Isi Galon Mudah Dipalsukan Bikin Waswas, Ketahui Cara Menyikapinya

Untuk memenuhi kebutuhan akan air minum, saat ini mayoritas masyarakat di kota besar sudah  terbiasa mengkonsumsi air mineral. 

Ya, kemudahan dalam memperoleh air mineral membuat masyarakat lebih memilih air mineral dibanding air putih. 

Di warung, toko hingga minimarket kita bisa menemukan dengan mudah berbagai kemasan air mineral mulai dari kemasan gelas, botol hingga ukuran galon. Selain lebih praktis, mengkonsumsi air mineral juga dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.


Air Mineral bisa dengan Mudah Diperoleh Namun Isi Galon Mudah Dipalsukan

isi galon palsu

Namun dibalik kemudahan memperoleh air kemasan tersebut, ada informasi yang cukup meresahkan yang muncul terkait air mineral. Yaitu tentang galon palsu. 

Jadi ada beberapa orang oknum diluar sana yang sengaja membuka dan menutup tutup galon asli dari merk yang sudah lama dan paling banyak konsumennya  tanpa cacat sehingga isi galonnya dipertanyakan. Akhirnya  konsumen banyak yang percaya dan akhirnya tertipu.

Wah, kok bisa? Jujur sebagai pengguna setia air mineral galon, saya merasa kaget sekali.

Dan saya juga baru tahu bahwa kasus isi galon palsu ini sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 2011 lho dan kemudian terulang kembali hampir setiap tahun.

Mengutip dari liputan6.com kasus isi galon mudah dipalsukan (isi galonnya yah bukan tutup galon palsu) ini pernah ditemukan polisi di beberapa kota di Indonesia yaitu di Bantul (2011), Depok (2016), Tangerang Selatan (2017), Pandeglang (2018), dan Magetan (2020).

Nah di tahun 2022 kasus isi galon palsu kembali menyeruak, kali ini terjadi di daerah Cilegon dan kabar baiknya pelakunya sudah berhasil ditangkap oleh pihak berwajib.


Menyikapi Kasus Isi Galon Mudah Dipalsukan

Tak dimungkiri kasus isi galon mudah dipalsukan sangat merugikan kita semua. Masyarakat yang setiap hari mengkonsumsi air mineral galon pun menjadi waswas.

Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Sebagai masyarakat kita harus bijak dalam menyikapi kasus isi galon palsu ini. Tidak serta merta langsung antipati pada air mineral khususnya brand tertentu. 

Namun menjadi lebih cerdas dalam mengenali air mineral yang memiliki kualitas baik hingga melakukan tindakan preventif yang dapat memicu terjadinya pemalsuan isi galon.

isi galon mudah dipalsukan

Tak habis pikir kok ada saja ya orang yang memanfaatkan celah untuk melakukan penipuan. Mengambil ‘keuntungan’ dengan menggunakan dan memasarkan isi galon palsu.

Faktanya mengkonsumsi air mineral tidak boleh sembarangan karena bisa memberikan efek buruk terhadap kesehatan, terutama apabila air tersebut diminum oleh bayi, anak kecil, ibu hamil hingga orang dengan sistem imun yang rendah.

Baca juga : Cara meningkatkan imun tubuh

Air minum yang tidak jelas sumbernya dan tercemar kuman dapat menyebabkan penyakit diare hingga tifus dan berbagai penyakit pencernaan lainnya.


Pentingnya Mengkonsumsi Air Mineral Asli dan Bersih

Dari sekian banyak merk air mineral yang ada di pasaran, setiap orang bebas untuk memilih sesuai selera dan kebutuhan masing-masing. Apakah ingin memilih yang paling bening, yang paling popular atau memilih yang PH (Power of Hydrogen) atau derajat keasamannya paling netral. 

Yang pasti kita harus cerdas memilih air mineral yang asli dan bersih.

Berikut ini 3 Alasan Pentingnya Mengkonsumsi Air Mineral yang Asli dan Bersih :

  1. Baik untuk Kesehatan

Mengkonsumsi air mineral memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan baik untuk kesehatan. Berbeda dengan air putih biasa, kandungan mineral pada air mineral jauh lebih banyak. 

Mengutip dari sehataqua.co.id ada 6 zat yang terkandung dalam air mineral antara lain kalsium, natrium, selenium, silika, kalsium serta zinc. Yuk kita bahas satu-satu.  

- Kalsium

Tidak hanya dari susu, air mineral yang berkualitas juga memiliki kandungan kalsium yang berfungsi untuk menunjang Kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium dipercaya dapat membantu memelihara Kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang sehingga tulang menjadi kuat dan tidak mudah keropos (terhindar dari penyakit osteoporosis).

- Natrium

Kandungan penting lainnya yang terdapat pada air mineral adalah Natrium. Fungsi dari zat satu ini adalah menjaga fungsi otot serta memelihara sistem saraf tubuh. 

Natrium yang dikonsumsi oleh tubuh dapat mengatur kadar air di setiap organ. Kandungan ion tubuh juga tergantung dari daya penyerapan natrium sehingga sangat cocok untuk mengisi cairan tubuh yang hilang pasca beraktivitas.

- Selenium

Secara umum kandungan selenium yang terkandung pada air mineral dapat berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu selenium juga memiliki peran penting untuk menjaga serta mengelola sistem kekebalan tubuh atau metabolisme.

- Kalium

Kalium berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah dan menjaga konsistensi air dalam tubuh. Konsumsi kalium yang teratur juga dapat menjaga tubuh dari penyakit kardiovaskular yang berisiko. 

Penyakit kardiovaskular adalah istilah bagi serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah.

- Silika

Zat gizi lainnya  yang terkandung dalam air mineral adalah silika. Silika berfungsi untuk menjaga jaringan tulang agar tetap bekerja optimal serta menjaga peremajaan kulit. Kandungan silika yang baik juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah dalam tubuh.

- Zinc

Zinc merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan DNA, membantu kerja sistem kekebalan tubuh agar lebih optimal, dan penyembuhan luka. Saat mengalami kekurangan zinc, bisa muncul beberapa keluhan tertentu, seperti rambut rontok, luka yang sulit sembuh, diare, atau gangguan pertumbuhan.

     2. Aman dikonsumsi

Air mineral bersumber dari air pegunungan, lingkungannya masih asri dan terjaga sehingga bebas dari kontaminasi. 

Air mineral bermerek aman dikonsumsi karena sudah memenuhi standar baku mutu keamanan pangan (diawasi oleh BPOM). 

Selain memiliki nomor SNI (Standar Nasional Indonesia), nomor produk dan waktu kadaluarsa sesuai ketentuan pemerintah, proses pembersihan serta pengisian galon air mineral bermerek juga menggunakan teknologi tinggi di bawah pengawasan ketat.

     3. Bisa menjaga berat badan agar tetap stabil

Apabila dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman manis seperti teh manis, kopi, sirup atau berbagai minuman kemasan lainnya yang tinggi gula, mengkonsumsi air mineral terbukti dapat menjaga berat badan agar tetap stabil. Dalam hal ini air mineral tidak mengandung kalori.

Minum air mineral bisa meningkatkan metabolisme sehingga dapat membantu mengelola berat badan.

FYI manfaat air mineral di tubuh akan langsung terasa terutama apabila ditunjang oleh gaya hidup sehat.


Kesimpulan

Mengkonsumsi air mineral yang bersih dan asli sangatlah penting bagi kesehatan. Walaupun faktanya sebagian besar masyarakat merasa kesulitan dalam membedakan mana galon asli dan galon palsu. 

Karena secara kasat mata keduanya ‘terlihat sama’. Terlebih pada kenyataannya adalah ada oknum yang dengan mudah membuka dan menutup tutup galon asli sehingga isinya dipertanyakan. Tutup galon asli, galonnya asli tapi isinya bisa jadi asli bisa jadi oplosan.

Dalam menyikapi kasus isi galon palsu ini beberapa produsen pun memberikan solusi kepada para pelanggan untuk  melihat kode galon di web resmi dan kemudian menyamakan kode di tutup galon dengan kode di badan galon. Namun sangat disayangkan ukuran kode tersebut cenderung kecil atau samar hingga sulit terbaca. 

Selain itu dengan adanya alat yang memungkinkan untuk membuka dan menutup galon, kode sama pun tidak menjadi jaminan isinya tidak oplosan. Ya para oknum memiliki alat untuk membuka dan menutup galon tanpa cacat. Duh gemes ya!

Maka sebaiknya, pilihlah produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan baik dan aman. Juga pastikan kita dapat melihat dengan jelas warna air dari kemasan galon tersebut.

Sehingga kita benar-benar yakin bahwa galon yang akan kita konsumsi adalah galon dengan tutup dan isi yang asli pula.

Yuk jadi konsumen cerdas dan bijak!

ciri air mineral yang baik
Ketahui ciri air mineral yang baik untuk kesehatan



sumber foto : freepik edited by sarrahgita

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .