Mirip Permainan di Indonesia, Squid Game Bikin Nostalgia Masa Kecil

permainan squid game di play store

Sudah nonton Squid Game belum? Serial drama Squid Game yang menampilkan deretan permainan menegangkan baru-baru ini menjadi trending topic di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri, serial dengan sembilan episode tersebut mendadak populer dan menjadi serial yang paling banyak ditonton.

Dalam serial Squid Game diceritakan bagaimana kesulitan orang dewasa dalam menyelesaikan permainan anak-anak Korea Selatan. 

Namun, permainan ini menjadi semakin menegangkan karena peserta harus menang untuk tetap bertahan hidup dan membawa pulang hadiah uang miliaran. Sebab, dalam cerita tersebut, peserta yang ikut dalam Squid Games adalah mereka yang terlilit hutang dan memiliki masalah ekonomi.

Menariknya lagi, dari enam permainan yang disuguhkan dalam Squid Game lima diantaranya mirip dengan permainan tradisional anak-anak di Indonesia. 

Kelima permainan tersebut cukup familiar sehingga penonton Indonesia langsung dapat terhubung dengan permainan masa kecil. Sudah siap bernostalgia? 


Berikut lima permainan squid game yang sama dengan permainan anak di Indonesia :


1. Red Light Green Light dengan Patung-Patungan

Pada permainan awal, penonton Squid Game sudah dibuat tegang oleh permainan lampu merah lampu hijau. Sosok boneka berbentuk anak perempuan raksasa akan mendeteksi gerakan peserta. Peserta yang terdeteksi bergerak akan tereliminasi. 

Sama seperti permainan patung-patungan di Indonesia, anak-anak harus berpura-pura menjadi patung dan tidak boleh bergerak, bahkan tidak boleh kelihatan gigi. Jika bergerak, maka dia akan bergantian jaga.


2. Tug of War dengan Tarik Tambang

Permainan Tug of War adalah permainan ketiga dalam Squid Game. Tug of War merupakan permainan tarik tambang yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena permainan ini sering kali dimainkan anak-anak hingga orang dewasa saat merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. 

Namun, Tug of War dalam Squid Game dikemas lebih menantang dimana kedua regu beradu kekuatan agar tidak jatuh dari ketinggian tempat dilaksanakannya Tug of War.


3. Marbles dengan Kelereng

Permainan keempat adalah marbles yang sama persis dengan permainan kelereng di Indonesia yang sangat lumrah dimainkan anak-anak. Permainan kelereng dapat dimainkan dengan berbagai cara namun tujuannya untuk merebut kelereng lebih banyak dari lawan. 

Begitupun dalam Squid Game, kelereng ditampilkan dalam berbagai cara permainan sesuai dengan kesepakatan kedua peserta. Peserta yang mendapatkan seluruh kelereng lawan menjadi pemenang. Jadi, acung tangan yang masih simpan kelereng sampai sekarang? 


4. Glass Stepping Stone dengan Engklek

Permainan kelima dalam Squid Game adalah jembatan kaca berbentuk kotak, peserta harus menginjak salah satu kaca yang tepat. Nah, man-teman yang sudah memiliki anak bisa banget nih ajak si kecil main engklek di halaman rumah untuk usir kebosanan dirumah saja saat pandemi seperti ini. 

Engklek merupakan permainan anak tempo dulu yang menggunakan bidang datar seperti tanah sebagai area bermainnya. Engklek digambar dengan kapur dan dibuat kotak-kotak, anak-anak harus melompat ke kotak dengan benar. Umumnya permainan ini dimainkan oleh anak perempuan.


5. Squid Game dengan Gobak Sodor

Permainan keenam atau terakhir adalah Squid Game. Squid Game adalah permainan puncak untuk membawa pulang hadiah uang miliaran. Cara bermainnya dengan dibagi menjadi dua tim yakni penyerang dan bertahan. 

Pemain yang bertugas sebagai penyerang harus menerobos lini pertahanan yang dijaga oleh tim bertahan untuk mencapai ujung garis berbentuk cumi-cumi. 

Permainan ini hampir sama dengan gobak sodor atau galasin di Indonesia. Bedanya, pada gobak sodor penyerang dikatakan tereliminasi jika tersentuh oleh tim bertahan. Permainan gobak sodor ini juga bisa dijadikan cara seru untuk mengajarkan jalan pada si kecil. Tapi kita tetap harus hati-hati ya saat main.

Generasi 90’an yang sudah menjadi orangtua mungkin familiar dengan deretan permainan tradisional tersebut. Meski kini permainan tradisional sudah jarang dimainkan oleh anak-anak lagi, tidak ada salahnya untuk memperkenalkan kembali dan memainkannya di rumah sebagai alternatif kegiatan seru bersama si kecil.

Apabila sewaktu-waktu kehabisan ide untuk mencari aktivitas seru yang dapat dilakukan bareng anak-anak dirumah. Intip dan ikuti Instagram @Makuku.Indonesia.Official. Disana terdapat berbagai macam informasi paling update dan menarik seputar parenting.

Bukan hanya itu, Makuku Indonesia sebagai konsultan ibu dan anak, memberikan dan menyediakan segala macam kebutuhan ibu dan si kecil terlengkap dengan kualitas terbaik. 

Bahkan bagi para orangtua yang bergabung menjadi membership dapat melakukan sesi private consultation gratis dengan para expert terpercaya. Karena Makuku Family, Your Child Consultant.

foto : pinterest

 

 

 


5 Comments

  1. wah seru banget, jadi inget masa kecil
    harusnya Indonesia punya konsep film seperti itu
    sayang udah kedahuluan Korea
    tapi dengan begitu, mainan waktu kecil jadi bisa dimunculkan lagi ya mbak

    ReplyDelete
  2. Aku sukaakk bgt series Squid Game ini.
    Idenya mengangkat permainan jaman kecil, eksekusinya sadiiiss buanget!
    Message-nya juga bagus!

    ReplyDelete
  3. maju mundur mau nonton Squid Game, ternyata rame ya

    nonton ah

    Baru tahu tentang @Makuku.Indonesia.Official, bagus banget direkomendasiin ke orang tua muda ya? Agar mendapat input parenting yang aktual dan lengkap

    ReplyDelete
  4. Ah jadi teringat semua kenangan masa kecil. Lima permainan itu semua saya pernah lakukan, pada masanya tentunya hehehe...
    Hanya orang tertentu pastinya yang mengalami permainan tradisional itu

    ReplyDelete
  5. Saya tidak nonton ini
    Soalnya hal mengerikan lebih cenderung suka kalau sekelas Voice (Drama Korea) saja haha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .