Arti Bertambahnya Usia : Banyak Hal Yang Harus Disyukuri

Ga kerasa ya Ramadan tahun ini udah menginjak hari ke 14 aja. Dan Alhamdulillah, di hari ke 9 ramadan 1440H, tepatnya tanggal 14 Mei usia saya pun ikut bertambah. Tambah ‘matang’ dan tambah bikin saya deg-degan hehe. Iya tahun depan usia saya sudah berubah angka depannya. Hmm. #menolaktua haha.

Dan saya merasa dengan bertambahnya usia, itu artinya jatah hidup saya di dunia menjadi semakin berkurang. Semakin sadar bahwa banyak sekali hal-hal yang belum saya persiapkan sebagai bekal kelak.

Sejenak fikiran saya pun melayang ke masa lalu, masa-masa dimana saya masih muda , masa-masa dimana hidup terasa relatif lebih ringan. Berusaha mengingat pencapaian apa saja yang sudah saya peroleh selama ini.

Well time flies so fast dan seiring berjalannya waktu banyak sekali hal-hal yang sudah saya lewati. Suka duka dan ujian - ujian hidup yang berhasil mendewasakan diri ini. Dan saya sadar itu adalah bagian dari perjalanan hidup yang harus saya jalani sebagai manusia.

Saya ga nyangka sekaligus bersyukur bisa sampai di usia saat ini. 39 years. Wow. Usia matang atau lebih kerennya usia cantik untuk seorang wanita. Usia dimana mulai banyak hal-hal yang harus saya perhatikan secara ekstra. Mulai dari kesehatan kulit, tubuh, kesehatan mental dan masih banyak lagi.


" Terima kasih ya Allah, atas nikmat sehat dan nikmat usia yang telah Engkau berikan kepada saya selama ini ".


Banyak sekali nikmatMu yang terkadang sering saya abaikan dan membuat saya lupa untuk bersyukur kepadaMu.


Bersyukurlah Setiap Hari


Ada sebuah quotes favorit tentang bersyukur yang ga pernah saya lupa yaitu Bersyukurlah Setiap Hari . Sebuah kalimat singkat yang mempunyai arti mendalam. Mengingatkan kita untuk mensyukuri segala sesuatu tak hanya hal-hal besar tapi juga hal-hal kecil yang kita alami setiap hari.

Karena adakalanya sebagai manusia kita cenderung menilai sesuatu berdasarkan kadarnya atau besarnya saja. Padahal banyak sekali hal-hal kecil yang mempunyai arti dan bisa kita syukuri.

Ngomongin soal bersyukur, saya jadi ingat salah satu sesi menarik di sebuah acara workshop yang pernah saya ikuti beberapa waktu lalu. Di sesi tersebut seluruh peserta diminta untuk menyebutkan hal-hal apa saja yang belum kita syukuri selama satu minggu terakhir. Dan surprisingly banyak sekali hal-hal kecil yang ternyata bisa kita syukuri dan mengingatkan kita untuk tidak menjadi sosok yang suka mengeluh.

foto : gulanyagulali


Praktek bersyukur tersebut ada baiknya kita latih dan biasakan setiap hari. Kita bisa mulai dengan menuliskannya di dalam sebuah buku ataupun menuliskannya di secarik kertas kecil, menggulungnya dan memasukannya ke dalam sebuah toples. Dan di akhir bulan kita akan menyadari betapa banyak hal-hal indah yang sudah Tuhan berikan kepada kita dan patut kita syukuri.


10 Hal Yang Saya Syukuri Di Pertambahan Usia Saat Ini  :


  1. Saya bersyukur diberi kesehatan oleh Allah, bisa beraktifitas dan menjalani hari-hari dengan normal. Bisa belanja ke supermarket hanya dengan berjalan kaki. Lha wong jaraknya Cuma 300m-an aja hehe.
  2. Saya bersyukur bisa menjalani ibadah shaum tanpa suatu hambatan apapun. Bangun sahur dan buka puasa di rumah bersama keluarga.
  3. Saya bersyukur memiliki kedua orangtua yang mandiri di usianya yang sudah senja. Kedua orang tua yang sehat yang selalu memberi nasihat bijak dan senantiasa mendoakan anaknya setiap saat. Alhamdulillah ya Allah.
  4. Saya bersyukur dikelilingi oleh orang-orang tersayang, suami, teman dan sahabat yang selalu mengingatkan akan kebaikan dan memberi perhatian dengan tulus.
  5. Saya bersyukur masih diberi kesempatan untuk terus belajar memperbaiki diri. Banyak sekali hal-hal yang ingin saya lakukan, seperti ingin mulai rajin berolahraga walaupun olahraga ringan dan ingin memperbaiki pola makan yang masih amburadul. Karena saya semakin sadar bahwa kesehatan itu penting banget. Tambah tua tambah banyak peer-nya.
  6. Saya bersyukur karena masih mempunyai banyak cita-cita yang ingin dicapai. Ingin ini ingin itu banyak sekali. Yang membuat saya tetap terus bersemangat dan bekerja keras untuk bisa mencapainya.
  7. Saya bersyukur masih bisa berkarya sesuai dengan minat yang saya miliki. Walaupun dalam bentuk bekerja dari rumah (online) but I’m enjoying it. Yang menyenangkan saya bisa mengatur waktu dengan fleksibel sesuai kebutuhan.
  8. Saya bersyukur memiliki tempat tinggal yang nyaman dengan banyak jendela dan sedikit halaman belakang tempat saya berkebun ala-ala, yes gardening is one of my me time.
  9. Saya bersyukur bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga sambil mendengarkan musik kesukaan. Di kala setrikaan sudah menggunung. dengerin siaran radio jadi hiburan tersendiri buat saya. Kerjaan pun jadi terasa lebih ringan. Emak-emak tjurhat nih judulnya haha.
  10. Saya bersyukur bahwa banyak sekali hal-hal yang bisa kita syukuri dalam hidup ini.
So jangan lupa untuk selalu bersyukur karena nikmat TuhanMu yang manakah yang kau dustakan.




Salam,



0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .