Kemajuan Teknologi Digital dan Pendidikan

teknologi digital dan pendidikan


Mengutip dari pusdatin.kemdikbud.go.id terdapat akselerasi yang luar biasa dalam pemanfaatan teknologi digital di dunia pendidikan pada masa pandemi.

Tak dipungkiri pandemi Covid-19 yang melanda dunia di awal 2020 lalu berhasil memaksa semua orang untuk dapat beradaptasi menggunakan instrumen teknologi digital.

Anak-anak sekolah yang mulai terbiasa belajar secara online dari rumah hingga para staf pengajar yang harus memberikan materi pengajaran secara jarak jauh menggunakan koneksi internet.

Penggunaan media elektronik seperti laptop, tablet, smartphone dan internet sebagai media pembelajaran pun menjadi hal yang umum.


Digitalisasi Pendidikan

Ya di era teknologi digital seperti saat ini setiap orang bisa belajar dari media elektronik dan belajar dari mana saja.

Sebagai seorang generasi milenial, saya tak pernah membayangkan bisa ‘belajar dari rumah’ memanfaatkan layanan internet.

Beberapa kali saya pernah mengikuti workshop, webinar hingga kursus online yang diadakan secara live (real time). Dan jujur manfaat yang saya peroleh tidak jauh berbeda dengan proses pembelajaran secara langsung.

Yang menyenangkan, saya bisa mengikuti materi yang diberikan dengan fokus dan baik serta tetap dapat melakukan interaksi (memberikan dan menjawab pertanyaan) melalui fitur chat.

Dalam hal ini digitalisasi pendidikan merupakan upaya untuk menunjang proses pembelajaran secara online tanpa mengurangi esensi dalam penyampaian materi.

Melalui pembelajaran secara online kita dapat belajar di mana pun tanpa harus bertemu dengan guru secara langsung.

program magang gamelab


Selamat Datang di Era Society 5.0

Apa itu era Society 5.0 ?

Era Society 5.0 adalah sebuah masa dimana manusia dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi 4.0 dan berpusat di teknologi.

Pendidikan di era Society 5.0 menuntut setiap orang untuk lebih kreatif, inovatif, produktif, adaptif dan juga kompetitif.

Hal tersebut merupakan implementasi dari kemajuan teknologi digital sekaligus sebagai tantangan bagi semua orang agar siap dengan berbagai perubahan termasuk dalam bidang pendidikan.

Dan kita patut bersyukur karena pemerintah Indonesia bekerjasama dengan KemKominfo memberikan fasilitas dan dukungan penuh bagi masyarakat. Dengan menyediakan  layanan internet murah untuk aktivitas pembelajaran online.


Layanan Internet Murah Sebagai Support System

Kemajuan teknologi digital tentu tidak akan berjalan tanpa didukung oleh adanya layanan internet. Dan sekarang sudah banyak paket data internet murah yang bisa kita manfaatkan untuk mengakses berbagai ragam informasi yang kita butuhkan.

Paket data adalah paket yang bisa kita pilih untuk mengakses koneksi internet melalui smartphone atau laptop. Harga paket data internet murah bervariasi mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 100.000

Atau kalau mau lebih hemat dan praktis kita bisa berlangganan paket data melalui perusahaan provider penyedia layanan internet seperti IndiHome. Dengan sistem pakai dulu bayar kemudian (pasca bayar).

Jadi semua anggota keluarga di rumah dapat mengakses layanan internet secara bersama-sama. Biasanya bisa diakses oleh hingga 7 perangkat bahkan lebih.

internet murah
Promo Jitu dari IndiHome berlaku s/d 31 Desember 2022 | sumber : indihome.co.id

Harganya relatif lebih murah karena unlimited dengan pilihan paket internet mulai Rp 200.000/bulan dengan kecepatan up to 30 mbps.

Bahkan ada juga internet murah yang menawarkan paket internet dan telepon plus bonus layanan streaming yang menayangkan film-film hits lokal dan mancanegara.

Kita bisa memilih paket data internet sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau.


Internet Memudahkan Kita dalam Memperoleh Pendidikan 

Dengan adanya dukungan layanan internet murah tersebut tentu peluang untuk mendapatkan pendidikan dari perangkat dengan teknologi digital pun semakin terbuka luas.

Kita dapat mengakses berbagai pustaka online setiap saat dan memudahkan kita dalam mencari informasi yang sedang dibutuhkan,

Melalui internet kita dapat memperoleh informasi yang jauh lebih update.

Selain itu melalui kemajuan teknologi digital kita bisa memanfaatkan berbagai fitur canggih seperti video conference.

Faktanya banyak mahasiswa Indonesia yang mengikuti kegiatan perkuliahan online dari universitas ternama  di luar negeri. Dan berhasil lulus dengan hasil memuaskan.

Dengan adanya kemajuan teknologi digital, media internet bisa menjadi fasilitas untuk memperoleh pendidikan formal dan informal.

Bahkan beberapa sekolah dan institusi sudah menyediakan konsep e-learning berbasis 3 dimensi. Kegiatan belajar pun semakin interaktif dan menyenangkan.   


Prediksi Kemajuan Teknologi Digital di Bidang Pendidikan

Mengutip dari republika.co.id beberapa negara seperti Jepang dan China sudah menerapkan teknologi Virtual Reality (VR) dalam bidang pendidikan.

virtual reality adalah

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang mampu membangkitkan suasana 3D secara nyata. Sehingga membuat penggunanya merasa seperti berada di dalam dunia nyata meskipun pada kenyataannya sedang berada di dunia maya.

Kemajuan teknologi digital juga memberikan kontribusi penting bagi kaum disabilitas. Software berbasis cloud dapat memberikan konten secara lisan yang sangat bermanfaat bagi anak tuna netra.

Kita juga bisa berkolaborasi dengan berbagai institusi pendidikan dari berbagai belahan dunia, untuk mencapai tujuan bersama.

Well, teknologi digital di bidang pendidikan di masa depan tentu akan terus berkembang menjadi lebih luar biasa lagi.

Dan sebagai manusia kita harus selalu siap dan memiliki agility dalam menghadapi berbagai perubahan dalam hidup.

Agility adalah kemampuan seseorang beradaptasi dengan cepat sesuai tuntutan lingkungannya.


Kesimpulan

Yuk manfaatkan kemajuan teknologi digital di berbagai bidang khususnya bidang pendidikan untuk membuka wawasan seluas-luasnya.

Upgrade terus pengetahuan dan skill kita dengan mengakses berbagai informasi bermanfaat dari internet.

Apalagi sekarang kita sudah didukung oleh layanan internet murah dari IndiHome by Telkom Group.

Sebagai perusahaan BUMN, Telkom Group berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menyediakan layanan infrastruktur telekomunikasi internet di seluruh kota dan daerah.


Sumber foto : freepik.com edited by sarrahgita



17 Comments

  1. Internet emang jadi sesuatu yang penting ya saat ini. Kayaknya kita bisa melakukan apapun dengan modal internet. Mulai dari urusan pendidikan sampai urusan mencari penghasilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba Yuni, internet udah melekat banget dengan kehidupan sehari-hari. Kayaknya hidup terasa lebih berat kalo ga ada internet hehe

      Delete
  2. Bener aku setuju banget manfaatkan kemajuan teknologi digital di berbagai bidang khususnya bidang pendidikan untuk membuka wawasan seluas-luasnya.

    ReplyDelete
  3. Mungkin yang perlu terus digaungkan saat ini adalah edukasi dan sosialisasi pemanfaatan teknologi untuk segala bidang termasuk pendidikan ini ya, kak.

    Soalnya terkadang masih banyak juga yang denial dengan alasan dan jawaban normatif. Padahal, manfaatnya memang jangka panjang kedepan, bahkan kalau tidak mau mengupdate diri, ya.. nanti gak bisa mengikuti.

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, saking betahnya di dunia ini, tidak terasa sekarang kita sudah menghadap era society 5.0 ya. masa dimana manusia dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi 4.0 Teknologi canggih memang bisa jadi alat bantu kita ya, tinggal kita milih, menjadi pelaku baik atau buruknya...

    ReplyDelete
  5. Akan lebih memudahkan tinggal penyediaan sarana dan prasarana ditingkatkan

    ReplyDelete
  6. Benar sekali mbak
    Dengan adanya perkembangan teknologi pendidikan dan dukungan internet, maka akses pendidikan semakin mudah didapat ya

    ReplyDelete
  7. Pengakuan "saya tidak bisa" untuk zaman sekarang sepertinya gak bakalan berdampak besar, minimalnya kita bisa memanfaatkan platfrom online seperti youtube, ya balik lagi ke ketukan diri pribadi

    ReplyDelete
  8. Sekarang hitungannya paket internet lebih murah, sinyal lebih stabil juga. Di pelosok pun udah banyak jaringan. Jadi memang betul bahwa teknologi udah lebih oke dan banyak yang manfaatkan ini

    ReplyDelete
  9. Sudah jadi kebutuhan ya, penggunaan internet. Di bidang apapun baik pendidikan, pemasaran maupun hal lainnya terkait dengan internet. Banyak orang terhubung semakin luas berkat internet.

    Aku sebagai pengajar juga ikut terbantu saat mencari bahan ajar maupun video solusi soal yang terkadang sulit diselesaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba Sari, Alhamdulillah pemerintah juga memberi dukungan penuh dengan memberikan fasilitas internet murah. Para akademisi pun merasakan manfaatnya

      Delete
  10. Internet sekarang memang menjadi kebutuhan setiap rumah ya, mbak. Memang paling oke sih pakai wifi gini buat 1 keluarga jadinya nggak harus beli paket buat tiap orang

    ReplyDelete
  11. Internet dan teknologi yang mumpuni membuat ilmu serta informasi mudah didapat ya kak. Kalau zaman dulu mengandalkan guru semata, kalau sekarang lebih mudah. Banyak pengetahuan yang bisa didapat via internet (tentunya ada penyaringan juga).

    ReplyDelete
  12. Era digital sperti sekarang ini semua orang membutuhkan internet makanya sekarang ibu rumah tanggapun bisa mendapatkan penghasilan tambahan

    ReplyDelete
  13. Bidang pendidikan jadi hal yang mengena memang berkat adanya teknologi, karena kita bisa belajar dimana dan kapan aja, meski beda lokasi

    ReplyDelete
  14. Internet memang hal yang sangat penting di masa sekarang ya mba. Terutama untuk orang dengan mobilitas terbatas, dengan internet kita bisa belajar apa saja.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget teh, kalo sekarang tuh yang namanya internet bener2 dibutuhkan banget untuk berbagai hal, mulai dari kebutuhan edukasi sampai mempermudah pekerjaan juga. Makanya ga heran kalo internet adalah support system terhadap perkembangan zaman. :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .