Menghilangkan dan Mencegah Bau Keringat Menempel di Pakaian

Pernah ga sih ngalamin pakaian yang bau meskipun sudah berkali-kali dicuci? Terutama di area ketiak, bau keringat seringkali menempel dan susah untuk dihilangkan. Kalo sudah begini bagaimana ya cara menghilangkan bau apek dan bau keringat pada pakaian?


cara menghilangkan keringat di pakaian


Ternyata kita bisa menggunakan beberapa bahan yang ada di rumah untuk mengusir bau keringat dan bau apek yang menempel di baju. Misalnya dengan merendam pakaian menggunakan larutan cuka, perasan jeruk lemon, bubuk kopi atau baking soda. Cara-cara tersebut bisa mengusir bau pada pakaian.

Selain itu ikuti juga tips berikut ini agar pakaian tidak bau keringat lagi, yaitu :

1. Rutin Bersihkan Ketiak

Jika kita termasuk ke dalam tipe orang yang aktif mengeluarkan keringat, mulailah untuk mencuci atau membasuh area ketiak sehari sekali. Dengan cara ini, tubuh akan menghempaskan bakteri penyebab bau keringat dan mencegah bau keringat masuk ke pakaian.

baca juga : Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Selamanya

Jangan lupa, gunakan deodoran yang cocok untuk jenis kulit kita dan yang ampuh menghilangkan bau keringat.  Deodoran dapat membantu mengatasi keringat serta membunuh bau tak sedap pada ketiak. Dengan menggunakan deodoran kita juga akan merasa tetap segar selama berjam-jam.

 

2. Sekali Pakai Saja

Ada baiknya gunakan pakaian hanya satu kali. Artinya, hindari menggunakan pakaian dua atau bahkan tiga kali dan sering-seringlah mencucinya. Dengan begitu, kita dapat mencegah asam butirat menumpuk di pakaian.

*Asam butirat atau yang dikenal juga dengan asam butanoat (BTA) adalah asam karboksilat dengan formula CH3CH2CH2-COOH. Garam dan ester dari asam butirat dikenal sebagai butirat atau butanoat.

Asam butirat bisa ditemui pada susu (kambing, domba, bison), mentega, keju, pamesan, dan sebagai produk dari fermentasi anaerobik (termasuk kolon), dan sebagai bau badan.

Baunya tidak enak dan berasa tajam, dengan aftertaste yang manis seperti dietil eter. Manusia dapat mendeteksi baunya pada konsentrasi > 10 ppm. Asam butirat, bisa ada di muntahan manusia.

Sumber : wikipedia

 

3. Gunakan Detergen yang Tepat

Ini juga menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan sebelum mencuci pakaian. Ya, detergen yang kita gunakan sehari-hari umumnya memiliki zat khusus yang efektif menghilangkan noda pakaian dan bau keringat alias aroma tak sedap.

Oleh karena itu, pastikan pilihlah produk yang memiliki formula anti bau apek dan keringat, sehingga efektif dan efisien untuk menghilangkan molekul bau yang sudah menembus jauh ke dalam serat pakaian. 

Ada baiknya pilihlah detergen yang menggunakan campuran ekstrak lemon di dalamnya. Seperti diketahui, lemon berfungsi untuk membuat pakaian jadi lebih harum dan bersih. Aroma lemon juga bertahan lebih lama dan lebih segar daripada deterjen aroma bunga.

baca juga : Membuat Masker Wajah Menggunakan Lemon

 

4. Menggunakan Pewangi Pakaian

Selain pemilihan detergen, penting juga memilih pewangi pakaian yang tepat. Seperti pewangi Royale by SoKlin yang telah terbukti memiliki wangi segar tahan lama.

Pewangi Royale SoKlin beraroma khas parfum mewah. Dijamin pakaian akan menjadi wangi bebas bau keringat dan bau menggangu lainnya. Menggunakan pewangi pakaian akan membuat pakaian selalu harum meskipun disimpan lama di lemari pakaian.

Selain membuat pakaian jadi wangi, pewangi pakaian juga bisa melembutkan pakaian lho. Pakaian menjadi wangi sepanjang hari dan lembut sehingga bisa mempertahankan bentuk pakaian dan menjaga kain agar tampak baru.

 

17 Comments

  1. Wah menarik. Kalau boleh tau, wanginya bisa bertahan berapa lama, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahan berapa lamanya relatif sih..kalo pengalaman saya di lemari bisa tahan kurang lebih seminggu

      Delete
  2. Aku tipe yang gampang kak berkeringatnya. Mungkin karena aku juga suka minum. Ditambah lagi tinggal di kota yang sangatttttt panas. Jadi 5 menit abis mandi aja bisa langsung keringetan lagi. Jadi pas mandi pasti rajin betsihin ketiak hihihi

    ReplyDelete
  3. Aku agak syok yg part "pakai baju sekali pakai". Aku pikir kaya masker, langsunh dibuang hahahaha.

    Anyway aku jg pakai soklin. Harganya terjangkau tp wangi awet memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi..tapi kalo ada baju sekali pakai kayaknya why not ya. asalkan bahannya bisa direcycle jadi ga nyampah. haha maksa

      Delete
  4. Aku juga pake Royale nih Kak di rumah 😅 wanginya enakkk gak gampang bosen hehe

    ReplyDelete
  5. Anak anakku mulai ABG nih. Bau keringat yang nempel di baju luarbiasa deh sekarang. Beda yah sama jaman mereka bayi hehhe. untungnya ada soklin Royale buat usir bau.

    ReplyDelete
  6. Betul sih pewangi pakaian efektif bantu hilangkan bau apek di baju. Bisa juga dengan jemur di matahari yang terik

    ReplyDelete
  7. Kebersihan ketiak emang bener-bener harus dijaga. Karena itu daerah lipatan yang bisa memicu adanya mikroorganisme kalau sering lembab. Ketika sudah ada mikroorganisme yang tinggal diketiak, akhirnya bau deh. Kan bikin nggak percaya diri.

    ReplyDelete
  8. hHahhaa
    ini masalah nyaris banyak orang ya.
    apalagi jika bekerja di ruangan tanpa AC.
    Sejujurnya aku baru tahu kalau bisa nyuci pakai lemon dan cuka. bisa dicoba nih. makasih kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak..lemon dan cuka bisa menghilangkan bau. Dan lebih mudah diperoleh karena biasanya tersedia di rumah

      Delete
  9. Saya tuh tipe yang gampang berkeringat mbak dan memamng pakaian itu sekali pakai saja.

    Soklin royale ini wanginya memang enak dan saya suka kemasannya ada yg sachet jadi pas ga perlu menakar lagi setiap pemakaian

    ReplyDelete
  10. Permasalahan hampir tiap orang nih kak, bisa dicoba nih tips"nya buat ngilangin keringat

    ReplyDelete
  11. Tipnya bermanfaat, soalnya aku ada pengalaman dg baju baju yg terbuat dari bahan sintetis yg kalo abis dipake baunya udah kayak kambing wkkkkkk.saking keselnya bajunya pensiun dini jadi alas bobo kucing

    ReplyDelete
  12. setuju kalau pewangi pakaian bisa sedikit membantu menghilangkan bau keringat, apalagi kalo yang wanginya seger mba

    ReplyDelete
  13. setidaknya bisa mengurangi bau badan ya, kadang sudah bersihpun masih kenak mau badan, karena bau badan berasal dari pengaruh hormon dan konsumsi makanan.

    ReplyDelete
  14. wah menarik banget tipsnya mbak
    mau aku terapin ah
    biar bajuku tetap awet wanginya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .