Pengalaman Menarik Berkunjung Ke Galeri Seni Nuart, Bandung

Sudah sejak lama saya tahu dan mendengar tentang galeri seni Nuart tapi baru Selasa lalu saya mempunyai kesempatan untuk datang berkunjung ke tempat tersebut. 

Kesan pertama ketika saya memasuki gerbang Nuart..wow ternyata tempatnya sangat indah dan menarik. 

Galeri Nuart merupakan area seni dengan luas sekitar 3 hektar yang didalamnya terdapat patung-patung indah karya seni tinggi berbahan dasar logam seperti tembaga dan kuningan hasil karya Nyoman Nuarta.


galeri Nuart Bandung
Berfoto bareng teman-teman dari komunitas blogger Bandung di pintu gerbang Nuart


Lokasi dan Sejarah Galeri Nuart


Galeri Nuart terletak di daerah Setra duta, Bandung tepatnya di komplek Setra Duta jl. Setra Duta Raya L6, Bandung. Sekitar 10 menit dari pintu gerbang tol Pasteur ke arah kampus Maranatha. 
 
Galeri Nuart berdiri sejak tahun 2000 yang pada awalnya galeri tersebut dibuat hanya untuk menyimpan hasil karya Nyoman Nuarta.

Namun lama-kelamaan banyak wisatawan datang berkunjung dengan tujuan sekedar bersantai dan melihat koleksi Nyoman Nuarta.
 
Galeri pribadi milik Nyoman Nuarta ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan Nuart Sculpture Park. Nuart Sculpture Park didesain dengan konsep taman yang didalamnya terdiri dari sculpture park, galeri, craft boutique workshop serta N Café. 

Galeri berlantai dua ini menyimpan koleksi patung yang bernilai milyaran rupiah.


Mengenal Sosok Nyoman Nuarta


Nyoman Nuarta adalah seniman asal Bali yang merupakan salah satu sosok pematung terbaik yang dimiliki Indonesia. 

Nyoman Nuarta mengambil pendidikan di Institut Teknologi Bandung jurusan seni rupa pada tahun 1972. 
 
Awalnya, Nyoman Nuarta belajar seni lukis tapi setelah dua tahun kemudian Nuarta memutuskan untuk pindah ke jurusan seni patung karena beliau merasa bakat dan kemampuannya lebih berkembang di seni patung. 

Hingga pada tahun 1979 Nuarta ikut sebuah lomba membuat patung proklamator republik Indonesia dan Nuarta pun berhasil menang.


nyoman nuarta
Sang Maestro Nyoman Nuarta (sumber foto www.nuartscupturepark.com)


Patung Karya Seni Nyoman Nuarta


Galeri Nuart Sculpture Park memiliki kurang lebih 123 patung dengan berbagai bentuk serta 69 lukisan yang dibuat dari bahan logam dan polyester sin

Hasil karya nyoman Nuarta yang orisinal dan unik menjadi daya tarik tersendiri dibanding karya sejenis seniman lainnya yang terjun di bidang yang sama. 
 
Hasil karya seni Nyoman Nuarta pun telah banyak memperoleh penghargaan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.




patung nyoman nuarta
Patung perempuan yang akan menyambut ketika kita memasuki gerbang galeri Nuart





nuart sculpture park bandung
                       Patung hasil karya Nyoman Nuarta dengan judul Devi Zolim
                            Dibuat pada tahun 2015 dengan tinggi 2,4 meter.



harga patung nyoman nuarta
Salah satu patung berbentuk macan hasil karya Nyoman Nuarta yang ada di area outdoor



galeri seni nyoman nuarta
Salah satu kutipan dari buku tentang Nyoman Nuarta karangan seniman Jim Supangkat


Salah satu patung luar biasa karya seni maestro Nyoman Nuarta yang kemudian menjadi simbol dan daya tarik pariwisata di pulau dewata Bali adalah patung GWK (Garuda Wisnu Kencana). 

Patung tersebut memiliki ukuran raksasa yaitu tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan menjadi salah satu patung terbesar yang ada di dunia. 
 
Patung GWK ini merupakan patung replika dewa Wisnu yang sedang mengendarai kendaraannya yang berupa burung Garuda.

patung gwk bali
Patung Garuda Wsnu Kencana karya Nyoman Nuarta yang ada di Bali (sumber foto : pusakaindonesia.org)
 
Dan untuk manteman yang pernah atau sering lewat perempatan Jalan Lembong dan Jalan Veteran, Bandung, terdapat sebuah patung hasil karya Nyoman Nuarta.

Yang bisa masyarakat nikmati setiap saat yaitu patung berbentuk pemain sepakbola yang dipajang di area taman di jalan tersebut.

patung karya nyoman nuarta
sumber foto : indonesiacayo(dot)com


Galeri Nuart Sebagai Tempat Tujuan Wisata dan Edukasi

Nuart Sculture Park memiliki potensi menjadi salah satu tempat tujuan wisata dan edukasi bagi masyarakat terutama kalangan pecinta seni. 

Untuk masuk ke dalam galeri pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 untuk dewasa dan umum serta Rp 25.000 untuk anak usia sekolah dan mahasiswa. 
 
Beberapa waktu yang lalu galeri Nuart ini dibuka secara gratis untuk umum tapi mulai sejak awal tahun 2016 Nuart menetapkan harga tiket masuk.

Dengan tujuan supaya karya seni nya bisa lebih diapresiasi oleh masyarakat banyak (masyarakat lokal dan mancanegara) dan dalam rangka ikut mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang kepariwisataan.



galeri seni nuart
Kolam dengan gemericik air di area Galeri Nuart Sculpture Park yang asri


tiket masuk galeri nuart
Di Galeri Nuart anda bisa menikmati dan mengabadikan karya seni menggunakan kamera tapi INGAT ga boleh menyentuh patung dan No Tongsis ya temans :)
 
Banyak sekali manfaat dan unsur edukasi yang bisa diperoleh setelah mengunjungi galeri seni Nuart ini. 

Saya percaya, bahwa jiwa seni seseorang dapat muncul dan berkembang setelah mengunjungi galeri Nuart karena pengaruh lingkungan seni yang begitu sarat dengan keindahan rasa dan karya.
 
Saat ini galeri Nuart memiliki sebuah studio baru yaitu studio mini menyerupai studio bioskop yang didalamnya memutarkan video tentang karya Nyoman Nuarta. 
 
Video singkat berdurasi sekitar 20 menit yang isinya mempertontonkan tentang seni yang memiliki hakikat kembali kepada alam semesta (Back to Nature).

Serta kemegahan patung-patung karya Nuarta yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia yang dibuat dengan penuh kerja keras oleh puluhan bahkan ratusan seniman yang tergabung dalam tim proyek seni Nuarta.

museum nuart
Area tempat duduk di studio mini Galeri Nuart

Beneran deh galeri Nuart ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat tujuan wisata bersama teman, kerabat, keluarga dan pasangan. 

Daripada berkunjung ke mal yang menurut saya masih gitu-gitu aja dan cenderung konsumtif tidak ada salahnya apabila anda mengajak orang terdekat untuk berkunjung ke galeri Nuart.
 
Kita bisa berjalan kaki di sepanjang taman yang rimbun oleh pepohonan hijau sambil menikmati air mancur dan anda pasti akan terkagum-kagum melihat hasil karya seni buatan Nuarta persis seperti yang saya rasakan waktu itu. 

Konsepnya luar biasa dan kok kepikiran ya.. Amazed banget deh.

Makanya saya ingin sekali bisa datang lagi ke galeri Nuart, entah bareng pasangan, keluarga ataupun teman. Karena masih banyak spot menarik yang belum sempat saya kunjungi. 
 
Di galeri Nuart terdapat tempat kediaman Nyoman Nuarta yang kental dengan sentuhan ukiran khas Bali yang  juga disebut dengan gedung Kuning. 

Disebut gedung kuning karena bangunan ini memiliki dominasi warna kuning muda. Gedung kuning tersebut juga berfungsi sebagai gedung serba guna tempat menerima tamu dan presentasi seni.

Selain menikmati hasil karya seni tinggi buatan Nyoman Nuarta pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan seru lainnya seperti pelatihan singkat membuat hasil karya seni dengan tangan sendiri yaitu belajar membuat patung, membuat lukisan hingga membuat batik. 
 
Yang mana kegiatan tersebut akan dipandu oleh instruktur berpengalaman yang sudah disediakan. Di galeri Nuart anda bisa membeli souvenir berupa miniatur dari karya-karya Nyoman Nuarta dan seniman lainnya ( dalam maupun luar negeri). 

Dan setelah selesai berkeliling di galeri Nuart kita bisa berisitirahat dan menikmati sajian kuliner di N café, menu andalan di N café adalah nasi campur dan bebek Bali crispy. 
 
Yuk segera luangkan waktu dan ajak teman, pasangan serta anggota keluarga lainnya untuk segera datang berkunjung ke galeri Nuart :) dan dapatkan pengalaman menarik yang tak terlupakan!

Nuart Sculpture Park
Alamat : Jl. Setra duta raya L6, Bandung
Telp : 022-2017812
Wesite : www.nuarta.com

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .