Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Melalui CekAja

Salah satu impian saya yang belum terwujud hingga saat ini adalah membuka usaha di bidang kuliner. Jujur kendalanya masih berkutat di urusan keuangan alias permodalan. Sempat terpikir untuk mengajukan pinjaman ke bank tapi saya masih maju mundur. Kira-kira prosesnya lama ga ya? syaratnya ribet ga ya?

Saya pun mencoba mencari informasi bagaimana caranya mengajukan kredit tanpa agunan via bank maupun lembaga non bank. Karena setahu saya sekarang ada juga institusi atau lembaga non bank yang memberikan layanan finansial kepada masyarakat umum.

Setelah browsing di internet saya menemukan salah satu lembaga non bank terpercaya yang memberikan berbagai layanan finansial. Mulai dari pinjaman (kredit dengan agunan & kredit tanpa agunan), kartu kredit, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), kredit kendaraan bermotor, asuransi (asuransi kendaraan, asuransi kesehatan, asuransi elektronik, asuransi perjalanan) hingga tabungan. Lembaga non bank tersebut dikenal sebagai CekAja.com.


pinjaman dana tanpa jaminan

Cara Pinjam Dana Tanpa Jaminan Via Lembaga Non Bank (CekAja.com)



Melalui portal online CekAja.com saya mendapatkan banyak informasi di bidang keuangan termasuk didalamnya bagaimana cara mendapatkan pinjaman dana  tanpa jaminan.

Di web tersebut terdapat info dan tips bermanfaat yang bisa kita baca mulai dari bagaimana solusi mengatasi masalah utang hingga informasi penting yang berkaitan dengan tema keuangan lainnya.

Jadi CekAja.com tidak hanya memberikan layanan finansial tapi juga membantu masyarakat untuk membuat keputusan finansial yang cerdas.

Dan berikut ini cara mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan melalui perusahaan Fintech (financial technology) CekAja.com :

Baca Juga : Kenali dan Pahami Apa itu Fintech

1.    Buka situs resmi CekAja.com
2.    Pilih menu Kredit & pinjaman
3.    Pilih jenis kredit atau pinjaman yang diinginkan (klik Kredit Tanpa Agunan)
4.    Kemudian isi formulir yang telah disediakan dengan lengkap dan jelas
5.    Tunggu proses approve kurang lebih 3-4 hari kerja

Wih prosesnya relatif cepat juga ya. Tapi selain itu tentunya ada syarat lain yang harus dipenuhi terlebih dahulu supaya kita bisa mendapatkan pinjaman dana sesuai kebutuhan kita. Syarat umumnya seperti debitur haruslah WNI (Warga Negara Indonesia), berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun serta memiliki penghasilan tetap per bulan minimal Rp 2,5 juta
 
Sedangkan untuk syarat khususnya adalah melengkapi kelengkapan dokumen seperti :

1.    Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (jika sudah berkeluarga)
2.    Fotokopi NPWP
3.    Cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir
4.    Surat keterangan kerja & slip gaji asli
5.    Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki)
6.    Salinan SIUP, TDP dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta)
7.    Salinan izin praktik professional
8.    Salinan laporan keuangan (perusahaan/wiraswasta) serta
9.    Materai (untuk mengesahkan dokumen perjanjian kredit)

Keuntungan Pinjam Dana Tanpa Jaminan Via CekAja


“Pinjaman dana tanpa jaminan alias kredit tanpa agunan adalah produk finansial berbentuk pinjaman uang tunai, dimana nasabah/debitur tak perlu menyertakan jaminan untuk mendapatkan dana tunai sesuai kebutuhan”.  


Hmm..untuk persyaratan umum pinjam dana tanpa jaminan via bank dengan via lembaga non bank seperti CekAja.com sepertinya hampir serupa ya.

Namun ada beberapa keuntungan lain yang bisa kita peroleh kalo pinjam via CekAja yaitu :


1.    Prosedur Pengajuan Praktis
Karena CekAja memberikan layanan finansial di bidang online. Calon nasabah  ga perlu datang langsung ke kantornya. Calon nasabah cukup melengkapi semua persyaratan yang diperlukan dan formulir bisa diproses secara online. Lebih praktis dan efisien bukan?

2.    Pencairan Uang Relatif Cepat
Proses pengajuan pinjaman uang untuk produk kredit tanpa agunan di CekAja relatif cepat. Minimal satu atau dua hari kerja. Sedangkan untuk pencairannya sendiri kurang lebih memakan waktu satu minggu saja.

3.    Cicilan Ringan dengan Bunga Kompetitif
Besaran bunga pinjaman via CekAja.com sangat kompetitif mulai 0,65% tergantung besar pinjaman dan waktu tenor pengembalian yang sudah disepakati. Waktu pengembalian biasanya berkisar mulai 3 tahun hingga 5 tahun.

Sekilas Info Tentang CekAja



CekAja.com adalah financial marketplace yang berada di bawah naungan PT Puncak Finansial Utama dan tercatat di Grup Inovasi Keuangan Digital (GIKD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor S-77/ MS.72/2019.

Selain GIKD-OJK CekAja.com juga diatur dan diawasi oleh Bank Indonesia. Dan Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH).

Saat ini CekAja dipimpin oleh Agatha Simanjuntak Ellis selaku President director. Dan memiliki kantor yang beralamat di Millenium Centennial Center Lantai 41 Jl. Jendral Sudirman kav.25 kawasan Kuningan Karet, Jakarta Selatan.

Ya selain harus disetujui dan diawasi oleh OJK serta BI  keberadaan kantor setiap lembaga yang memberikan layanan pinjaman online sangatlah penting.

CekAja lahir sejak bulan November 2013. Namun pengembangan situsnya dimulai pada Januari 2014 dan resmi diluncurkan pada April 2014.

CekAja.com pernah mendapatkan beberapa penghargaan seperti Best Agregator 2016 dari Bank DBS Indonesia, The Winner of Indonesia Digital Innovation Award 2017 category Financial Aggretor/Marketplace Fintech oleh Warta Ekonomi, Pembicara dalam Focus Group Discussion “Peluang dan Tantangan Penerapan Teknologi Informasi di Industri Jasa Keuangan dalam Menghadapi Ekonomi Digital” oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sebagai Partisipan dalam Market Outlook 2017 “Unlocking Opportunities in The Daring Market” oleh Mandiri Investasi.

Kesimpulan


Setiap orang pasti mempunyai kebutuhannya masing-masing. Mulai dari kebutuhan yang mendesak seperti ingin melunasi utang hingga kebutuhan lain yang menyangkut masa depan seperti akan menikah, ingin mengembangkan bisnis dan masih banyak lagi.

Pinjaman dana tanpa jaminan via https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan ini bisa menjadi alternatif pilihan sekaligus solusi. Dengan catatan sebelum menandatangani perjanjian kita harus memperhatikan secara detil perjanjian kredit agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Dan jangan lupa gunakan pinjaman dana yang kita dapatkan dengan bijak dan bertanggung jawab sesuai kebutuhan agar semua urusan kita berjalan lancar.

Baca Juga : Perbedaan KPR Konvensional dan Syariah



pinjaman dana tanpa jaminan

3 Comments

  1. CekAja itu lengkap banget yaah...
    Kayanya semua ada dan informasinya semua update, termasuk cara meminjam dana tanpa agunan.
    Jadi, mau buka usaha di bidang kuliner, teh?
    ((aku mananti..))

    ReplyDelete
  2. Bisa tahu macam-macam info ya di cekaja. Biasanya kalau cari apa gitu suka lihat banyak referensi larinya ke cekaja.

    Semoga lancar buka usahanya ya semoga berkah

    ReplyDelete
  3. cek aja tuh enaknya bisa membandingkan yaa, jadi kita bisa tau mana yang paling pas sesuai kondisi keuangan dan kebutuhan kita. jadi biar ga berlebihan juga mengajukannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .