Yuk, Kenali 7 Penyebab Timbulnya Jerawat

penyebab timbulnya jerawat

Salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami orang-orang adalah jerawat. Hal ini tak jarang membuat mood orang-orang merasa tidak baik, akibat jerawat yang terus bermunculan di wajah mereka.

Bahkan, banyak juga akhirnya yang tak cukup percaya diri dengan penampilan mereka, karena jerawat yang bandel. 

Alasan ini pula yang akhirnya membuat banyak merek menawarkan solusi menghilangkan jerawat, salah satunya adalah barenbliss.

obat untuk jerawat

Barenbliss menawarkan barenbliss Pimple Warrior, yang berfungsi membantu mengeringkan jerawat, mengurangi kemerahan, dan mencegah jerawat di kemudian hari. 


Kenapa Jerawat Tiba-tiba Muncul

Namun sebenarnya, hal-hal apa saja yang menjadi pemicu timbulnya jerawat? Berikut 5 hal yang membuat jerawat timbul pada kulit wajah.

 

1. Pengaruh Hormon

Anda pernah atau sering mendengar jika orang berjerawat, karena faktor hormon yang tidak seimbang? Jika iya, hal tersebut adalah benar adanya. 

Hormon menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat pada kebanyakan orang. Hal ini karena terdapatnya ketidakseimbangan kadar hormon ekstrogen atau androgen selama menstruasi.

Tak hanya itu, ketidakseimbangan hormon ini juga bisa dialami oleh wanita selama hamil, orang-orang yang mengalami menopause, hingga faktor lainnya.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki jerawat membandel, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter, agar bisa segera diobati dan jerawat tidak semakin parah.

 

2. Faktor Genetik

Selain ketidakseimbangan hormon, faktor genetik atau keturunan juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Anda bisa mencoba memperhatikan anggota keluarga sekitar, apakah mereka juga memiliki masalah serupa.

Jika ada anggota keluarga Anda yang rentan berjerawat atau masalah serupa, besar kemungkinan kulit Anda juga akan mengalami hal yang sama. Untuk itu, Anda juga harus rajin merawat kesehatan kulit wajah, agar tidak berjerawat.

 

3. Produksi Sebum Berlebih

Faktor selanjutnya yang membuat seseorang mudah berjerawat adalah produksi sebum yang berlebih.

Faktor ini terjadi akibat kelenjar minyak yang memproduksi sebum secara berlebihan.

Sebab, kulit setiap orang dirancang dengan kelenjar minyak, yang berguna untuk melapisi permukaan kulit dan folikel rambut dengan menghasilkan sebum, agar tidak terlalu kering. 

Namun, jika kelenjar kulit memproduksi sebum berlebih, maka kulit akan rentan berjerawat.

Jika wajah jarang dibersihkan, pori-pori wajah berpotensi tersumbat sel kulit mati dan menyebabkan komedo. Maka, Anda wajib membersihkan wajah secara double cleansing, agar kebersihan pori-pori tetap terjaga.

 

4. Bakteri

Nyatanya, timbulnya jerawat tak hanya karena hormon atau sebum yang berlebihan. Lebih dari itu, ada satu 'biang kerok' yang biasanya menjadi sumber permasalahan jerawat di wajah.

Adalah propionibacterium acnes atau bakteri yang menyebabkan jerawat hidup, serta berkembang di permukaan kulit. 

Bakteri ini biasanya menyumbat folikel rambut di pori-pori, yang akhirnya menyebabkan peradangan di wajah dan menimbulkan jerawat.

 

5. Penggunaan Skincare yang Kurang Cocok atau Sesuai

Meskipun skincare memiliki fungsi untuk membantu meremajakan kulit wajah, namun bukan berarti semua produk skincare akan cocok di kulit setiap orang. 

Jika menggunakan skincare yang tidak sesuai dan tidak cocok, nantinya akan bisa menimbulkan jerawat juga.

Hal ini terjadi karena bahan yang terdapat pada produk skincare memicu alergi atau menyumbat pori-pori di wajah, sehingga jerawat akhirnya timbul. 

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya untuk cermat memilih produk skincare yang cocok untuk Anda. 

Pastikan juga produk skincare yang Anda pilih tidak mengandung bahan yang bisa menyumbat pori-pori, ya.

 

6. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

Segala sesuatu yang berlebihan merupakan hal yang tidak baik. Kalimat ini juga cocok untuk Anda yang gemar mengonsumsi makanan tinggi gula.

Sebab, mengonsumsi makanan yang tinggi gula juga bisa menimbulkan jerawat di wajah. 

Mengonsumsi gula berlebih bisa membuat tubuh resisten terhadap insulin, yang menyebabkan hormon testosteron akhirnya ikut meningkat. 

Akibat hal tersebut, lama-lama wajah akan menjadi berminyak, lalu menimbulkan jerawat di area pipi dan rahang. 

Oleh karena itu, jika tak ingin jerawat hinggap di wajah Anda, pastikan untuk membatasi konsumsi gula harian, ya, agar kulit tetap bersih dan sehat.

 

7. Begadang

Anda termasuk tipe orang yang suka begadang? Jika iya, sebaiknya kebiasaan tersebut cepat untuk dikurangi.

Begadang atau kurang tidur tidak hanya memberi efek buruk bagi kesehatan, tetapi juga bagi kulit wajah. 

begadang menyebabkan jerawat
Hindari begadang setiap hari

Sebab, saat tubuh Anda terlalu lelah, produksi hormon kortisol akan meningkat untuk menyeimbangkan kadar stress pada tubuh.

Hormon inilah yang biasanya menjadi pemicu peradangan pada tubuh, sehingga struktur dan fungsi kulit menjadi rusak. Akibatnya, jerawat akan bermunculan di wajah Anda.

Ya, itu dia lima penyebab timbulnya jerawat pada seseorang. Jika sudah tahu penyebabnya, jangan lupa untuk terus merawat kulit wajah Anda, agar tidak berjerawat, ya!


0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .