Menikmati Jamuan Malam di Hutan Menyala Tahura Bandung

wisata tahura bandung

Dunia pariwisata memang belum sepenuhnya bangkit. Efek pandemic masih terasa di berbagai bidang. Namun ada sedikit angin segar bagi man-teman yang ingin sedikit refreshing melepaskan penat.

Ya seiring dengan longgarnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) beberapa tempat wisata kembali beroperasi. Khususnya tempat wisata dengan konsep alam atau outdoor.

Di Bandung terdapat banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi bareng teman dan keluarga. Salah satunya adalah wisata Tahura Bandung.


Apakah Tahura Sudah Buka?

Tahura merupakan singkatan dari Taman Hutan Raya. Wisata Tahura Bandung berlokasi di daerah Dago Pakar yaitu sekitar 7 km dari pusat kota Bandung. 

Per 1 September 2021 wisata Tahura Bandung kembali buka. Pengumuman tersebut disampaikan melalui akun instagram resmi @tahuradjuanda.official. 

Sejak pandemic covid-19 melanda, setiap pengunjung yang ingin datang ke Tahura wajib  melakukan reservasi terlebih dahulu melalui layanan online

Tapi karena layanan reservasi online yang tersedia masih belum sempurna, saat ini pembelian tiket dilakukan melalui layanan e-walllet (untuk menghindari terjadinya kontak fisik).


Di Tahura Ada Apa Aja?

Taman Hutan Raya Juanda merupakan sebuah kawasan konservasi alam dan ekowisata yang sangat luas (kurang lebih 590 hektar). Merupakan area hutan pinus, Tahura memiliki beberapa objek wisata seperti Goa Belanda, Goa Jepang, Tebing Keraton, Curug Dago dan Curug Omas.

Banyak orang sengaja berkunjung ke Tahura untuk mengunjungi Goa bersejarah peninggalan jaman Belanda dan Jepang tersebut. Anak-anak pasti suka diajak jalan-jalan ke Tahura sambil berolahraga, berjalan kaki menikmati suasana alam, dan menghirup udara segar. Bahkan di Tahura ada beberapa satwa liar yang bisa kita temui seperti monyet. 

wisata tahura bandung


Wisata Hutan Menyala di Tahura

Setiap harinya wisata Tahura Bandung beroperasi mulai jam 08.00 wib hingga jam 15.00 wib. Dan saat ini Tahura memiliki wisata baru yang sangat menarik yaitu wisata Hutan Menyala. Sebuah petualangan di dalam Tahura yang diadakan di malam hari. Wih bikin penasaran banget ga sih?

Namun mengingat situasi pandemic yang masih belum kondusif, wisata petualangan Hutan Menyala tersebut masih harus ditunda sampai waktu yang belum ditentukan 

Dan sambil menunggu petualangan di Hutan Menyala dibuka (estimasi Oktober 2021), kita masih bisa menikmati segarnya suasana malam di Tahura lho.


Tahura Jamuan Malam 

Di hari Sabtu, 04 September 2021 Tahura mengadakan soft opening untuk sebuah pengalaman kuliner di tengah hutan. Program tersebut diberi nama Tahura Jamuan Malam.

Dan saya pun penasaran untuk datang ke Tahura, ingin tahu bagaimana sih serunya menikmati jamuan makan malam di tengah hutan dengan nuansa Tahura Djuanda yang berkilauan cahaya..

Apalagi jarak dari rumah ke Tahura cukup dekat hanya 5 km-an saja. Saya pun berinisiatif mengajak suami untuk berkunjung ke Tahura Jamuan Malam di hari Minggu malam.

Untuk saat ini jam operasional Tahura Jamuan Malam ini yaitu setiap hari Jumat sampai dengan Minggu. Dengan kuota eksklusif yaitu 125 pengunjung per sesi.

Tahura Jamuan Malam memiliki dua sesi kedatangan, sesi pertama mulai pukul 18.00 wib – 19.30 wib dan sesi kedua mulai pukul 19.30-21.00 wib.

hutan menyala tahura
Saya memilih untuk menikmati jamuan malam di area VIP 


Kesan Makan Malam di Tengah Hutan

Sebuah pengalaman baru buat saya dan suami makan malam di tengah hutan Tahura. Rasanya cukup seru sekaligus deg-degan hehe.

Untuk masuk ke area Jamuan Malam saya dan suami harus berjalan melewati sebuah jalan setapak yang diterangi sedikit lampu. Berasa lagi dimana gitu ya hihi.

Setelah itu kami pun harus melewati sebuah jembatan dengan pemandangan danau di bawahnya. Dan si jembatan tersebut mengeluarkan efek asap-asap gitu. Hmm. Sempet bikin kaget sih haha.  

wisata tahura bandung

Buat man-teman yang sudah pernah berkunjung ke Tahura di siang hari tentu mengetahui area di sekitar pintu masuk Tahura tersebut. Tapi kalo melewatinya di malam hari tentu menjadi sebuah pengalaman tersendiri.

Well, buat man-teman yang ingin merasakan sebuah pengalaman baru yang lain dari biasanya cobain deh wisata Tahura Jamuan Makan Malam ini. 

Ajak pasangan (pacar atau suami) untuk makan malam berdua disana, edisi kencan romantis gitu hehe. Dan sebaiknya no krucil. Menurut saya anak kecil di bawah 5 tahun kurang cocok untuk diajak serta ke hutan yang cenderung gelap dengan udara malam yang relatif dingin.


Harga Tiket Jamuan Malam Tahura

Saat ini harga tiket untuk masuk ke Tahura Jamuan Malam masih dalam promosi dengan harga Rp 76.000/ orang. Dan berlaku untuk usia dua tahun ke atas. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk plus voucher makan malam yang terdiri dari 4 pilihan paket menu makanan dan minuman yang bisa kita pilih sesuai selera.

Dan terdapat menu lainnya yang dapat man-teman pesan di luar paket yang sudah disediakan.

Oya pengunjung dapat memilih lokasi untuk menikmati santapan jamuan malam yaitu di area selasar danau dengan tampilan lampu-lampu gantung yang instagramable dan ada juga lokasi VIP.

Di area VIP pengunjung dikelilingi oleh pohon-pohon tinggi dengan projection mapping berupa nuansa cahaya lampu warna-warni yang memikat.

Pengunjung yang ingin duduk bersantai di area VIP dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 25.000. Tiketnya bisa dibeli melalui website resmi di bit.ly/tahurajamuanmalam.

tahura hutan menyala
Efek sinar lampu bikin pohonnya berubah jadi warna-warni..cantik ya :)


Sekilas Tentang Wisata Hutan Menyala

Wisata Hutan Menyala di Tahura Bandung hadir dari kerjasama Tahura Djuanda bersama  Sembilan Matahari, The Lodge Maribaya, dan Satoe Komunika.


hutan menyala tahura

Sembilan Matahari (NM ) adalah sebuah studio interdisipliner di Bandung. Karya mereka melibatkan eksplorasi audiovisual dan multimedia yang memiliki akar dalam desain, pembuatan film dan teknologi digital yang diterjemahkan ke dalam projection mapping, pengalaman digital dan pameran serta instalasi imersit.

The Lodge Maribaya merupakan bagian dari The Lodge Group. Saat ini the Lodge Group memiliki lima unit bisnis yaitu  The Lodge Maribaya, Mulberry Hills by The Lodge (resort), Fairy Garden by The Lodge (tempat wisata), Herbal House by The Lodge (restoran) dan The Lodge Foundation.

Satoe Komunika House of Event adalah perusahaan  manajemen event yang telah berpengalaman selama 20 tahun. Menangani kebutuhan acara berbagai instansi di Indonesia. Satoe Komunika lahir di kota Bandung pada tahun 2000 dan menangani jenis event corporate seperti MICE, team building, juga event decoration baik secara online maupun offline.


wisata tahura bandung
Youtuber terkenal Atta Halilintar dan istrinya Aurel juga udah berkunjung ke Jamuan Malam Hutan Menyala lho | sumber : IG @hutanmenyala









 


9 Comments

  1. Serruuuu bangett ini ya Mba
    Aku pengin main2 ke BDG lagi
    dan pastinya mau bgt cuss ke sini!

    ReplyDelete
  2. Behh Keren banget,
    Belum pernah ke Bandung,
    Semoga segera bisa Wisata kesana huhu 😍

    ReplyDelete
  3. Rp 76.000 untuk tiket masuk plus voucher makan malam?

    wah murah bangetttt

    kesini ah bareng anak2ku, selama ini suka bingung kalo mereka pulang ke Bandung

    ke Tahura aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya seru nih jalan2 ke Tahura bareng anak-anak. Sambil kangen2an sambil menikmati Bandung dalam suasana berbeda.

      Delete
  4. wah Bandung makin seru ya tempat wisatanya
    unik banget wisata hutan menyala ini ya mbak
    kapan kapan semoga bisa kesini

    ReplyDelete
  5. Assaa~
    aku jadi kepikiran uda lama banget gak ke Tahura.
    Etapi...tapi...kok gak disarankan bawa anak yaa..huhuu~

    Ser u banget siik...warna warni lampu Tahura di malam hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy main lagi ke Tahura bareng anak2. btw menurutku ga disarankan kalo anaknya masih kecil alias balita. Kalo udah SD no problemo cuss

      Delete
  6. Luar biasa aku jadi pengen dolan ke Bandung mba Sarrah, bikin mupeng
    ke Bandung baru sekali aja nih dan belum sempat eksplore kemana-mana.

    ReplyDelete
  7. wah keren nih pasti acaranya ya, mbak. meski mungkin agak serem juga sih ya di hutan. hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .