Cara Merawat Motor Matic Agar Awet

cara merawat motor matic

Sampai saat ini, motor matic masih menjadi primadona di kalangan pengguna kendaraan roda dua. Hal tersebut dikarenakan kenyamanan dalam berkendara serta kemudahan penggunaannya.

Namun masih banyak pengguna motor terutama kaum perempuan yang hanya tahu cara mengendarainya saja tanpa tahu bagaimana cara merawatnya. 

Baca juga : Pentingnya Edukasi Safety Riding untuk Pengendara Motor Perempuan


Bagaimana Cara Merawat Motor Matic

Mengutip dari wahanahonda.com ada 6 cara merawat motor matic yang wajib kamu ketahui agar motor tetap awet.

1. Rutin panaskan mesin motor sebelum akan digunakan. 

Hal ini terlihat sepele namun sering terlupakan. Semua kendaraan bermotor termasuk sepeda motor pada dasarnya perlu dipanasi mesinnya sebelum akan digunakan untuk beraktivitas. 

Memanaskan motor bertujuan agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga performa mesin menjadi lebih maksimal. 

Cara memanaskan motor yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5 hingga 10 menit dan sebaiknya menggunakan kick starter saja. Jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi baterai dari motor tersebut.

2. Stabilkan kecepatan gas. 

Secara tak sadar pengguna motor matic biasanya sering secara tiba-tiba menurunkan gas begitupun sebaliknya. Padahal hal tersebut dapat mengurangi umur mesin. 

Dengan kecepatan yang kurang stabil tak hanya akan merusak mesin namun juga bisa merusak vanbelt motor. Pada motor matic v-belt menjadi penghubung puli depan dan puli belakang. Vanbelt merupakan salah satu komponen penting pada motor dengan sistem transmisi otomatis.

3. Check kondisi vanbelt dan roller. 

Karena kondisi vanbelt yang terbuat dari bahan karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan dan menyebabkan motor berhenti dan tak bisa beerjalan lagi. Jika harus mengganti vanbelt pastikan kamu  menggunakan vanbelt yang original sehingga lebih terjamin dan lebih awet. 

4. Jangan kehabisan bensin. 

Sesekali lupa mengisi bensin merupakan hal yang wajar. Namun apabila keseringan hal tersebut menjadi kebiasaan buruk dan dapat merusak mesin motor. Maka usahakan speedometer bahan bakar di motor matic jangan sampai menunjukkan indikator E (Empty).

5. Gunakan bensin berkualitas. 

Nah berkaitan dengan kehabisan bensin di tengah jalan, karena  kepepet kita pun memutuskan untuk membeli bensin campuran. Padahal kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor. 

Untuk itu sebaiknya isi bensin motor di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) milik pemerintah atau tempat penjual bensin yang sudah terpercaya.

6. Servis rutin di bengkel. 

Perawatan berkala motor matic biasanya meliputi membersihkan karburator, mengganti aki, setting motor serta mengganti oli. 

Mengganti oli secara berkala merupakan salah satu cara merawat motor matic yang paling penting.


Berapa Bulan Sekali Kita Harus Ganti Oli Motor?

Lakukan penggantian oli motor matic sesuai jadwal yang biasanya dilakukan setiap 1000 km 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa.

Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil (oil dasar) tertinggi di kelas oli.

oli ester adalah
sumber foto : planetban.com

Oli ester umumnya diperuntukkan untuk kebutuhan balap, dimana mesin selalu bermain pada rpm (revolution per minute) tinggi dan membutuhkan suhu yang stabil.

Apabila acuan kilometer untuk ganti oli lupa sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2 sampai 3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang kita miliki.

Menentukan kapan oli motor harus diganti juga bisa dilihat dari kilometer harian. Untuk pemakaian sekitar 20-50 kilometer sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. 

Jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam satu hari, sebaiknya ganti oli motor matik sebulan sekali.

Selain oli mesin, pada kendaraan roda dua ada juga oli gardan dan oli shockbreaker. Untuk penggantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km. Sedangkan penggantian oli shockbreaker dilakukan setelah motor mencapai 10.000KM.


Servis Motor di Planet Ban

servis motor di planet ban
sumber : planetban.com

Apabila ingin ganti oli motor matic sekalian melakukan servis motor rutin, kamu bisa mengunjungi Planet Ban terdekat di kotamu.

Di Planet Ban seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Semuanya bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran.

Selain mesin jadi bersih total,  tarikan motor pun jadi terasa lebih ringan, emisi bisa turun lebih dari 70%, dan lebih hemat BBM lho.

Harga  servis motor di Planet Ban juga sangat terjangkau. Untuk servis motor injeksi Cuma Rp 20.000, servis CVT (Continuously Variable Transmission) sekaligus rantainya Rp 19.500, bahkan servis throttle body juga cuma Rp 20.000.

Hingga saat ini Planet Ban sudah memiliki lebih dari 1100 toko yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.


lokasi planet ban terdekat
Cek lokasi Planet Ban terdekat di kota mu di https://planetban.com/lokasi-toko


Kesimpulan

Untuk menjaga agar motor matic kita tetap awet dan performance-nya tetap oke, lakukan enam poin penting yang sudah disebutkan diatas termasuk lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali.

Dan jangan lupa pilih bengkel motor yang terpercaya serta gunakan produk asli yang terjamin dari toko suku cadang otomotif khusus roda dua ya !


Baca juga : Tips membeli Mobil Innova Bekas


30 Comments

  1. Wah ciwi-ciwi harus baca artikel ini nih, jadi ga asal pakai aja tapi ga tahu cara merawatnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Aku termasuk ciwi-ciwi yang main pakai aja nih. Paling isi bensin doang bisanya. Bahkan ban kempes pun engga tahu harus gimana...haha...Yuk ah kepoin artikelnya dan pelajari motor masing-masing

      Delete
  2. biaya servis nya terjangkau banget ya. ga ada alasan untuk ga servis kendaraan bermotor yg kita miliki!

    ReplyDelete
  3. Saya ada 2 motor, Mbak. Satu bebek dan satu matic. Dan saya lebih suka pakai matic, karena depannya bisa naruh barang, termasuk bagasinya yang luas. Tidak sulit merawatnya, hanya servis rutin dan ganti oli saja. Hanya saya sekali lupa isi bensin. mogok di jalan, dan dorong jauh sampai ketemu penjual bensin eceran. setelah itu, kapooook hahaha.

    ReplyDelete
  4. manasin mesin kendaraan emang jadi penting banget ya biar awet dan terjaga. klo ga bisa megang mesin sendiri, rutin servis juga jadi wajib ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi kata suami saya, motor matic yg terbaru udah punya sistem khusus yg gak perlu jg buat dipanasin sebelum dipakai. Kalau tetangga2 saya manasin motor sampai setengah jam-an di teras rumah, saya cm 1-2 menit selagi nunggu anak saya keluar rumah pas mau antar sekolah

      Delete
  5. Kalau aku lebih perhatiin ke ban dan oli, pastinya kalau oli khusus matic, tapi perlu sih perawatan rutin apalagi kalau musim hujan, esktra perawatan

    ReplyDelete
  6. salah satu yang krusial di motor matic tuh antara mesin utama atau Vanbelt. itu krusial banget sih, makanya harus selalu di cek terutama pas lagi service. pernah tuh saya lost gak cek kondisi vanbelt, ternyata udah aus dan harus ganti. itu lumayan harganya apalagi yang ori ya, hihihi

    ReplyDelete
  7. mantap nih, tipsnya. baru tahu soal menstabilkan kecepatan gas. bisa jadi bekal nih kalau nanti anakku pake motor matic

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir ke blog ini, semoga bermanfaat mba Farida :)

      Delete
  8. jadi tahu banyak cara merawat motor matic dengan baik agar tetap awet ya, saya yang tinggal pakai aja jadi tahu banyak niy kak

    ReplyDelete
  9. Menggunakan bensin yang berkualitas bagi masyarakat kampung kerap diabaikan nih. Justru mereka memilih bensin murah. Ga peduli bisa rusak mesin kendaraan nya. padahal dengan bensin terbaik justru kendaraan bisa awet ya

    ReplyDelete
  10. Punya kendaraan bermotor emang harus dibarengi dengan service rutin.. sekarang banyak bengkel yg mudah ditemui seiring bertambahnya unit sepeda motor, jadi lebih mudah hehe

    ReplyDelete
  11. Informasi yang mencerahkan sekali ini mba. Ternyata servis moto di Planet Ban sangat terjangkau.
    Cewek yang punya motor matic jadi punya tempat servis yang nyaman.

