3 Aplikasi untuk Membantu Mengecek Kesehatan Selama Puasa

aplikasi cek kesehatan tubuh

Merasa lemas di minggu pertama puasa di bulan Ramadan merupakan hal yang wajar. Karena tubuh masih beradaptasi dengan pola makan baru. 

Dari yang biasanya bebas makan kapan pun kita mau, berubah menjadi lebih teratur dengan sistem jendela makan sesuai waktu puasa. 

Dan beberapa orang biasanya mengalami beberapa masalah pencernaan seperti kekurangan cairan (kurang minum air putih), sakit perut (tidak menjaga pola makan ketika berbuka dan sahur), susah buang air besar (sembelit) hingga terkena penyakit asam lambung (gerd).


Rekomendasi Aplikasi untuk Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Nah untuk menjaga agar kondisi tubuh kita tetap fit, sehat dan terkontrol, mengutip dari salah satu situs teknologi berikut ini 3 rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh selama puasa.

Caranya pun sangat mudah, cukup dengan dengan menginstallnya di smartphone masing-masing. Melalui App Store untuk pengguna Iphone atau melalui Google Play untuk pengguna android.


1. Water Minder

aplikasi water minder
sumber : waterminder.com

Aplikasi yang rilis sejak tahun 2013 ini bisa membantu kita dalam memantau asupan air yang dikonsumsi selama berpuasa. 

Dengan mengatur pengingat, kita dapat memastikan bahwa air yang diminum saat sahur dan berbuka sudah cukup.

Karena jumlah kebutuhan tubuh manusia dewasa akan air minum yaitu sekitar 2 liter sehari atau setara dengan delapan gelas air. Maka dengan dibantu dengan aplikasi pengingat tersebut kebutuhan tubuh akan air akan tetap terpenuhi.

Adapun asupan cairan yang tepat di bulan puasa yaitu :

1 gelas setelah bangun sahur.

1 gelas selepas sahur

1 gelas saat berbuka puasa.

1 gelas setelah sholat maghrib.

1 gelas setelah makan malam.

1 gelas setelah sholat isya.

1 gelas setelah sholat tarawih.

1 gelas sebelum tidur


2. My Fitness Pal

my fitness pal
sumber : myfitnesspal.com

Aplikasi Fitnes Pal dapat membantu memantau asupan kalori, nutrisi, dan cairan yang dikonsumsi selama berpuasa.

Semacam food diary dimana hanya dengan satu klik kita bisa memonitor makanan apa saja yang sudah kita konsumsi dan apa saja nutrisi yang tubuh kita butuhkan.

Selain itu di aplikasi ini juga terdapat wadah atau grup diskusi yang memungkinkan anggotanya untuk saling belajar, berbagi tips dan saling berbagi semangat dalam memperoleh tubuh yang lebih sehat.


3. Halodoc

aplikasi halodoc
sumber : halodoc.com


Selain untuk membeli obat, vitamin dan suplemen, aplikasi Halodoc juga dapat membantu mencari dokter atau konsultan kesehatan yang siap memberikan saran dan konsultasi kesehatan selama berpuasa.

Kamu bisa memanfaatkan fitur chat (percakapan) untuk berkonsultasi dengan para dokter siaga. Baik dokter umum maupun dokter spesialis (ahli gizi).


Gunakan Koneksi Internet yang Cepat untuk Mengakses Berbagai Aplikasi Kesehatan Penting

Untuk bisa mengakses semua aplikasi internet yang dapat membantu mengecek kesehatan tubuh selama puasa tentu kita membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil.

Dalam hal ini provider internet IndiHome bisa menjadi pilihan untuk mengakses berbagai kebutuhan akan informasi penting seputar kesehatan.

Termasuk memungkinkan kita untuk berkonsultasi dengan dokter secara online, tanpa perlu bertatap muka secara langsung.

IndiHome dari Telkom Indonesia dengan pelayanannya yang semakin baik hadir melayani kebutuhan masyarakat di seluruh pelosok negeri dengan koneksi internet yang cepat selama 24 jam.

Maka bersyukurlah bahwa perkembangan teknologi bisa mempermudah kita dalam melakukan pengecekan kesehatan tubuh khususnya selama puasa.

FYI melalui layanan internet kebanggaan bangsa ini, kamu juga bisa menikmati berbagai film dan tayangan unggulan melalui IndiHome TV serta hiburan games di Game Streaming.






0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .