7 Peralatan Pendukung WFH untuk Menunjang Produktivitas di Rumah

Sejak pandemi virus Covid-19 melanda, bekerja dari rumah alias work from home menjadi sebuah trend sekaligus kebutuhan.

Bekerja dari rumah atau work from home merupakan sistem yang dipilih pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona penyebab Covid-19. 

Dengan memindahkan seluruh rutinitas kantor ke rumah mulai dari tugas harian hingga rapat diharapkan akan menjaga jarak sosial, yakni mengurangi mobilitas manusia, menjaga jarak fisik, dan mengurangi kerumunan orang.

Dan untuk menunjang aktifitas bekerja dari rumah, sebaiknya kita memiliki support system yang sesuai dengan kebutuhan agar kita tetap produktif.

Mulai dari ruangan kerja yang nyaman, hingga peralatan pendukung lainnya yang wajib kita miliki.

peralatan pendukung wfh


Berikut ini tujuh peralatan pendukung WFH yang sebaiknya kita siapkan agar pekerjaan berjalan lancar dan nyaman :


1. Meja dan Kursi

Ketika sudah menentukan ruangan atau sudut yang cocok untuk dijadikan sebagai home office, kita bisa mulai dengan benda utama seperti kursi dan meja.

Pilihlah kursi yang ergonomis agar kita tetap nyaman selama duduk seharian. 

Yaitu kursi yang simetris atau stabil  (usahakan berkaki 4) serta kursi dengan sandaran punggung.

Ergonomis adalah pendekatan ilmu yang bertujuan untuk membuat kondisi dan proses dalam lingkungan kerja yang mengedepankan keselamatan dan kesehatan para pekerja saat bekerja.

Tujuannya agar kita tidak mudah lelah hingga menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit pinggang dan masalah sendi lainnya. 

Selain itu hindari duduk dengan posisi tubuh yang membungkuk. Karena kebiasaan tersebut terkadang muncul tanpa disadari ketika kita duduk dalam waktu yang lama.

Untuk meja kerja yang akan digunakan untuk meletakkan berbagai alat kerja, pilih meja dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau kecil sesuai kebutuhan. 

Sebaiknya gunakan meja yang memiliki sandaran tangan setinggi siku.

Oya selain menggunakan meja kerja dan kursi, kita juga bisa menggunakan meja lipat yang bisa dipindahkan dan dibawa ke sudut rumah manapun. 

Dengan meja lipat, kita dapat bekerja secara santai dengan duduk lesehan sambil bersandar di dinding atau sambil duduk di sofa.

meja laptop
foto : Tokopedia

Meja mungil ini juga bisa menjaga postur tubuh agar tidak begitu membungkuk apabila tidak menggunakan meja sama sekali. 

Dengan beberapa peralatan ini, kita dapat bekerja di rumah secara efektif dan maksimal tanpa membahayakan kesehatan tubuh.


2. Laptop

Laptop merupakan salah satu perangkat penting yang bisa kita gunakan untuk bekerja ketika jauh dari kantor.

Laptop memiliki beberapa model yang portabel dan canggih.

Dan sebagai ibu rumah tangga yang juga work from home saya menggunakan laptop merk HP (Hewlett Packard).

Alhamdulillah laptop pertama yang saya miliki sejak 10 tahun lalu sekaligus laptop kesayangan saya tersebut masih awet sampai sekarang.

Walaupun daya baterainya sudah sedikit berkurang dan agak lemot.  Saya masih bisa menggunakannya untuk mendukung semua aktifitas seperti menulis artikel dan mengikuti zoom.

Dan tak dimungkiri saya juga memiliki keinginan untuk meng-upgrade laptop yang saya miliki ke laptop yang lebih mumpuni.

Untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan, ada dua jenis laptop HP yang saya incar yaitu laptop HP 14s dan  laptop HP Probook 440 G8.

Laptop HP 14s

Laptop HP 14s terdiri dari berbagai tipe. Dan laptop 14s tipe cf2508TU sepertinya sesuai dengan kebutuhan saya. 

Laptop dengan size 14 inchi ini memiliki kapasitas baterai yang tahan lama hingga 14 jam

Dan cocok untuk mendukung aktifitas saya menulis dokumen, menonton streaming, membuat presentasi atau kegiatan multitasking lainnya.

Harga laptop HP 14s bervariasi berdasarkan jenis spesifikasinya, berkisar mulai dari Rp 4juta hingga Rp 7 juta lima ratus ribu rupiah. Relatif terjangkau oleh budget yang saya miliki.

laptop hp baterai tahan lama


laptop hp 14s
Laptop HP 14s cf2508TU dengan warna natural silver. Harga 7 juta 499 rb. Memiliki spesifikasi seperti intel premium gold processor, windows 10 home 64 dan Intel® UHD Graphics.


Laptop Probook 440 G8

Sedangkan untuk laptop HP Probook 440 G8 merupakan salah satu laptop premium yang jadi impian saya.

Memiliki desain yang minimalis dan ringan dan sesuai untuk gaya kerja masa kini. Laptop Probook 440 G8 sepertinya lebih cocok untuk digunakan sebagai laptop bisnis.

Beberapa laptop kelas atas dapat digunakan untuk merender video, mengedit foto, dan melakukan tugas berat lainnya dengan lancar.

Rendering adalah proses menggabungkan hasil editan berupa foto, video, audio, teks, dan objek lainnya.

HP Probook 440 G8 tersedia dalam 3 pilihan processor dari Intel, yakni Intel Core i3, Core i5 dan Core i7 sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan serta budget penggunanya.

laptop hp probook 440 G8
Laptop HP Probook 440 G8 memiliki spesifikasi evo platform 11th gen, intel core i7 dan intel Iris xgraphics, Window 10 pro 64, 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD


Harga laptop HP Probook 440 G8 dibandrol mulai Rp 14 juta hingga Rp 22.500.000


3. Printer

Tidak semua orang membutuhkan printer untuk mendukung pekerjaannya. Karena hadirnya  teknologi digital seperti email, google cloud dan berbagai aplikasi online sudah memudahkan semua aktifitas tanpa perlu mencetak di atas kertas lagi.

Dan walaupun digitalisasi telah merebak, adakalanya kita membutuhkan hardcopy berupa  dokumen khusus seperti invoice atau laporan untuk kebutuhan bisnis dan pekerjaan.

Maka ada baiknya apabila kita memiliki mesin printer di rumah. Karena selain tidak perlu repot keluar rumah,  dengan memiliki printer sendiri, kita bisa nge-print dan scan dokumen kapan saja.

Kita juga bisa menghemat uang dan waktu, yang terpenting kita merasa aman karena terhindar dari resiko terkena virus dari komputer percetakan. 

Karena ada beberapa kejadian, virus bisa pula menghapus seluruh file di dalam flash disk lho.

 

4. Tinta Printer

Bicara printer tentu erat kaitannya dengan tinta. Pilihlah tinta printer yang sesuai dengan spesifikasi mesin cetak kertas yang kita miliki.  

Ada banyak jenis tinta berkualitas yang tersedia di pasaran dan apabila menggunakan printer merk HP, ada banyak pilihan tinta printer yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. 

Seperti HP 678 Original Ink Advantage Cartridge SET dan HP 802 Small Original Ink Cartridge SET.

tinta printer hp original
Tinta printer hp 678 memiliki jumlah page yield sebanyak 480 halaman, dibandrol dengan harga rp 245ribu/set


Page Yield adalah jumlah halaman yang tercetak dari satu Cartridge Toner. Hal tersebut berguna untuk mengetahui berapa banyak halaman yang dapat dicetak.


tinta printer hp small ink
Tinta printer hp 802 memiliki jumlah page yield sebanyak 120 halaman, dibandrol dengah harga Rp 335 ribu/set

Pastikan gunakan tinta printer asli ya. Karena dengan menggunakan tinta printer yang asli kita akan mendapatkan kualitas hasil cetak terbaik.

Mulai dari konsistensi warna, hingga kuantitas cetak yang lebih banyak.

Tak dimungkiri sekarang banyak sekali barang tiruan yang tidak terjamin kualitasnya.

Dan selain itu kita juga mendapatkan jaminan (garansi resmi) dari produsen. 

Jujur saya baru tahu lho kalo tinta printer yang tidak original memiliki potensi untuk merusak komponen bahkan mesin printer.


5.   Koneksi Internet

Ketika bekerja dari rumah secara online, kita mengandalkan koneksi internet yang cepat. Untuk mengirim data dan mengunduh data.

Pilihlah layanan internet sesuai kebutuhan, dan kita bisa berinvestasi dengan berlangganan wifi. 

Dengan berlangganan secara bulanan, biaya yang dikeluarkan relatif lebih ekonomis  karena bisa digunakan oleh semua anggota keluarga di rumah termasuk anak (untuk kebutuhan sekolah daring).


6.   Alat Tulis

Meski teknologi telah mendominasi aktivitas pekerjaan kita, kebutuhan terhadap alat tulis kantor seperti pulpen, spidol, buku tulis, dan sejenisnya tentu tak akan hilang begitu saja. 

Agar tak repot mencari kemana-mana, miliki tempat pinsil atau kotak khusus untuk menyimpan semua printilan yang kita butuhkan.

Letakkan di atas meja atau di  rak terdekat agar mudah kita raih Ketika membutuhkan.

Selain alat tulis miliki juga papan tulis kecil untuk mencatat semua to do list penting yang harus kita kerjakan pada waktu tertentu.


7.   Calendar Tools

Calendar tools kini juga menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki untuk bekerja dari rumah. 

Aplikasi ini berguna untuk mengatur jadwal kita. 

Lewat aplikasi ini kita bisa membuat jadwal kerja pribadi sehingga kita bisa memanage waktu lebih efektif. Dan tetap fokus pada hal-hal yang harus kita kerjakan berdasarkan prioritas.

Salah satu aplikasi yang user friendly dan bisa kita gunakan adalah google calendar

Melalui aplikasi scheduling ini, kita juga bisa memisahkan jadwal pekerjaan dengan jadwal keluarga.

Karena bagaimanapun juga, bekerja dari rumah itu memiliki tantangan tersendiri yang menuntut kita agar cerdas dan bijak dalam mengatur waktu.


Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak sekali peralatan pendukung WFH (Work From Home) yang sebaiknya kita siapkan di rumah. 

Namun semua peralatan pendukung tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang.

Dan saya bersyukur karena di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) seperti sekarang, banyak bermunculan layanan yang mendukung aktifitas WFH.

Nah apabila manteman menggunakan perangkat WFH dengan merk HP (Hewlett Packard) seperti yang saya gunakan.

Silahkan manfaatkan layanan jasa service pemeliharaan laptop, printer, tinta printer dan aksesoris lainnya dengan menghubungi Meora Prima Solusindo

Salah satu perusahaan IT terpercaya yang merupakan partner resmi HP. Dan sudah berpengalaman di bidangnya selama 20 tahun.

Well, semoga aktifitas WFH yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan membuat kita tetap produktif ya . 


Sumber foto : hp.com





18 Comments

  1. Waah bener banget mba.. semenjak WFH kemarin aku langsung beli meja yang pas sih karena kalau mejanya nggak pas jadi lebih cepet pegel badannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba..saya juga lagi ngincer kursi ergonomis buat WFH nih, supaya badan ga pegel kalo duduk lama

      Delete
    2. iya buat yg sering nongkrong di depan laptop butuh banget kursi ergonomis gini, jadi biar makin produktif gitu

      Delete
  2. yesss berasa banget semua item itu dibutuhin selama kerja dari rumah, apalagi laptop sama internet yaa, tanpa kedua item itu kita ga bisa ngerjain apa-apa deh, plus kalendar jadi urgent things sih, harus beneran disiplin sama jadwal masing-masing selama kerja di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Internet emang hal wajib ya buat WFH. Kalo tuk laptop mungkin masih bisa sih pake smartphone tapi lebih ideal pake laptop. Dan calendar tools ga kalah penting juga menurut saya. Balik lagi ke kebutuhan tiap orang sih ya

      Delete
  3. Laptop ini wajib ada tuh kalo udh pny uangnya. Kalo blm punya, ya pake ponsel aja.

    Nah aku ngincer banget tuh laptop HP Probook itu. Speknya kece, harganya masih terjangkau tuh.

    ReplyDelete
  4. salah satu wishlist saya yaitu meja naik turun otomatis saat kerja dan kursi ergonomic biar ga pegel2

    ReplyDelete
  5. Bener banget, sejak suami WFH dan anak SFH, banyak perlengkapan yang dibeli untuk mendukung kegiatan bekerja dan belajar di rumah... Mulai dari meja kerja sampai printer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, anak sekolah harus ngeprint modul tuh

      Delete
  6. aku punya meja kecil yang seperti di gambar mba, yang bisa diadjust gitu biar tangan gak pegal pas ngetik.. praktiss

    ReplyDelete
  7. Saat masih jadi karyawan di jaman corona, saya jarang kebagian WFH. Sekarang setelah resign dan fokus ngurus blog dan ngurus small business, saya ngerasain banget pentingnya meja dan kursi yang ergonomis. Supaya badan tak sakit kalau kelamaan lihat laptop.

    ReplyDelete
  8. Pendukung pekerjaan buat daku juga sih itu, hehe.
    Eh iya plus satu lagi, earphone juga buat dengerin musik, hihi

    ReplyDelete
  9. Saat WFH semakin banyak hal kecil yang perlu diperhatikan ya, Kak. Termasuk alat tempur dan satu lagi, jasa service yang siap digunakan jasanya sewaktu-waktu.

    ReplyDelete
  10. sama satu lagi nih tripod hehehe, aku jadi mupeng sama mejanya nh selama ini pakai container mainan anak=anak untuk dijadikan mejaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho iya jadi keingetan, akupun perlu tripod juga nih

      Delete
  11. yang aku belum punya printer aja nih, tools lain sama dong dengan list nya teteh. laptopku juga merk HP, hehehehe

    ReplyDelete
  12. mantap nih kak. aku kayaknya kudu nabung printer nih belum punya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .