Ini dia Aplikasi Baca Buku Online Storytel yang bisa Didengarkan (Audiobook)

Saat ini mulai banyak orang yang familiar dengan aplikasi baca buku online. Namun belum banyak yang familiar dengan aplikasi audiobook.

Apa sebenarnya audiobook itu?

Secara sederhana audiobook adalah buku yang dibacakan untuk kita (seperti rekaman) dan kita bisa mendengarkannya kapan saja, dimana saja karena berupa file.

Kelebihan dari audiobook ini adalah kita bisa ‘membaca’ buku di sela-sela kesibukan, seperti sambil berolahraga, pulang kerja, atau saat menyetir mobil.


Storytel, Aplikasi Audiobook yang Menjangkau Pecinta Buku di 25 Negara

Adalah Storytel sebuah aplikasi audiobook dan streaming e-book berlangganan terbesar di dunia yang sudah beroperasi di 20 pasar di seluruh dunia.

Storytel yang didirikan oleh Jon Hauksson dan Jonas Tellander ini sudah ada sejak tahun 2005 dan memiliki kantor pusat di Stockholm, Swedia

Layanan audiobook Storytel mulai hadir di Kawasan Asia Pasifik sejak tahun 2017,  dimulai dari India pada 2017, Singapura, dan Korea Selatan pada 2019, dan Thailand pada 2020. 

Kabarnya jumlah pengguna aplikasi audiobook Storytel di Asia Pasifik sudah menjangkau hampir 340 juta pengguna lho.

Ya seiring dengan berkembangnya teknologi digital dan meningkatnya minat masyarakat pada penggunaan aplikasi yang mudah diakses melalui gawai serta tren mendengarkan buku yang semakin populer.

Maka Storytel pun memperluas jangkauannya hingga ke Indonesia.

Aplikasi audiobook Storytel resmi launching di Indonesia pada awal Maret 2022.



Dengan Storytel, Baca Buku bisa Sambil Mengerjakan Pekerjaan Lain

aplikasi audiobook

Sebagai perempuan yang hobi baca dan multitasking, saya seneng banget ketika akhirnya nemu aplikasi audiobook Storytel yang bisa didengarkan sambil mengerjakan pekerjaan lain. 

Jadi saya bisa dengerin audiobook sambil mengetik artikel, sambil mencuci piring atau sambil menyetrika.

Aktifitas yang identik dengan pekerjaan saya sebagai freelancer yang work from home sekaligus Ibu rumah tangga.

Dan saya setuju banget kalo ibu rumah tangga juga harus tetap produktif dan rutin meng-upgrade pengetahuan.

Dengan rutin membaca buku atau memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada di smartphone seperti aplikasi belajar online.

Kan sekarang banyak tuh aplikasi belajar online yang memberikan berbagai pengetahuan untuk meningkatkan soft skill.

Ngomongin baca buku, saya sempet punya target pengen bisa baca seratus buku dalam satu tahun.

Luar biasa ga sih? haha, tapi gapapa, tercapai tidaknya itu mah urusan nanti hehe.

Dan dengan adanya audiobook Storytel ini kayaknya target tersebut bisa lebih mudah tercapai nih.

Karena seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa mendengarkan audiobook bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain. 

Ibarat pribahasa sambil mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Selain bisa memperluas wawasan, mendengarkan audiobook secara otomatis ikut mengurangi durasi kita dalam melihat layar smartphone setiap hari which is jadi lebih sehat untuk mata.


Pengalaman Menggunakan Aplikasi Audiobook Storytel

Yang menyenangkan Storytel memberikan promo menarik untuk pengguna baru berupa free trial selama 7 hari.

Saya pun memanfaatkan kesempatan tersebut dengan langsung download aplikasi Storytel untuk Android atau untuk pengguna iPhone bisa juga langsung download aplikasi Storytel untuk iOS

storytel


Saya menemukan banyak buku best seller serta beberapa novel favorit saya seperti Divortiare karya Ika Natassa serta novel metro pop Ganjil Genap karya Almira Bastari.

Storytel Indonesia memiliki lebih dari 150ribu judul buku dan 19 genre (biografi, romansa, cerita anak, religi, bisnis & ekonomi, pengembangan diri, sejarah, fiksi & non fiksi dan masih banyak lagi).

Genre buku yang paling banyak dinikmati di aplikasi Storytel adalah genre detektif dan romansa.

Tapi buat saya, genre favorit yang saya dengarkan di Storytel adalah genre fiksi dan pengembangan diri.

Mendengarkan audiobook bertema pengembangan diri lebih mudah nempel di ingatan saya.

Walaupun jujur ada beberapa judul novel fiksi yang pernah saya baca, namun ketika dibacakan dalam bentuk audio feel-nya terasa sedikit berbeda.

Entah dari cara si narator membacakan isi buku atau dari jenis suaranya.

Tapi ada juga novel fiksi yang enak didengarkan seperti Novel selamat tinggal karya Tere Liye, yang sedang saya dengarkan.

buku tere liye


Novel Selamat Tinggal bercerita tentang Sintong Tinggal yang merantau dari Medan ke Jakarta untuk melanjutkan kuliah. Sambil kuliah Sintong menjaga toko buku bajakan milik pamannya. 

Hingga tak terasa hampir 6 tahun, kuliah Sintong masih belum selesai juga.

Selama tinggal di Jakarta, Sintong bertemu dengan berbagai macam karakter manusia yang berkunjung ke toko buku. Ada yang suka berbohong, suka curang, berbuat jahat dan berbagai keburukan lainnya.

Sintong juga bertemu dengan seorang gadis manis berambut panjang bernama Jes, mahasiswi fakultas Ekonomi di kampus yang sama tempat Sintong kuliah.

Jes tidak menyangka kalo Sintong yang bekerja sebagai penjaga toko buku juga merupakan mahasiswa fakultas Sastra yang pandai menulis.

Melalui novel Selamat Tinggal karya pria asal Sumatra Selatan ini banyak sekali pesan moral yang bisa didapatkan.

Salah satunya adalah kita belajar untuk mengucapkan selamat tinggal pada sifat-sifat buruk yang mungkin pernah kita lakukan di masa lalu.

buku tere liye storytel

Oya karena ini adalah audiobook, menurut saya suara narrator sangat berpengaruh pada sampai tidaknya pesan yang ingin disampaikan melalui buku tersebut.

Saya seneng denger suara mba Ajeng Atmakusumah sebagai narator di buku Selamat Tinggal karena suaranya terdengar pas dan komunikatif.

Di aplikasi Storytel kita juga bisa langsung follow series, author (penulis buku) atau narator sehingga kita bisa tahu apabila ada konten baru yang dirilis.

narator audiobook


Storytel Indonesia bisa Didengarkan dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Mandarin

Selain bahasa Indonesia, di aplikasi storytel Indonesia juga terdapat layanan berbahasa Inggris dan Mandarin.

Contoh buku berbahasa Inggris di Storytel adalah buku Sapiens karya Dr. Yuval Noah Harari. Buku tersebut bercerita tentang proses evolusi manusia mulai dari Neanderthals menuju homo spesies lainnya seperti homo sapiens.

Homo Sapiens merupakan manusia purba yang memiliki kesamaan dengan manusia modern.

storytel


Dan ada juga buku Hunger Games yang kemudian hadir dalam film layar lebar. Serta buku Game of Thrones yang tayang menjadi sebuah serial TV popular.

Atau audiobook Indonesia seperti Mariposa, Dilan dan Negeri Lima Menara yang juga diangkat menjadi film layar lebar.

dilan 1990

Yang menjadi narator di audiobook Dilan adalah artis Sissy Prescillia (kakak kandung Vanesha Prescila pemeran Milea di cerita Dilan).

Selain Sissy ada juga artis lain yang berkesempatan untuk menjadi narator seperti Dian Sastro (buku Dunia Sophie), dan Chicco Jericho (buku Filosofi Kopi).

Sedangkan contoh audiobook berbahasa Mandarin dapat ditemukan pada buku anak berjudul The Lazy Cat.

storytel


Karena buku cerita anak, durasi buku The Lazy Cat ini hanya 6 menit saja. Halaman pertama dibacakan menggunakan bahasa Inggris dan halaman kedua dibacakan menggunakan bahasa Mandarin.

Sedangkan novel Selamat Tinggal karya Tere Liye yang sedang saya dengarkan memiliki total durasi 11 jam 26 menit  yang terbagi menjadi 29 halaman.

target baca buku


Durasi tiap buku memang relatif panjang, tapi ga usah khawatir, audiobook Storytel ini bisa didengarkan kapan saja. 

Kalo misalnya baru sempat baca beberapa halaman, kita tinggal save (simpan) di menu Bookshelf (Lemari Buku). Kemudian bisa kita lanjutkan setiap saat.


Aplikasi Storytel Tersedia dalam Layanan Audiobook serta E-book

Perhatikan icon earphone dan kacamata sebagai pembeda kategori buku yang audible dan readable.

Seperti pada buku best seller Harry Potter audiobook yang bisa didengarkan dalam bentuk audio sekaligus juga bisa dibaca secara langsung.

storytel


Atau buku The Secret karya Rhonda Byrne dan buku How to Win Friends & Influence People karya Dale Carnegie.

Mendengarkan audiobook berbahasa Inggris memang cukup menantang. Karena kita dituntut untuk lebih fokus mendengarkan. Namun sangat bagus bagi kita untuk melatih skill listening  dan menambah perbendaharaan kosa kata.

Maka melalui fitur ini kita bisa menyeimbangkan keduanya, sesekali mendengarkan dan kemudian membaca. 


Kelebihan Aplikasi Storytel

1. Bisa didownload terlebih dahulu dan bisa dibaca nanti tanpa kuota internet.

2. Bisa dibagikan ke sosial media seperti Instagram stories, Facebook stories, Twitter, Whatsapp dan sebagainya.

3. Kecepatan audio bisa diatur sesuai keinginan

4. Bisa dibagikan ke teman yang ingin menikmati program free trial.

5. Memiliki mode tidur. Bisa didengarkan menjelang tidur dengan sleep timer.

6. Tersedia dalam layanan baca dan atau dengarkan. Jika tersedia dalam kedua format kita dapat beralih antara membaca dan mendengarkan kapan saja kita mau

7. Tersedia menu komentar. Apabila kita menyukai bagian buku tertentu kita bisa memberikan komentar berupa review.

8. Tersedia dalam bentuk gift card yang bisa kita berikan kepada teman, keluarga atau pasangan sebagai hadiah. Gift card berlaku selama 2 tahun sejak tanggal pembelian.

9. Storytel tetap bisa didengarkan saat kita bepergian ke luar negeri, namun tidak semua konten tersedia di semua negara. 

Pastikan audiobook sudah didownload 100% dan nyalakan mode penerbangan pada smartphone atau tablet untuk memastikan. Jangan lupa untuk mematikan roaming pada perangkat untuk menghindari tagihan yang tidak diinginkan.

10. Terdapat fitur laporkan kesalahan. Dalam fitur tersebut kita dapat mengirimkan laporan apabila terdapat kesalahan seperti konten tidak cocok untuk anak, kesalahan pada audiobook, terdapat salah judul atau salah eja yang dilakukan oleh penulis atau narator, dan sebagainya.


Penutup

Masih banyak rekomendasi buku menarik lainnya, mulai dari buku klasik hingga rilisan terbaru yang bisa kita peroleh melalui aplikasi baca buku online Storytel.

Dan setelah saya coba pakai aplikasi audiobook Storytel secara gratis selama 7 hari, saya memutuskan untuk berlangganan saja. 

Karena dengan biaya Rp 39.000/bulan, kita bisa menikmati dan mengakses ratusan macam judul buku yang kita inginkan.

Selain mendengarkan audiobook sambil beraktivitas, saya juga senang mendengarkan audiobook  di saat menjelang tidur. 

Selain bisa lebih fokus dengerin juga sekaligus bisa menjadi sarana nina bobo gitu lho.

Aplikasi Storytel juga dilengkapi dengan fitur custom sleep timer.

Mau dengerin sampai akhir. Setelah 15 menit, 30 menit atau 45 menit. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Yuk segera download aplikasinya mumpung masih promo sampai dengan Juli 2022.

Untuk berlangganan aplikasi Storytel bisa dilakukan lewat pembayaran kartu kredit, kartu debit, atau pembayaran digital (e-wallet) seperti ShopeePay, Dana, Doku, GoPay atau Ovo.


sumber foto : IG @storytel.id

27 Comments

  1. storytel jadi gaya hidup masa kini yang membuat kita mudah membaca dengan mendengarkan. Wah ini namanya double function bisa sekaligus dikerjakan. Semoga lebih banyak orang suka membaca dengan storytel.

    ReplyDelete
  2. mau install ah

    solusi untuk saya yang 'sok sibuk' tapi harus baca buku nih

    dengan storytel kebutuhan akan membaca buku terpenuhi karena bisa sambil masak, nyuci baju bahkan sambil merem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ambu, saya juga biasanya dengerin buku di aplikasi storytel sambil nyetrika hehe. dan dengerinnya ga mesti pake earphone. praktis nih.

      Delete
  3. Wow baru tau ada apk ini. Jadi perjalanan bogor jakarta enak nih bisa dengerin cerita. Sambil menatap keluar jendela kereta hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya nih, tinggal pasang ear phone tuh. tapi jangan sampai ketiduran ya hihi

      Delete
  4. Baru tahu ada aplikasi Storytel ini, pas banget nih buat yang tipe auditori. Mau rekomendasiin buat suami yang auditori

    ReplyDelete
  5. Aku pun lagi explore storytel. Sekali nyoba masih ketagihan. Cek-cek katalognya juga banyak banget buku terjemahan dari luar. So, kalau mau baca buku dari karya penulis luar negeri, nggak susah lagi nyarinya. Mantap lah, apalagi bisa disambil dengan aktivitas lain. Untuk aku yang susah baca buku fisik, aplikasi ini sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  6. Dulu cuma denger denger aja soal audibooo, makin kesini makin hits ya meski aku pribadi masih prefer buku fisik hehe. Semacam mendengarkan podcast orang membacakan buku yah Mbak, plusnya praktis dan bisa dilakukan dimana aja ya

    ReplyDelete
  7. aku sedang mendengarkan ayat ayat cinta nih di storytel dan asyik ya kayak dengerin radio versi modern hehehe

    ReplyDelete
  8. Ini adalah aplikasi favoritku
    Aku sudah langganan aplikasi Storytel ini
    Sudah dengerin 6 buku di Storytel

    ReplyDelete
  9. Daya jangkaunya luas ya hingga 25 negara ya mba. Memudahkan sekali ada inovasi seperti ini. Nambah ilmu dengan mendengarkan

    ReplyDelete
  10. Aduhh aku sudah lama mau download aplikasi storytel ini tapi kelupaan aja. Nanti aku langsung cuss ah keknya banyak banget yg make krena bervariasi cerita yg kita dengarin di sana

    ReplyDelete
  11. wah praktis juga nih, seperti dengar podcast ya :D

    ReplyDelete
  12. Wah ini bisa di berikan ke anak-anakjadi seperti kek ada yang menceritakan gitu ya, emak-emak kalau lagi pekerjaan di dapur bisa pakai aplikasi ini untuk anak mereka. Orang dewasa juga bisa pakai ini, jadi bisa mengerjakan yg lain sambil dengarnarratornya berbicara, aku mau coba download dulu mbak aplikasinya.

    ReplyDelete
  13. Mau nyobain ah kalau hanya dengan biaya Rp 39.000/bulan bisa dapat manfaat yang besar. Oh ya ini bisa kita putar pakai speaker aktif kan ya? jadi bisa sambil mengerjakan aktivitas lainnya di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss cobain kak..bisa banget di dengerin pake speaker. btw aplikasi sorytel ini bisa distel tanpa headset

      Delete
  14. Aku dengerin Storytel sambil ngabuburit asyik banget. Yang didengerin pribadi hebat karya Buya Hamka. Duh makin semangat belajar menjadi pribadi hebat jadinya.

    ReplyDelete
  15. Aku masuk yang masih asing dengan audiobook. Kalau dipikir, lebih enak ini ya. Kita dengar buku dan bisa ngerjain hal lain juga. Nanti coba install storytel deh

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget dengerin Storytel sambil beberes rumah atau menjelang tidur. Berasa kayak denger sandiwara radio di masa lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya bener bangeet..kayaknya kita seangkatan nih, pernah denger sandiwara radio wkwkwk

      Delete
  17. wah ini mah alternatif banget buat yang udah susah sempetin waktu baca buku. bisa sambil denger aja di Storytel sekalian jadi teman tidur. bonus didongengin chicco jericko :D

    ReplyDelete
  18. Nyimak buku bisa sambil mengerjakan tugas yang lain, jadi keunggulannya audiobook ya. Apalagi Storytel ini bisa didengarkan bareng²

    ReplyDelete
  19. praktis banget aplikasi Storytel ini, jadi bisa disambi ngerjakan kerjaan lain. Kadang kalau baca buku fisik, kudu stay terus didepan buku, nggak bisa ngerjain hal lain.
    Dan harga langganannya juga ga mahal mahal banget

    ReplyDelete
  20. Saya sudah sebulan ini langganan aplikasi Storytel mbak.
    Senang bisa mendengarkan banyak buku-buku best seller di sini

    ReplyDelete
  21. Seneng sekarang sudah ada storytel yang bisa memfasilitasi baca tanpa ribet dan alasan nggak ada waktu. Baca jadi lebih menyenangkan dan pastinya mengurangi budget beli buku fisik, yang kadang habis beli cuma di simpen di rak tanpa tahu kapan mau dibaca

    ReplyDelete
  22. Semenjak hadirnya Storytel, itu ngebantu banget aku yang pengen nikmati buku tapi gak sempet. Storytel bener-bener memudahkan kita banget nih.

    ReplyDelete
  23. aku juga dengerin novel The Watchman di Storytel keren banget sih, naratornya hebat, ada transisi music dan sambil bersenandung juga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .