Monday, November 12, 2018

Pengalaman Menarik Berkunjung Ke Pabrik Ajinomoto

Pengalaman Menarik Berkunjung Ke Pabrik Ajinomoto – Tak dapat dipungkiri saat ini adalah jamannya serba instan. Banyak sekali makanan instan termasuk diantaranya bumbu instan yang bisa ‘membantu’ kita para ibu rumah tangga untuk mempermudah kegiatan masak-memasak di dapur.

Dan dari sekian banyak merk bumbu instan yang ada di pasaran. Ada beberapa merk yang lumayan sering saya pakai. Yaitu bumbu penyedap rasa Masako dan saos Teriyaki merk Saori.


Tepung bumbu ayam goreng favorit Golden Crispy

Dan saya baru ngeh kalo merk Masako dan merk Saori ini diproduksi oleh satu perusahaan yang sama yaitu PT Ajinomoto. Sebuah perusahaan besar yang berpusat di Jepang dan didirikan di Indonesia pada tahun 1969.

Oalah ini nih pentingnya membaca kemasan produk sebelum menggunakan atau mengkonsumsinya. Taunya pake doang dan ga baca nama perusahaan yang memproduksinya hihi. 

Blogger Goes To Ajinomoto Factory


Dan saya senang sekali karena pada Rabu, 07 November 2018 lalu, saya bersama teman-teman blogger berkesempatan untuk berkunjung langsung ke salah satu pabrik Ajinomoto yang berada di kawasan KIIC (Karawang International Industrial City), Karawang Barat.

Sekitar 30 orang blogger yang berkunjung ke pabrik Ajinomoto berasal dari Bandung dan Jakarta.

Pagi itu saya bersama rombongan tiba di pabrik Ajinomoto sekitar pukul 09.00 WIB. Kami disambut oleh bapak Fahrurozi (PR Manager PT Ajinomoto Indonesia), bapak Nico Andrias (Manager GA & Finance PT Ajinomoto Indonesia) serta beberapa orang staff PT Ajinomoto lainnya.

Kami pun mendapatkan beberapa informasi singkat seputar perusahaan Ajinomoto. Seperti informasi mengenai 2 buah pabrik yang dimiliki Ajinomoto Indonesia yaitu pabrik pertama yang berada di Mojokerto, Jawa Timur, (berdiri pada tahun 1970) dan pabrik kedua yang berada di Karawang (berdiri pada tahun 2012).

PT Ajinomoto Indonesia
Karawang Factory
Karawang International Industrial City (KIIC)
Jl. Harapan Raya Lot JJ-1 KIIC Karawang Barat

Dimana pabrik Ajinomoto Karawang yang luasnya mencapai 16,6 hektar ini, memiliki jumlah karyawan sebanyak 685 orang. Dengan jumlah produksi Masako ayam mencapai 49.000 ton/tahun, (kabarnya rasa ayam menjadi rasa favorit), produksi Saori 3.600.000 kilo liter/tahun dan produksi Sajiku 24.000 ton/tahun. Wahh banyak yaa.

Kegiatan Blogger Goes To Ajinomoto Factory ini merupakan bagian dari kegiatan kunjungan pabrik (factory visit) yang rutin diadakan oleh PT Ajinomoto supaya masyarakat bisa mengenal lebih dekat Ajinomoto sebagai produsen bumbu umami terkemuka di dunia. Dan dapat melihat teknologi pembuatan bumbu masak yang menggunakan teknologi Jepang.

Sekilas Tentang Produk Ajinomoto


Selain penyedap rasa Ajinomoto, saat ini grup Ajinomoto Indonesia memproduksi bumbu kaldu penyedap merk Masako, bumbu praktis siap saji merk Sajiku, bumbu masakan Asia merk Saori, dan mayonnaise yummy merk Mayumi.

Bumbu Sajiku terdiri dari 2 macam yaitu bumbu praktis siap pakai (bumbu sayur asem, bumbu nasi goreng, bumbu sayur sop, bumbu soto ayam dll) dan tepung bumbu (tepung bakwan, tepung ayam goreng, golden crispy dll).



Hampir semua bumbu masakan dengan kelezatan sejati rasa umami tersebut diproduksi di pabrik Ajinomoto yang ada di Mojokerto. Sedangkan untuk di pabrik Karawang lebih ke pabrik tempat packaging saja.

Kalo man teman penasaran pengen tahu seperti apa sih proses pembuatan bumbu Masako di pabrik Ajinomoto, man teman bisa lho nonton siaran live nya disini. Mulai dari proses penerimaan daging di pabrik, proses perebusan daging, proses pemisahan tulang dan penggilingan daging, penyeleksian bumbu dan rempah hingga proses akhir penyimpanan dan pengiriman.

Fyi selain bumbu masakan instan, sejak tahun 2016 Ajinomoto Indonesia juga membuat roti lho. Dan kami beruntung bisa mencicipi salah satu roti (frozen bread) hasil diproduksi PT Ajinomoto Bakery Indonesia (yang didirikan pada tahun 2015). Tekstur rotinya lembut dan fla rasa vanilanya itu lho, rasa manisnya pas dan hmm enak mirip rasa es krim. Bikin ketagihan.

Frozen bread isi fla vanila

Sayang roti tersebut belum dijual di pasaran. Dan baru dipasarkan dengan sistem B2B alias buyer to buyer. Hanya untuk para pelaku usaha saja. Dan kabarnya beberapa toko kue milik artis yang menjual kue kekinian juga membeli topping isian kuenya dari Ajinomoto.

Oya buat man teman pecinta mie instan, sekarang udah ada mie instan produksi Ajinomoto. Merk mie instan-nya Yumyum rasa Tomyum. Dan bisa diperoleh di supermarket terdekat.  Sesuai asal makanan tomyum, mie instan Yumyum tersebut diproduksi langsung di pabrik Ajinomoto cabang Thailand. Favorit saya nih. Rasanya asem-asem seger. Apalagi kalo ditambah cabe rawit. Yum yummy.

Kesan Setelah Berkunjung Ke Pabrik Ajinomoto Karawang


Setelah berkunjung ke pabrik Ajinomoto Karawang, saya dan teman teman mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang bagaimana proses produksi produk Ajinomoto. Dan melihat langsung bagaimana proses packaging (pengemasan) bumbu instan produksi PT Ajinomoto di pabrik Karawang. Berdasarkan informasi dari salah seorang staff Ajinomoto, bumbu masakan yang diproduksi di pabrik Ajinomoto Karawang didistribusikan khusus untuk area pulau Jawa dan Sumatera saja.

Proses packaging (fyi sesuai aturan yang berlaku aktifitas packaging langsung di pabrik tidak diperbolehkan diabadikan menggunakan kamera)

 
Proses packaging menggunakan high speed machine dengan kecepatan 360 bungkus/mesin/menit

Oya selain banyak terdapat display eye catching yang informatif dan mewakili berbagai macam produk bumbu instan Ajinomoto. Ada hal lain yang menarik perhatian saya ketika mengunjungi pabrik Ajinomoto yaitu adanya lingkungan yang disiplin dan mandiri, seperti yang saya lihat di kantin karyawan Ajinomoto, yaitu semua karyawan dibiasakan untuk membereskan bekas makanannya sendiri. Sebuah kegiatan positif yang patut dicontoh.




Sebuah pengalaman tak terlupakan bisa berkunjung ke pabrik Ajinomoto Karawang. Dan sayapun percaya bahwa produk Ajinomoto memang terjamin kualitasnya. Halal dan higienis.



Salam,



1 comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Follow @sarrahgita On Instagram

© sarrah gita's blog. Made with love by The Dutch Lady Designs.