Skip to main content

Pengalaman Menarik Berkunjung Ke Galeri Seni Nuart, Bandung

Sudah sejak lama saya tahu dan mendengar tentang galeri seni Nuart tapi baru selasa lalu saya mempunyai kesempatan untuk datang berkunjung ke tempat tersebut. Kesan pertama ketika saya memasuki gerbang Nuart..wow ternyata tempatnya sangat indah dan menarik. Galeri Nuart merupakan area seni dengan luas sekitar 3 hektar yang didalamnya terdapat patung-patung indah karya seni tinggi berbahan dasar logam seperti tembaga dan kuningan hasil karya Nyoman Nuarta.

Berfoto bareng komunitas blogger Bandung di pintu gerbang Nuart


Lokasi dan sejarah galeri Nuart

Galeri Nuart terletak di daerah Setra duta, Bandung tepatnya di komplek setra duta jl.setra duta raya L6, Bandung. Sekitar 10 menit dari pintu gerbang tol Pasteur ke arah kampus Maranatha. Galeri Nuart berdiri sejak tahun 2000 yang pada awalnya galeri tersebut dibuat hanya untuk menyimpan hasil karya Nyoman Nuarta namun lama-kelamaan banyak wisatawan datang berkunjung dengan tujuan sekedar bersantai dan melihat koleksi Nyoman Nuarta.
Galeri pribadi milik Nyoman Nuarta ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan Nuart Sculpture Park. Nuart Sculpture Park didesain dengan konsep taman  yang didalamnya terdiri dari sculpture park, galeri, craft boutique workshop serta N Café. Galeri berlantai dua ini menyimpan koleksi patung yang bernilai milyaran rupiah.


Mengenal sosok Nyoman Nuarta

Nyoman Nuarta adalah seniman asal Bali yang merupakan salah satu sosok pematung terbaik yang dimiliki Indonesia. Nyoman Nuarta mengambil pendidikan di Institut Teknologi Bandung jurusan seni rupa pada tahun 1972. Awalnya, Nyoman Nuarta belajar seni lukis tapi setelah dua tahun kemudian Nuarta memutuskan untuk pindah ke jurusan seni patung karena beliau merasa bakat dan kemampuannya lebih berkembang di seni patung. Hingga pada tahun 1979 Nuarta ikut sebuah lomba membuat patung proklamator republik Indonesia dan Nuarta pun berhasil menang.


Sang Maestro Nyoman Nuarta (sumber foto www.nuartscupturepark.com)


Patung karya seni Nyoman Nuarta

 Galeri Nuart Sculpture Park memiliki kurang lebih 123 patung dengan berbagai bentuk serta 69 lukisan yang dibuat dari bahan logam dan polyester sin. Hasil karya nyoman Nuarta yang orisinal dan unik menjadi daya tarik tersendiri dibanding karya sejenis seniman lainnya yang terjun di bidang yang sama. Hasil karya seni Nyoman Nuarta pun telah banyak memperoleh penghargaan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.




Patung perempuan yang akan menyambut anda ketika memasuki gerbang galeri Nuart





                       Patung hasil karya Nyoman Nuarta dengan judul Devi Zolim
                            Dibuat pada tahun 2015 dengan tinggi 2,4 meter.



Salah satu patung berbentuk macan hasil karya Nyoman Nuarta yang ada di area outdoor



Salah satu kutipan dari buku tentang Nyoman Nuarta karangan seniman Jim Supangkat


Salah satu patung luar biasa karya seni maestro Nyoman Nuarta yang kemudian menjadi simbol dan daya tarik pariwisata  di pulau dewata Bali adalah patung GWK (Garuda Wisnu Kencana) yang memiliki ukuran raksasa yaitu tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan menjadi salah satu patung terbesar yang ada di dunia. Patung GWK ini merupakan patung replika dewa Wisnu yang sedang mengendarai kendaraannya yang berupa burung Garuda.

Patung Garuda Wsnu Kencana karya Nyoman Nuarta yang ada di Bali (sumber foto : pusakaindonesia.org)
Dan untuk anda yang pernah atau sering lewat  perempatan Jalan Lembong dan Jalan Veteran, Bandung, terdapat sebuah patung hasil karya Nyoman Nuarta yang bisa masyarakat nikmati setiap saat yaitu patung berbentuk pemain sepakbola yang dipajang di area taman di jalan tersebut.

sumber foto : indonesiacayo(dot)com


Galeri nuart sebagai tempat tujuan wisata dan edukasi

Nuart Sculture Park memiliki potensi menjadi salah satu tempat tujuan wisata bagi masyarakat terutama kalangan pecinta seni. Untuk masuk ke dalam galeri pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 untuk dewasa dan umum serta Rp 25.000 untuk anak usia sekolah dan mahasiswa. Beberapa waktu yang lalu galeri Nuart ini dibuka secara gratis untuk umum tapi mulai sejak awal tahun 2016 Nuart menetapkan harga tiket masuk dengan tujuan supaya karya seni nya bisa lebih diapresiasi oleh masyarakat banyak (masyarakat lokal dan mancanegara) dan dalam rangka ikut mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang kepariwisataan.



