Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

Sarrahgita.com - Memiliki tempat tinggal yang nyaman adalah impian setiap orang. Namun seiring berjalannya waktu kepemilikan rumah atau tempat tinggal menjadi masalah yang krusial karena harga lahan maupun harga rumah terus meningkat. 


Hal ini disebabkan karena melonjaknya pertumbuhan penduduk di Indonesia yang tak seimbang dengan jumlah lahan yang tersedia. Dengan melonjaknya kebutuhan dasar manusia akan tempat tinggal tersebut menjadikan rumah sebagai sarana investasi yang potensial, baik untuk dijual ataupun disewa.  Dan saya setuju kalo rumah yang dipasarkan bisa memberikan keuntungan yang tinggi bagi pelaku investasi.

Namun sebelum membeli rumah atau melakukan investasi di bidang properti, kita harus mempertimbangkan 4 tips berikut agar tetap mendapatkan keuntungan.



pertimbangkan hal ini sebelum membeli rumah

1.    Cek Lokasi

Lokasi yang dicari adalah lingkungan lokasi rumah yang strategis dan memiliki keamanan yang terjamin.


Lokasi dinilai strategis jika dapat mendukung mobilisasi kita dalam beraktivitas sehari-hari misal : sangat dekat dengan pusat kota, berada di sekitar lokasi sarana transportasi, dekat dengan pusat pendidikan,  dekat dengan kantor pemerintahan dan fasilitas publik dan lain sebagainya.


Dan ngomongin soal lokasi rumah sebagai investasi, saya tertarik dengan sebuah perumahan yang ada di kawasan Tangerang.  Perumahan di Tangerang ini mudah diakses melalui tol Jakarta Merak. 30 menit menuju Bandara via Jalan Merak, 20 menit menuju Jakarta Selatan via Ring 4, 40 menit menuju Kawasan Pusat Bisnis menggunakan MRT, 36 menit menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dan ke depannya bisa diakses melalui MRT dan Tol New Serpong Airport - JORR 3.

Nama perumahan tersebut adalah Daisan Residence. Daisan Residences berjarak hanya beberapa menit dari Lapangan Golf Kedaton dan beragam fasilitas lengkap lainnya. 




Selain lokasinya yang strategis, perumahan tersebut memiliki konsep ala-ala Jepang gitu lho.


Baca juga : 3 Cara Mendapatkan Inspirasi Rumah Idaman Minimalis


Kapan lagi bisa dapat rumah dengan lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap, keamanan yang terjamin 24 jam serta konsep yang menarik hunian bernuansa Jepang.

 

Cluster Osaka



cluster fuji
Cluster Fuji

 

2.    Fasilitas Memadai


Sebelum memilih rumah tentunya kita harus melakukan survey lokasi secara cermat. Beberapa orang termasuk saya pribadi menginginkan lokasi properti yang memadai, dari mulai fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat olahraga dan fasilitas lainnya.


Dan hal tersebut sudah difasilitasi oleh Daisan Residence karena Cluster Osaka dan Cluster Fuji di Daisan berada satu lokasi dengan The Shoploft (pusat perbelanjaan).

 

The shoploft
The ShopLoft di Daisan | Penghuni perumahan Daisan tidak perlu keluar jauh untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari


3.    Cek Legalitas Rumah


Apabila sudah merasa cocok dengan sebuah rumah, kita harus memperhatikan sisi legalitasnya terlebih dahulu. 

 

Sebaiknya tanyakan sertifikat aslinya, apakah tertera atas nama pemilik atau bukan, supaya kita dapat mengetahui secara langsung lokasi tersebut bukanlah tanah sengketa dan untuk menghindari penipuan atau kasus jual beli rumah illegal.


Hal ini wajib dilakukan sebelum bertransaksi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan kedepannya. 

 

Kita bisa memastikan dengan mendatangi lokasi tersebut agar dapat di cross check secara langsung. Dengan demikian kita dapat mempertimbangkan apakah wilayah tersebut pantas dijadikan hunian atau tidak.


4.    Harga = Kualitas


Untuk harga rumah tentu sebanding dengan kualitas yang diberikan. Cluster yang ada di Daisan tersedia dengan fasilitas yang berbeda di setiap unitnya, dengan harga yang bervariasi berdasarkan properti yang didapatkan. 

 

Biasanya perumahan baru memiliki penawaran terbaik. Dan hal tersebut bisa kita manfaatkan karena kesempatan tidak datang dua kali.  
 

besrt offer daisan residence
Jangan lewatkan penawaran menarik di Daisan Shopping Festival 2020

 

Oya, supaya ga penasaran intip dulu yuk kayak gimana sih tampilan hunian (interior design) di Daisan Residence ini.

a.    Cluster Osaka

 

Cluster Osaka merupakan cluster yang memiliki ukuran paling kecil dibanding cluster lainnya. Tapi walaupun cluster ini memiliki luas yang relative terbatas, cluster Osaka memiliki ruang yang lengkap dan bisa memuat semua fasilitas dengan kualitas premium.

Unit The Flexible memiliki luas area lahan dan bangunan yang kecil tapi tersedia dengan dua pilihan jumlah kamar tidur. Opsi pertama tersedia 4 kamar dan opsi kedua terdiri dari 3+1 yang memiliki kamar mandi 3+1. Unit ini memiliki 3 lantai dan 1 garasi.

 

the flexible daisan residence
Ruang Tamu di The Flexible | salfok sama bentuk kaki sofanya, unik ya?


 Baca juga : Cek Harga Sofa Minimalis Untuk Rumah Baru



 

the villa cluster osaka
The Villa Cluster Osaka


 

Unit The Villa memiliki harga yang terjangkau dengan beragam fasilitas publik berkualitas premium sehingga dapat memanfaatkan ruang yang maksimal. Unit ini memiliki gaya yang sederhana namun tetap terlihat elegan. Area lahan unit ini 40m2 dan area bangunan 73,5m2. Ruang tamu dengan atap tinggi memiliki 3 kamar tidur dan 2+1 kamar mandi. Unit ini terdiri dari 3 lantai dan 1 garasi.
                                                             

b.    Cluster Fuji


ruang tamu mewah
The Lakehome

 Unit The Lakehome sebagai cluster eksklusivitas dan kemewahan tiada tanding dengan konsep Prancis Klasik yang elegan dipadukan dengan pemandangan danau yang menakjubkan.

Kita bisa menikmati pesona keindahan danau hanya beberapa langkah dari pintu. Beragam ruang yang fungsional seperti ruang tamu, kamar utama dan konsep dapur terbuka yang unik.

 

dapur klasik ala prancis
Dengan konsep dapur ala Prancis klasik, kita bisa menikmati pemandangan alam dari luar jendela


 
yoga room
Terdapat yoga room yang luas sehingga bisa mendukung aktivitas olahraga indoor



c.    Cluster Tokyo



outdoor area
Area outdoor dengan privasi area

 

Unit The Courtyard memiliki halaman outdoor yang mengutamakan privasi. Jika kita ingin tetap merasakan kebebasan namun tidak ada orang yang melihat, kita bisa memilih cluster ini sebagai pilihan utama. Privasi menjadi prioritas utama agar penghuni rumah tetap merasa nyaman.

 

kamar tidur
Konsep kamar tidur yang mewah dan lengkap
 

 
Kamar tidur tersedia 4+1+1 kamar dengan konsep kamar tidur yang mewah dengan ruangan hiburan yang multifungsi. Hanya di cluster ini yang memiliki dua garasi. Memang cluster yang paling luas dibanding cluster lainnya.


Menarik sekali ya ! Kalo berminat langsung saja lihat dan kunjungi show unit Daisan Lavon, atau cek sosial media mereka berikut ini :


https://www.instagram.com/swancityid/ (Instagram)
https://www.facebook.com/swancityindonesia/ (Facebook)
https://www.youtube.com/channel/UCevX4yxo_W3E5PnwQk58K-w (YouTube)


Baca juga : Ingin Cicil Rumah? Kenali Dulu Yuk Perbedaan KPR Syariah dan KPR Konvensional



20 Comments

  1. beli rumah itu kayak cari jodoh
    gampang gampang susah
    tapi memang harus ada perhitungan yang teliti jangan sampai menyesal di kemudian hari


    ReplyDelete
  2. Cenut cenut, mau tapi dompetnya menjerit-jerit. Ini bagiku mewah kak. Langsung jatuh hati meski sadar diri entah kapan bakal bisa bersatu. Ayo sama-sama berdoa biar kebeli ginian. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Mewah bangettt Semoga kita bisa kebeli rumah seperti ini, aamiin... Berdoa dulu sapa tau nanti di ijabah hehehe. Kalau saya dari segi lokasi lebih memilih yang deket masjid, deket sekolah, dan deket pasar. Letak rumah impian nih 🤭

    ReplyDelete
  4. Sayang di Tangerang ya?
    Anakku sedang Cari di sekitar Cibiru
    Padahal Daisan Residence ini keren keren ya cluster nya
    Bikin pingin punya rumah disini 😊😊

    ReplyDelete
  5. Betul cek legalitas apakah rumah bermasalah atau tidak. Lokasi juga penting. Dan fasilitas pastinya harus mudah transportasinya kalo buat saya. Semoga bisa beli rumah yg sesuai dg kebutuhan, amin.

    ReplyDelete
  6. Memang sih banyak pertimbangan sebelum menentukam memilih perumahan. Bener banget yang penting lokasi strategis, fasilitasnya oke dan tentunya harga bersahabat. Daisan Residence kayanya memenuhi banget deh semua kriteria itu, clusternya cantik-cantik.

    ReplyDelete
  7. Beli rumah memang butuh keberanian. Jujur sampai skrng saya belum berani beli, walau kemungkinan kemampuan menyicil ada.

    ReplyDelete
  8. Pojn-poin yang disebutin sama mba Sarrah bener banget. Kemarin pas nyari rumah buat kakak juga gitu. Susah-susah gampang. Btw aku naksir sama cluster Osaka. Bismillah deh, makin giat nabungnya nih 😬

    ReplyDelete
  9. Saya suka dg pepatah ada barang ada harga. Jika memang ingin mendapatkan yang berkualitas, harusnya kita juga rela bayar atau memberikan yang terbaik. Beli rumah itu investasi yang besar, jadi ga heran kalau modalnya juga besar.

    ReplyDelete
  10. Bener banget ini tipsnya, jadi gak sekedar suka tapi juga harus developer terpercaya jadi legalitasnya gak diragukan lagi ya

    ReplyDelete
  11. desain nya ya ampun bagus banget,,, udah gitu tempatnya strategis pula dengan fasilitas yang lengkap,,, pas banget buat investasi ataupun tempat tinggak

    ReplyDelete
  12. Sepakat soal cek legalitas. Sekarang banyak banget pengembang abal2 yg nawarin harga murah, minta DP dulu eh ternyata bodong atau tanahnya bermasalah. Jelas kita rugi dong, karena itu mending repot di awal ya

    ReplyDelete
  13. Keren bangett kamarnya euyy. Minimalist elegant. Pengen juga nata rumah kayak gituu hihi

    ReplyDelete
  14. clusternya bagus-bagus deh, aku seumur-umur belum pernah tinggal di cluster atau komplek. tips ini berguna banget jadinya..

    ReplyDelete
  15. Cek lokasi, merupakan langkah pertama yang penting banget. Ada temanku, karena ngejar agak murah (selisih 20 juta), dia ambil agak jauh dari kantor. Hasilnya, setiap pagi berjibaku ama padatnya jalan ke kantor, kalau berangkatnya agak siangan.

    ReplyDelete
  16. Nah ini dia yg mamaku terapkan pas mau beli rumah dulu, penting banget, apalagi legalitasnya. Terus lokasinya jugacmamaku suka, ya sudah ambil.

    ReplyDelete
  17. Emang cari tempat strategis itu penting banget kalo mau beli rumah, jadi ga jadi sesalan dikemudian hari karna jauh dari tempat tempat pentinh

    ReplyDelete
  18. setuju bangeet, legalitas itu penting banget deh mba. udah banyak yang kejebak beli2 rumah trus dibulet2in saat pengeluaran sertifikatnya.. ujung2nya rugi bandar deh

    ReplyDelete
  19. Saya kurang paham lokasinya Daisan nih. Dengan kendaraan umum, kira-kira lebih dekat ke Alam Sutera atau ke Serpong, Mbak?

    ReplyDelete
  20. Manisnyaa...
    Aku suka banget sama desing minimalisnya Cluster Osaka.
    Semakin kecil, semakin cerdas menata ruang dan perabot agar aesthetic.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.