Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

Di restoran, biasanya Suki disajikan di wadah berupa kotak yang masing-masing kotak berisi maksimal 5 buah Suki. 1 kotak Suki bisa dihargai sekitar Rp 15.000.


 

jamur enoki (warna putih)
Pilihan Suki favorit saya adalah seafood seperti kepiting, dan tuk sayurannya, jamur enoki menjadi salah satu menu sayuran wajib.

Biasanya sekali makan suki di restoran, bisa mengeluarkan budget sekitar Rp 100.000 lebih. Sebenarnya cukup terjangkau mengingat menu Suki ini dapat disantap beramai-ramai.

Tapi setelah saya tahu bahwa Suki juga dijual di supermarket besar, maka saya memutuskan untuk membuat menu Suki sendiri di rumah. Selain harganya jauh lebih murah, kita bisa mengkonsumsinya setiap saat seperti di saat acara kumpul-kumpul keluarga.

Berikut ini , resep kuah Suki yang bisa anda coba sendiri di rumah, mudah-mudahan cocok dengan selera lidah man-teman ya 😊


Bahan :


500ml Air
Kecap ikan
Garam
Gula pasir
Jeruk nipis
Bawang putih
Udang
Minyak goreng secukupnya




Cara membuat :


1. Kupas udang, sisihkan kulitnya. cuci bersih
2. Iris bawang putih 
3. Panaskan air sampai mendidih
4. Masukkan kulit udang ke dalam rebusan air, biarkan sampai warna kulit berubah
5. Tumis bawang putih sampai harum kemudian masukan ke dalam rebusan kaldu udang.
6. Tambahkan garam dan gula putih secukupnya sesuai selera, atau bisa juga tambahkan penyedap  rasa.
7. Masukan perasan air jeruk nipis sebagai penambah selera,
8. Buang kulit udang di dalam panci dan masukan daging udangnya
9. Kecilkan api, kemudian masukan satu persatu Suki, pilah berdasarkan jenis Suki. Suki yang teksturnya lunak seperti Suki kepiting dan sayuran, bisa dimasukkan terakhir. supaya ga kelamaan dan akhirnya menjadi lembek.

Selamat mencoba😊

Baca juga : Ini Dia Restoran Suki (Shabu Jepang) Terbesar di Kota Bandung







0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .