp 50.000 untuk tujuan mancanegara.  Kalo penasaran pengen coba silakan intip aja akun ig @wisatakreatifjakarta ya siapa tahu tertarik.


Selamat Jalan-jalan Ya ๐Ÿ˜Š !



Referensi : wikipedia.org

                  wisatakreatifjakarta.com






24 comments:

  1. Senangnya bisa ikut virtual tour ke Korea. Korea penuh dengan budaya dan makanannya sangat spesifik. Tiga hari dua malam cukup untuk menjelajahinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih sebelum berkunjung langsung ke negaranya..jalan-jalan lewat virtual dulu hehe

      Delete
  2. Seru juga tour virtualnya. Padahal aku penggemar drakor. Nanti intip IG nya @wisatakreatifjakarta, deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss intip mba..selain ke Korea banyak juga destinasi menarik lainnya

      Delete
  3. Wuih..tour ke Korea cuma dua jam? Masya Allah. Kayaknya inovasi baru jalan-jalan virtual ini mulai trend pas pandemi ya. Termasuk cara bljar yg fun bingits. Bikin nagih ๐Ÿค—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Yoharisna..virtual tour ini lagi trend di saat pandemi seperti sekarang dan memang bikin nagih :)

      Delete
  4. wah berasa banget ya jalan jalan tour virtualnya ke korea. aku jg kmrn pengen.. tapi apa daya koneksiku lagi parah huhuhu

    ReplyDelete
  5. Boleh juga nih virtual tour nya, ntar ngintip IG nya ah. Btw virtual tour saat situasi seperti sekarang ini membantu banget dan gak kalah menarik karena sudah mewakili, dengan melihat dilayar saja udah berasa berada di tempat tersebut ya

    ReplyDelete
  6. SERUUU BANGET!
    Apalagi buat para penggemar Oppa, BTS dkk
    Pastinya girang nih ikutan virtual tour ke Seoul
    Semoga 2021 bisa tour beneran yhaaa

    ReplyDelete
  7. Aku juga ikutan nih virtualan ke korea. Seru banget sih beneran. Pengen nyoba garlic cheese yang di gangnam

    ReplyDelete
  8. Itinerary nya cakep banget! Bisa saya sontek nanti. Pengin ke Gyeongbokung juga menyusuri Gangnam banyak kuliner asyik! Makasih ulasannya Mba :)

    ReplyDelete
  9. aq pun berkesan nih pas ikutan tur virtual ke korea selatan kemarin, dari yg cuma tau lokasi via drakor akhirnya bisa dpt info lengkapnya juga sejarahnya

    ReplyDelete
  10. Seru bangeeetttt. Saya pun belakangan ini kalau kangen jalan yaudah virtual tour dulu. Mba Ira Latief asik banget sepanjang memandu perjalanan. Saya kemarin ikut virtual tour ke beberapa museum di Jakarta dan dipandu sama beliau juga.

    ReplyDelete
  11. Seru juga ya bisa jalan2, meski hanya virtual. Apalagi kalo yg dikunjungi adalah tempat yg mempunyai nilai historis seperti di Korea Selatan ini, makin bersemangat ikut turnya

    ReplyDelete
  12. Eh pulau Jeju nggak kesebut ya Mbak? yang saya inget kaau korea malah pulau jeju soalnya.. hihi

    Seru pastinya yaaa, meski virtual soalnya ada pemandu wisatanya juga, jadi udah kek beneran gt, bayarnya cuma 5orb pulaaa. bikin nagih yaa Mba Gita

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya pulau Jeju masuk ke initerary virtual berikutnya mba Gina hehe. Iya nihh bikin nagihh

      Delete
  13. seru buat piknik sejenak ya mbak Gita. keren kayaknya klo foto di jalan setapak Nami Island

    ReplyDelete
  14. kalo saya malah pingin virtual tour dalam negeri kaya ke pelosok Papua

    Bahkan Jabarpun banyak yaang bagus sayang transportasinya belum mulus

    Semoga bisa terwujud ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kayaknya seru juga ya virtual tour ke pelosok daerah yang ada di negara kita..destinasi wisata lokal juga sebenernya ga kalah menarik.

      Delete
  15. Kalau orang orang yang senang budaya korea pasti senang srkali bisa ikut tour virtual ini

    ReplyDelete
  16. Ternyata seru ya, Saya belum pernah ikutan virtual tour. Padahal seneng banget Aku nonton drama Korea.

    ReplyDelete
  17. Bener - bener kreatif ini ide usahanya ditengah pandemik seperti saat ini dan bermanfaat buat kita yang ingin sekilas refreshing dengan harga yang terjangkau

    ReplyDelete
  18. Waaah virtual traveling ke Korea. Jadi nambah pengalaman dan pengetahuan ya, Teh :)

    ReplyDelete
  19. seru mbakk, sayangnya aku ga ikutan posting foto, bingung soalnya hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.