Kolam dengan gemericik air di area Galeri Nuart Sculpture Park yang asri


Di Galeri Nuart anda bisa menikmati dan mengabadikan karya seni menggunakan kamera tapi INGAT ga boleh menyentuh patung dan No Tongsis ya temans :)
 
Banyak sekali manfaat dan unsur edukasi yang bisa diperoleh setelah mengunjungi galeri seni Nuart ini. Saya percaya, bahwa jiwa seni seseorang dapat muncul dan berkembang setelah mengunjungi galeri Nuart karena pengaruh lingkungan seni yang begitu sarat dengan keindahan rasa dan karya.
Saat ini galeri Nuart memiliki sebuah studio baru yaitu studio mini menyerupai studio bioskop yang didalamnya memutarkan video tentang karya Nyoman Nuarta. Video singkat berdurasi sekitar 20menit yang isinya mempertontonkan tentang seni yang memiliki hakikat kembali kepada alam semesta (Back to Nature) serta kemegahan patung-patung karya Nuarta yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia yang dibuat dengan penuh kerja keras oleh puluhan bahkan ratusan seniman yang tergabung dalam tim proyek seni Nuarta.

Area tempat duduk di studio mini Galeri Nuart

Beneran deh galeri Nuart ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat tujuan wisata bersama teman, kerabat, keluarga dan pasangan. Daripada berkunjung ke mal yang menurut saya masih gitu-gitu aja dan cenderung konsumtif tidak ada salahnya apabila anda mengajak orang terdekat untuk berkunjung ke galeri Nuart.
Anda bisa berjalan kaki di sepanjang taman yang rimbun oleh pepohonan hijau sambil menikmati air mancur dan anda pasti akan terkagum-kagum melihat hasil karya seni buatan Nuarta persis seperti yang saya rasakan waktu itu. Konsepnya luar biasa dan kok kepikiran ya.. Amazed banget deh.
Oya, jujur pengalaman saya berkunjung ke galeri Nuart kemarin adalah pengalaman pertama saya, karena waktu itu saya sedang mengikuti sebuah acara blogger gathering yang diadakan oleh salah satu perusahaan taksi terbesar di Indonesia.


Makanya saya ingin sekali bisa datang lagi ke galeri Nuart, entah bareng pasangan, keluarga ataupun teman. Karena masih banyak spot menarik yang belum sempat saya kunjungi. Di galeri Nuart terdapat tempat kediaman Nyoman Nuarta yang kental dengan sentuhan ukiran khas Bali yang  juga disebut dengan gedung Kuning. Disebut gedung kuning karena bangunan ini memiliki dominasi warna kuning muda. Gedung kuning tersebut juga berfungsi sebagai gedung serba guna tempat menerima tamu dan presentasi seni.

Selain menikmati hasil karya seni tinggi buatan Nyoman Nuarta anda juga bisa mengikuti kegiatan seru lainnya seperti pelatihan singkat  membuat hasil karya seni dengan tangan sendiri yaitu belajar membuat patung, membuat lukisan hingga membuat batik. Yang mana kegiatan tersebut akan dipandu oleh instruktur berpengalaman yang sudah disediakan. Di galeri Nuart anda bisa membeli souvenir berupa miniatur dari karya-karya Nyoman Nuarta dan seniman lainnya ( dalam maupun luar negeri). Dan setelah selesai berkeliling di galeri Nuart anda bisa berisitirahat dan menikmati sajian kuliner di N café, menu andalan di N café adalah nasi campur dan bebek Bali crispy. Sepertinya patut dicoba nih!
Yuk segera luangkan waktu dan ajak teman, pasangan serta anggota keluarga lainnya untuk segera datang berkunjung ke galeri Nuart :) dan dapatkan pengalaman menarik yang tak terlupakan!

Nuart Sculpture Park
Alamat : Jl. Setra duta raya L6, Bandung
Telp : 022-2017812
Wesite : www.nuarta.com

Comments

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.