    ReplyDelete
  12. Saya termasuk yang merasa puas kalau udah datang ke planet ban. Pelayanannya cepat dan harganya untuk ganti dua jenis oli lumayan terjangkau dengan jaminan oli original

    ReplyDelete
  13. Yang penting pas waktunya ganti oli ya kudu ganti ya.. biar tetep enak dipakai..

    ReplyDelete
  14. emang harus rutin melakukan perawatan kendaraan bermesin supaya bisa digunakan optimal. Tinggalkan serahkan pada ahlinya untuk mengecek kendaraan supaya siap dipakai kapan saja

    ReplyDelete
  15. Cek secara berkala dan rutin service motornya, menjadikan kendaraan roda dua ini nyaman buat dikendarai dan juga bagi sekitarnya ketika melintas di jalan raya

    ReplyDelete
  16. Nah, artikel ini kudu jadi panduan bagi pemilik motor. Biasanya lalai nih soal oli. Tahu-tahu dah ga nyaman aja mesinnya, kalau ga diingetin paling bablas sampai kehabisan olinya

    ReplyDelete
  17. Ah, artikel ini perlu kuforward ke ponakanku. Lah dia motor cuma dipake aja, nggak pernah diservice, atau maintainance lainnya.

    ReplyDelete
  18. Aku jg baru dari Planet Ban utk ganti oli. Sumpah. Cepet banget penggantian olinya. Bahkan kurang dari 5 menit. Ga antre pula. Cocok banget buat yg buru2 beraktivitas.

    ReplyDelete
  19. Kalau ganti oli biasanya sebulan sekali di planet Ban. Soalnya suami sering pake buat kerja yang agak lumayan jauh dari rumah

    ReplyDelete
  20. Planet Ban bisa menjadi tempat yang recommend bagi motor kita ya mbak
    Bisa servis lengkap disini

    ReplyDelete
  21. Servis motor memang wajib banget ya, Teh. Setidaknya bisa meminimalkan risiko "kenapa-kenapa" di jalan. Toh Planet Ban juga ada di mana-mana. Di deket rumahku juga ada.

    ReplyDelete
  22. Perawatan motor matic dengan penuh cinta akan membuat lyfe time motor pun jadi lebih lama dan minim service. Aku sampai googling vanbelt dan roller, karena ini perawatan motor matic yang mungkin paling sering terlewat.

    ReplyDelete
  23. Sebagai pengguna motor matic aku sangat aware sih soal ganti oli, hehe. Tapi ternyata gak cuma oli aja yaa yg perlu dirawat, tapi ada part-part motor lainnya juga yang perlu diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

    ReplyDelete
  24. sebagai pemilik motor memang nggak bisa kalau cuma bisa naik aja ya mbak, harus peduli dengan perawatannya juga, karena kalau diabaikan malah bisa rusak nantinya

    ReplyDelete
  25. Agak tricky ya merawat motor matic ini... aku baru aja merasakannya karena kemarin sempet ganti aku karena nggak bisa distater ketika ninggalin rumah selama dua minggu. hehehe

    ReplyDelete
  26. Aih bener banget ini, motor matic kalo telat service udah berasa banget ngga enaknya, selain itu bensinnya juga minta yg pertamax biarr mesinnya awet

    ReplyDelete
  27. Rajin service dan ganti oli itu wajib. Pernah loh motor maticku telat ganti oli sampai kehabisan dan rusak. Huhuuuu... Cukup sekali itu sajalah...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .