Wujudkan Impian Finansial dengan Aplikasi Pengatur Keuangan

Mewujudkan impian finansial adalah salah satu hal yang ingin saya capai dalam hidup. Dan untuk mewujudkan hal tersebut ada beberapa tips penting yang harus saya lakukan seperti jangan lupa nabung di awal bulan, berpikir ulang sebelum membeli barang, bikin anggaran pengeluaran setiap bulan serta mencatat pengeluaran dan evaluasi di akhir bulan.

Dari  keempat poin tersebut, Alhamdulillah 3 poin pertama sudah saya lakukan. Tapi ga tahu kenapa giliran urusan pencatatan keuangan (pemasukan dan pengeluaran) saya masih belum konsisten nih.

Saya udah pernah coba menulis manual catatan keuangan di buku tapi kok belum berhasil ya. Sampai saat ini catatan keuangan saya masih amburadul. Duh.

Akhirnya saya pun mencoba sebuah aplikasi pengatur keuangan otomatis yang bisa diunduh di smartphone, aplikasi keuangan android gitu. Ya jaman sekarang ada banyak aplikasi untuk mencatat pengeluaran pribadi keuangan yang bisa diunduh melalui smartphone seperti android dan iOS. 

aplikasi pengatur keuangan android


Aplikasi Pengatur Keuangan Android : Aplikasi Senyumku

Aplikasi pengatur keuangan yang saya gunakan adalah aplikasi Senyumku. Aplikasi yang  bisa saya manfaatkan untuk mengatur keuangan bulanan pribadi maupun mengatur keuangan bulanan rumah tangga.

Aplikasi Senyumku ini memiliki fitur Catat yang memudahkan saya dalam pencatatan transaksi keuangan setiap harinya. Fitur Catat memiliki dua metode yaitu Metode Pencatatan Basic dan Metode Pencatatan Bank Fetching

Metode Pencatatan Basic adalah metode yang akan memudahkan penggunanya untuk mencatat transaksi keuangan dari akun uang tunai (cash), e-wallet dan akun perbankan (bank account) secara manual ataupun otomatis. 

Sedangkan metode Bank Fetching adalah metode yang akan memudahkan penggunanya untuk mencatat transaksi keuangan di bank pilihan dari akun perbankan (bank account) yang akan secara otomatis tercatat.  

Oya yang saya suka, di aplikasi Senyumku ini terdapat fitur alarm pengingat. Sebuah fitur yang bisa mengingatkan penggunanya untuk mencatat transaksi keuangan setiap harinya. 

aplikasi pengatur keuangan android


Selain itu di aplikasi Senyumku juga terdapat menu Laporan yang akan memudahkan penggunanya dalam mendapatkan informasi mengenai :

1. Arus Kas

Informasi terkait dengan Laporan Arus Kas bulan lalu dan Arus Kas bulan ini yang berisi grafik serta total nominalnya untuk kategori Pengeluaran, Pemasukan dan juga Transfer & Terima Saldo

2. Kategori Pengeluaran

Informasi detail terkait dengan kategori Pengeluaran yang dirinci berdasarkan kategori dari hasil transaksi yang dilakukan dari wallet terkait serta nominal transaksinya

3. Kategori Pemasukan

Informasi detail terkait dengan kategori Pemasukan yang dirinci berdasarkan kategori dari hasil transaksi yang dilakukan dari wallet terkait serta nominal transaksinya

4. Transfer & Terima Saldo

Informasi detail terkait dengan Transfer & Terima Saldo yang dirinci berdasarkan hasil transaksi yang dilakukan dari wallet terkait serta nominal transaksinya


Tentang Senyumku 

Senyumku adalah layanan perbankan digital untuk memudahkan kita dalam mengatur keuangan dan juga menabung hanya dalam satu aplikasi.

Senyumku bisa membantu kita dalam mengelola keuangan. Kita bisa menabung, melakukan pembayaran dan juga melakukan transaksi antar bank hanya dalam satu aplikasi dan bisa dilakukan di mana saja.

aplikasi pengatur keuangan android



3 Keuntungan Menggunakan Senyumku


1. Semua Pengeluaran (Aktivitas Belanja dll) bisa Lebih Terkontrol dengan menggunakan fitur Auto Categorization dan fitur Spending Alert.

Aplikasi Senyumku memiliki fitur Auto Categorization dan fitur Spending Alert. Fitur Auto Categorization adalah fitur dimana penggunanya bisa mengkategorisasikan setiap transaksi yang dilakukan secara otomatis. Jadi semua pengeluaran bisa dilacak dengan mudah dan kita tidak perlu bingung lagi kemana sih larinya uang yang kita miliki selama ini.

Sedangkan fitur Spending Alert  adalah fitur yang siap memberikan peringatan jika pengeluaran kita sudah hampir mendekati budget. Jadi engga ada lagi deh istilah ‘dompet bocor’.

2. Keuangan Bisa Lebih Termonitor dengan Mudah Melalui Fitur Spending Meter, Monthly Spending, dan Daily Digest.

Aplikasi Senyumku memiliki fitur Spending Meter, Monthly Spending dan Daily Digest. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membandingkan keuangan saat ini dengan target budget dan rata-rata di bulan sebelumnya.

Nah Senyumku akan melakukan analisa otomatis terhadap pengeluaran-pengeluaran tersebut dan kemudian memberikan rekomendasi cerdas seputar pengelolaan keuangan. Sehingga kita bisa terbantu dalam mengontrol dan memperbaiki keadaan finansial.

3. Jadi Lebih Semangat Nabung dengan Fitur Wish List 

Aplikasi Senyumku memiliki fitur Wish List alias Celengan Senyumku. Dengan Celengan Senyumku kita bisa membuat daftar pos-pos keinginan (wish list) yang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan.

Setelah pos terbuat, kita bisa mensimulasikan alokasi uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk mencapai target pos tersebut. Kebiasaan menabung pun akan terbangun lebih lagi dengan bunga tabungan yang kompetitif  yaitu hingga 5,5%.


Cara Buka Rekening Online Senyumku

Ya selain sebagai aplikasi pengatur keuangan berbasis android, kita juga bisa membuka tabungan alias rekening online. Dan untuk memiliki rekening online di Senyumku caranya sangat mudah. 

Kita tidak perlu pergi ke kantor cabang sambil membawa persyaratan. Proses  pendaftaran bisa dilakukan dimana saja, hanya bermodal ponsel pintar (smartphone) dan jaringan internet saja.

Adapun syarat untuk bisa buka rekening tabungan online Senyumku yaitu berwarga Negara Indonesia (WNI) dan berusia 17 - 55 tahun (memiliki KTP).

Tahapan buka rekening Online Senyumku :

1. Download aplikasi Senyumku dari perangkat android. Untuk saat ini Senyumku baru bisa digunakan di perangkat android. Dan supaya tidak ada kendala pastikan bahwa Android yang kita gunakan adalah Android 5.1.1 ke atas yach.

2. Setelah itu buka aplikasi Senyumku dan klik Daftar

3. Isi data diri beserta alamat domisili dan data-data lain yang diminta

4. Selanjutnya kita akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto selfie.

5. Tunggu hingga tim Senyumku menghubungi untuk proses verifikasi. Oya proses verifikasinya dilakukan dalam bentuk video call banking sebagai salah satu bagian dari proses  KYC (Know Your Customer).

6. Setelah proses verifikasi berhasil (tunggu selama 3-5 menit) maka proses buka rekening online Senyumku selesai dan kamu telah resmi jadi Sahabat Senyumku.


Apakah Senyumku Aman?

Senyumku adalah produk dari PT Bank Amar Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sejak tahun 2014. 

Bank Amar sendiri, sebelumnya sudah memiliki produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) Digital bernama Tunaiku. Dan saat ini Bank Amar terdaftar sebagai peserta penjaminan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).


Penutup

Mudah-mudahan setelah menggunakan aplikasi pengatur keuangan Android Senyumku ini, aktivitas keuangan saya lebih terkontrol dan saya bisa segera mewujudkan impian finansial yang masih tertunda. Semangaat ! 

aplikasi pengatur keuangan android


15 Comments

  1. Wah ada aplikasi pengaturan keuangan yang bisa mencatat sekaligus membuka rekening . Sangat bagus mulai mengatur keuangan dengan teliti dan mencapainya sesuai dengan wish dari apa yang ingin dimiliki.

    ReplyDelete
  2. bagus nih aplikasi Senyumku untuk gaya hidup frugal

    saya kemarin baca cara agar bisa pensiun dini/bebas finansial adalah dengan melakukan gaya hidup frugal

    pastinya dibutuhkan aplikasi yang menunjang , agar kita bisa mengelola keuangan dengan cermat

    dan jawabannya, aplikasi Senyumku

    ReplyDelete
  3. Zaman sekarang aplikasi pengatur keuangan sangat diperlukan, apalagi bagi para perempuan yang suka memburu barang promo tiap bulannya. Rasanya ada barang promo atau diskon di marketplace udah gatal tangan ini pengen check out, wwkwk.

    Aplikasi pengatur keuangan penting sekali yaa untuk bisa melihat cash flow kita, agar tidak keblalasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi betul kak..aku juga baru ngerasain manfaat aplikasi keuangan ini..cash flow jadi lebih terpantau. Belanja online jadi lebih bisa di rem haha

      Delete
  4. Asyeeek bisa cegah dompet bocor. Bisa cepet kaya kita kalo begini terus nih 😄😍

    ReplyDelete
  5. JAdi ikutan semangat dan senyum niih bacanya.
    Bikin aku tertarik dari aplikasi Senyumku ini memiliki fitur Wish List alias Celengan Senyumku, bisa membuat daftar pos-pos keinginan yang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan. Whuaa, langsung banyak wish listnya akuuu..

    ReplyDelete
  6. Wah, sekarang semakin banyak ya aplikasi pengatur keuangan. Masyarakat memang dituntut untuk melek finanasial di saat pandemi seperti sekarang. Btw itu bunga 5.5% per tahun atau per bulan ya mbak?

    ReplyDelete
  7. Mbak, kalau mau pake aplikasi Senyumku ini mesti buka rekening online apa bisa tanpa buka rekening?

    ReplyDelete
  8. Wah keren nih, kemajuan teknologi, membawa kita terbiasa untuk lebih praktis. Sangat cocok untuk aku ini

    ReplyDelete
  9. wah kok sama sh akupun untuk bab perencanaan keuangan biasanya semangat di awal tapi kurang istiqomah di perjalannnya hiks. apa akrena catatanya manual ya. jadinya kurang bisa rapi. apliakis senyumku ini tampaknya bisa diandalakan dnegan fiturnya lumayans esuai kebuthan nih ada nabungnya segala ya pengaturankeuangan berjangka pula ada daily mingguan danbulanan

    ReplyDelete
  10. Wow paket lengkap sih ini. Bisa buat atur keuangan, bisa buat nabung juga. Dan ada reminder nya juga hehe. Menghindari lupa mencatat. Tinggal malasnya aja disingkirkan

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ada aplikasi senyumku ini. Mantep nih, aku biasanya oakai yg satu lagi. Mau coba aplikasi ini ah.

    ReplyDelete
  12. Aplikasi senyumku bermanfaat banget buat Kita yang pengen banget belajar mengatur keuangan ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .