Tips Mudah dan Aman Pelihara Hewan Eksotis

tips pelihara hewan eksotis

Memelihara hewan eksotis bukan hanya sekedar hobi tapi juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis. Biaya yang dibutuhkan untuk membeli hewan eksotis memang mahal, jadi tidak ada salahnya jika menggunakan KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Meskipun termasuk satwa liar, ternyata hewan eksotis juga bisa jinak jika dirawat dengan baik. Tak hanya itu, kamu juga harus membangun bonding yang kuat agar hewan tersebut jinak dan tidak membahayakan. 


5 Tips Memelihara Hewan Eksotis yang Tepat

Sebagian orang ragu memelihara hewan eksotis karena takut perizinannya rumit. Jangan terlalu khawatir dengan masalah tersebut, karena hewan eksotis yang legal bisa mendapat perizinan dengan mudah. 

Biar tidak salah langkah, coba ikuti tips memelihara hewan eksotis berikut ini.

1. Pastikan Kelengkapan Dokumennya

Ketika membeli hewan eksotis langka kamu harus mengurus perizinan, terutama bagi yang ingin menangkarkan hewan tersebut. Pastikan hewan yang kamu beli disertai surat-surat yang lengkap, agar bisa mengurus perizinan dengan lancar.

2. Pertimbangan Biaya Hidupnya

Selain harganya mahal beberapa hewan eksotis langka juga membutuhkan perawatan yang mahal. Jadi, pikirkan matang-matang sebelum membelinya agar nanti bisa mengurusnya dengan baik.

3. Sediakan Kandang dan Jaga Kebersihannya

Ketika memelihara hewan kamu harus menyediakan kandang yang tepat. Jangan terlalu kecil agar hewan tersebut bisa leluasa bergerak. Kebersihannya juga harus dijaga agar tetap sehat dan tidak terinfeksi bakteri. 

4. Cukupi Kebutuhannya

Tidak hanya makanan, hewan eksotis mahal juga butuh kasih sayang dan perawatan yang intensif. 

Berikan vaksinasi dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter hewan. Jangan lupa bangun bonding dengan hewan tersebut agar lebih jinak dan penurut.

Caranya dengan berinteraksi setiap hari dengan mengajaknya berbicara dan melakukan kontak fisik, contohnya dengan membelai tubuhnya.

5. Perhatikan Risiko Keselamatan

Kebanyakan hewan eksotis langka yang dijual di pasaran merupakan satwa hasil penangkaran. 

Meskipun hasil penangkaran sifat liar dan buasnya masih bisa muncul.Jadi, kamu harus memperhatikan risiko keselamatan orang-orang di rumah. 

Agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan pastikan kamu membuat kandang yang sesuai standar. 


Rekomendasi Hewan Eksotis untuk Peliharaan

Perlu diingat tidak semua hewan eksotis legal dipelihara karena ada yang dilindungi pemerintah. Jadi, sebelum membelinya cek dulu masalah administrasinya di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Jika kamu bingung memilih hewan peliharaan, coba simak rekomendasi berikut ini:

1. Burung Toucan

Burung dengan paruh besar ini memiliki corak berwarna merah di bagian leher dan belakang tubuhnya. Habitat aslinya berasal dari kawasan Amerika Selatan, Karibia, dan Meksiko Selatan. 

Burung toucan bisa dipelihara di rumah minimalis karena tidak membutuhkan kandang yang luas. Tampilannya sangat unik dan termasuk hewan peliharaan mahal karena dijual dengan harga sekitar Rp113 juta. 

Jika, belum punya uang kamu bisa menggunakan KTA bunga rendah untuk membeli burung cantik ini.

2. Monyet Capuchin

monyet
foto : https://www.pexels.com/id-id/foto/hewan-duduk-pagar-kayu-15192439/ 

Mau pelihara hewan primata eksotis? Mungkin monyet capuchin bisa menjadi pilihan yang tepat. Tampilannya sangat menggemaskan tak heran jika banyak muncul di film-film Hollywood.

Monyet capuchin banyak ditemukan di wilayah Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan sebagian di wilayah Meksiko. Meskipun harganya mahal banyak orang yang tertarik memeliharanya karena tingkahnya yang lucu.

Agar tidak berkeliaran sembarangan sebaiknya sediakan kandang yang luas. Jika, sudah jinak dan mau dilepas di dalam rumah kamu harus memakainya popok sekali pakai agar tidak buang air kecil sembarangan.  

Monyet capuchin umumnya dijual di kisaran harga Rp100 - Rp120 juta. Cukup mahal bukan? Tapi jangan khawatir kamu bisa membelinya dengan mudah menggunakan KTA.

3. Ular Piton Lavender Albino

Hewan eksotis langka yang legal dipelihara selanjutnya adalah ular piton lavender albino. Corak sisiknya yang indah dihasilkan dari gen resesif yang ada di dalam tubuhnya.

Karena memiliki tampilan yang unik dan mengesankan, jenis ular piton langka ini termasuk hewan peliharaan mahal. Berkat coraknya yang unik ular piton lavender albino menjadi salah satu ular terindah di dunia. 

4. Burung Makau Hyacinth

Memelihara burung makau hyacinth bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak ingin ribet. Perawatannya memang mudah tapi bukan berarti bisa dilakukan secara sembarangan mengingat harganya yang mahal.

Burung Makau jenis ini memiliki tubuh paling besar jika dibandingkan dengan jenis burung Makau lainnya. 

Bahkan ada yang bisa tumbuh dengan tinggi sekitar 1 meter, burung ini umumnya dijual di kisaran harga Rp120 juta. 


Yuk Beli Hewan Eksotis Pakai digibank KTA

Hobi memelihara hewan eksotis tapi terkendala uang? Tenang ada digibank by DBS yang menyediakan pinjaman tanpa agunan dengan persyaratan mudah. Berikut ini keuntungan mengajukan digibank KTA

Selalu online 24 jam penuh, jadi kamu bisa mengajukan KTA bunga rendah kapan saja dan dimana melalui website atau Aplikasi digibank by DBS. 

Tanpa perlu menunggu lama karena proses approval-nya cepat hanya 60 detik.

Setelah disetujui, dana yang kamu butuhkan akan langsung dikirim ke rekening digibank by DBS hingga Rp200 juta. 

Kamu bisa memilih sendiri jumlah dana yang dibutuhkan. 

Angsuran ringan karena bisa dicicil sampai 36 bulan.

Tanpa ribet karena tidak membutuhkan dokumen fisik apapun. 

Syarat pengajuan KTA simpel dan mudah. Cukup pastikan kamu bertempat tinggal di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Semarang. Serta harus mempunyai NPWP, e-KTP, dan penghasilan minimal Rp5 juta per bulan. 

Sekarang tidak perlu bingung lagi mencari dana untuk membeli hewan-hewan eksotis. Dengan menggunakan KTA kamu bisa membeli salah satu rekomendasi hewan di atas dengan mudah. 

Tertarik mengajukannya? Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lanjut seputar syarat dan ketentuannya disini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.Segera ajukan sekarang juga untuk memelihara hewan-hewan eksotis.








1 Comments

  1. Aku pikir apapun jenisnya hewan langka ga bisa dipelihara secara pribadi, ternyata bisa, asal perizinannya lengkap yaaa. Sempet pengen punya orang utan dulu, kalo liat di film pinter banget 🤣🤣. Tapi ga mungkinlah. Selain mahal belinya, mahal juga perawatannya 😄. Ntr budget travelingku abis ke biaya dia 🤣

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .