Jadi Bagian dari Digital Savvy dengan Aplikasi Keuangan Digital

aplikasi bank digital terbaik

Sejak tiga tahun terakhir perkembangan teknologi digital semakin pesat. Banyak sekali berbagai bidang yang memanfaatkan teknologi digital. Mulai dari bisnis, pendidikan, telekomunikasi, perbankan hingga kesehatan.

Dan untuk dunia perbankan, saat ini mulai bermunculan aplikasi keuangan digital. Aplikasi tersebut hadir sebagai salah satu solusi dalam memudahkan transaksi di bidang keuangan.

Teknologi dalam aplikasi keuangan digital terbukti dapat membantu perbankan dalam melayani nasabah tanpa harus meminta mereka untuk datang langsung ke kantor cabang.

Berbagai kemudahan melalui adanya layanan e-banking yang bisa diakses melalui smartphone hingga pembuatan rekening secara online.

Ya sejak pandemi COVID-19, digital savvy semakin dekat dengan kehidupan sehari-hari karena kita harus bisa menjaga jarak saat bertemu dengan orang lain sehingga kalau mau bertransaksi harus mengandalkan teknologi.

Digital savvy identik dengan generasi milenial dan generasi Z. Dan menjadi cara kita untuk mulai melek dan beradaptasi dengan dunia digital


Membuat Rekening Secara Online 

Tak pernah terbayangkan sebelumnya kalo membuat rekening bisa dilakukan secara online

Kita tak harus pergi ke kantor cabang dan mengantri di customer service. Apalagi disituasi pandemi seperti saat ini banyak orang, termasuk saya yang masih menghindari bepergian ke tempat yang berpotensi berkerumun seperti bank.

Saya bersyukur saat ini terdapat beberapa bank yang melayani pembuatan rekening secara online. Dan saya penasaran bagaimana sih proses membuat rekening secara online itu? 

Terlepas dari rasa penasaran saya tentang cara membuat rekening online, saya memang punya rencana untuk membuat rekening baru.

Ya saya teringat ucapan seorang konsultan keuangan yang menyampaikan bahwa sebaiknya setiap orang memiliki minimal dua rekening tabungan. 

Rekening pertama adalah rekening operasional. Rekening yang merupakan tabungan utama untuk menampung uang yang berasal dari gaji kita. Dimana uang tersebut akan kita gunakan untuk biaya hidup sehari-hari seperti biaya sekolah anak hingga kebutuhan belanja rumah tangga.

Dan kedua adalah rekening dana darurat. Dimana rekening dana darurat ini memang dialokasikan khusus untuk menabung.

Dengan memiliki rekening terpisah kita akan lebih mudah dalam mengatur cashflow keuangan.

Saya pun mencari referensi rekening bank yang sudah terintegrasi dengan aplikasi keuangan digital.


Aplikasi Keuangan Digital Sebagai Sarana Untuk Memudahkan Transaksi Keuangan

Saat ini banyak terdapat aplikasi keuangan terbaik yang bisa kita pilih dan manfaatkan sesuai kebutuhan. Dan setelah membaca review aplikasi blu yang cukup positif di internet saya pun memutuskan untuk menggunakan aplikasi bank digital terbaik yaitu blu by BCA digital.

Apakah bank digital BCA sama dengan bank BCA?

Aplikasi keuangan digital blu by BCA digital diluncurkan pada awal Juli 2021 oleh BCA (Bank Central Asia)

Mengutip dari laman bisnis.com BCA digital merupakan hasil transformasi dari PT Bank Royal Indonesia. BCA mengakuisisi Bank Royal pada November 2019, yang selanjutnya disiapkan untuk menjadi bank digital perseroan.

Aplikasi blu by BCA digital hadir sebagai ekosistem bank digital tanpa kantor cabang (branchless) dan dapat diakses dari mana saja, kapan saja. 

Aplikasi blu juga terintegrasi dengan semua infrastruktur digital yang dimiliki oleh BCA, seperti call center dan jaringan ATM.

Namun kode bank rekening BCA dan BCA digital ini berbeda. Jadi kalo mau transfer uang ke BCA digital kode banknya adalah 501. Sedangkan kode rekening BCA 014.


Cara Membuat Rekening Online via blu by BCA Digital

Cara untuk membuat rekening online via blu by BCA digital ini ternyata relatif mudah dan praktis. Karena saya pengguna android saya tinggal mendownload aplikasi blu via playstore secara gratis, login dan mengisi formulir dengan data pribadi sesuai petunjuk. Kemudian menyiapkan e-KTP dan NPWP (bila ada) untuk verifikasi.

Oya supaya proses pembuatan rekening online berjalan dengan lancar pastikan kita memiliki koneksi internet yang stabil ya karena sebagai bagian dari proses verifikasi, pada pembuatan rekening online ini akan ada kegiatan video call yang dilakukan oleh petugas BCA.

Calon nasabah akan ditelepon secara langsung dan kemudian diminta untuk berfoto dengan e-ktp masing-masing. Setelah itu ada sedikit interview berupa validasi data, crosscheck langsung kesesuaian data yang diberikan melalui formulir.

Berdasarkan pengalaman pribadi, dalam waktu kurang dari satu jam saya sudah memiliki rekening aktif baru di BCA Digital dan sudah bisa langsung digunakan.

Mudah, praktis dan relatif cepat.

aplikasi keuangan terbaik
Untuk keamanan nominal saldo bisa disembunyikan sesuai kebutuhan


Fitur Aplikasi blu by BCA Digital

Apa saja sih fitur yang dimiliki oleh aplikasi blu by BCA digital sebagai aplikasi keuangan terbaik ini?

Setelah login ke aplikasi keuangan digital blu by BCA digital terdapat tiga fitur inovatif yang bisa kita manfaatkan, antara lain :

1. bluSavingbluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening bluAccount yang bisa diatur sesuai dengan tujuan kita. 

Selain gampang buatnya, bluSaving menawarkan suku bunga yang kompetitif supaya kita bisa cepat merealisasikan goal tabungan yang ingin dituju.

Melalui bluSaving nasabah bisa melakukan budgeting dengan 10 rekening tabungan bluSaving. Dan masing-masing tabungan bisa kita atur budgetnya sesuai tujuan dan durasi nabung sesuai target kita.

Hal ini memudahkan nasabah untuk memisahkan pendapatan sesuai dengan pos-pos kebutuhan masing-masing. 

review aplikasi blu
Di aplikasi blu terdapat menu reminder yang memudahkan kita untuk menabung (tersedia layanan autodebet yang bisa bantu kita komitmen menabung untuk mencapai tujuan)


2. bluGether, tabungan yang berfungsi seperti rekening bendahara. Dengan bluGether kita bisa punya rekening tabungan single account yang dapat dipakai seperti rekening bendahara dan dapat mengundang teman sebagai Member, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether biar lebih transparan.

bluGether adalah cerminan inovasi dari kearifan lokal kebiasaan patungan masyarakat Indonesia.

Saya jadi terinspirasi untuk menggunakan fitur bluGether di grup arisan yang saya ikuti.

review aplikasi blu
Transaksi keuangan pun jadi lebih transparan


3. bluDeposit yang memudahkan nasabah membuka deposito yang bisa di top up nominalnya.

Melalui bluDeposit ini kita bisa membuka deposito dengan minimal saldo Rp1.000.000. Bisa pilih tenor bluDeposit mulai dari 1 sampai 12 bulan, bisa tentukan sendiri nama bluDeposit kita dan bisa top-up saldo sampai dengan H+6 dari tanggal pembukaan bluDeposit.

Selain itu semua jenis pembayaran, mulai dari pembayaran tagihan, top-up e-wallet (Ovo dan GoPay), hingga pembelian paket data, bisa dilakukan dalam aplikasi blu. 

review aplikasi blu
Menu di aplikasi blu yang identik dengan kebutuhan Gen Z jaman now

Nasabah blu juga dapat melakukan transfer ke bank lain tanpa biaya*  Selain itu, berkat integrasi yang kuat dengan infrastruktur BCA, nasabah blu bisa melakukan tarik/setor tunai gratis di semua ATM BCA di Indonesia.

*syarat & ketentuan berlaku


Kerjasama Telkomsel dan BCA melalui redi x blu

Tak dimungkiri untuk bisa maju dan berkembang dalam sebuah bidang diperlukan adanya kolaborasi. Dan BCA menggandeng perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yaitu Telkomsel untuk bekerjasama melalui redi x blu.

Telkomsel redi adalah layanan aplikasi dari Telkomsel Mobile Banking yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk dapat mengakses rekening bank melalui telepon genggam. 

•  Telkomsel menjalin kolaborasi bersama BCA Digital dengan mengintegrasikan layanan perbankan digital end-to-end (e2e) antara aplikasi mobile financial services Telkomsel redi dengan digital banking blu. 

•  Kolaborasi kedua layanan ini memungkinkan pengguna mengakses berbagai layanan perbankan blu dari aplikasi Telkomsel redi, seperti pembukaan dan pengelolaan rekening blu, transfer, cek saldo, transaksi menggunakan QRIS, pembelian pulsa hingga menikmati beragam promo dan reward ekslusif yang dihadirkan bagi pengguna.


Membuat Rekening blu lewat Aplikasi redi by Telkomsel

Khusus untuk pengguna baru yang membuat rekening blu via aplikasi redi by Telkomsel bisa mendapatkan banyak sekali promo menarik dan salah satunya adalah promo gratis kuota internet hingga 6gb.

review aplikasi redi

Ya, gratis kuota internet tersebut memang ditujukan bagi nasabah yang membuat rekening blu via aplikasi Telkomsel redi. 

Caranya sangat mudah dan gratis, tinggal unduh aplikasi redi di smartphone. Setelah berhasil ter-install tambahkan bank baru dan pilih blu by BCA digital.

review aplikasi redi

Kemudian masukkan data diri seperti nama, tempat tanggal lahir, email serta password yang akan kita gunakan untuk login ke aplikasi redi selanjutnya.

Selain itu jangan lupa syarat utamanya tentu saja kita harus mendaftar menggunakan nomor Telkomsel seperti Simpati atau kartu Halo dan menggunakan HP berbasis Android.

Setelah mendaftar akan ada proses verifikasi data seperti berfoto dengan KTP masing-masing dan wawancara singkat yang dilakukan melalui video call oleh petugas BCA.

Pastikan juga koneksi internet kita dalam kondisi stabil agar proses wawancara berjalan lancar. 

Dan kalo ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi redi by Telkomsel ini, manteman bisa baca review aplikasi redi lainnya yang ada di internet.


Promo untuk Pengguna Baru Rekening blu x redi by Telkomsel

Selain promo gratis kuota internet hingga 6GB, ada juga promo lainnya yang ga kalah menarik seperti promo cashback belanja di Google play, promo diskon belanja di marketplace , promo cashback 50 % belanja pake QRIS di tenant pilihan, voucher Mobile Legend / Steam Wallet hingga promo bluReferral yaitu ajak teman buka rekening blu dapat bonus referral hingga satu juta rupiah.

review aplikasi redi


Kegunaan Aplikasi redi by Telkomsel

Aplikasi redi by Telkomsel memiliki banyak kegunaan dan memberikan berbagai kemudahan seperti : 

1. Bisa mengakses lebih dari satu rekening bank dalam satu aplikasi. 

2. Bisa transfer uang ke nomor handphone dari rekening bank.

3. Memiliki fitur reminder untuk bayar tagihan listrik, air dan handphone tanpa terlewat.

4. Report pengeluaran yang dilakukan setiap bulan.

5. Mengetahui program promo terbaru dari Telkomsel dan BCA.

Kedua aplikasi tersebut saling berintegrasi untuk mendapatkan layanan perbankan untuk akses keuangan digital yang lebih mudah dan  nyaman.


Alasan Menggunakan Aplikasi blu dan redi

Alasan utama saya menggunakan aplikasi keuangan digital karena saya ingin mulai mengatur keuangan dengan cara yang lebih praktis. Dengan menggunakan aplikasi keuangan saya dapat memonitor cahsflow dan mengatur pos-pos tabungan sesuai kebutuhan. Tanpa harus menggunakan cara manual dengan menulis di buku.

Dan setelah mencari referensi aplikasi keuangan digital terbaik dan membaca berbagai review aplikasi keuangan termasuk review aplikasi blu saya pun langsung tertarik dengan aplikasi blu by BCA digital.

Selain itu sebagai nasabah BCA sekaligus pengguna provider Telkomsel selama kurang lebih 10 tahun,  saya merasa puas dengan pelayanan kedua perusahaan besar tersebut. Karena memang terpercaya, selangkah lebih maju dan selalu up to date

Jadi ketika tahu ada layanan aplikasi blu dan redi yang two in one dalam satu genggaman ini. Langsung deh bikin.


Kesimpulan

Menurut saya blu by BCA digital sebagai salah satu aplikasi bank digital terbaik di Indonesia cocok banget buat digital savvy yang ga mau ribet dalam bertransaksi keuangan.

Semoga review aplikasi blu dan review aplikasi redi ini dapat bermanfaat bagi man-teman yang ingin mulai menggunakan aplikasi keuangan digital.

Aplikasi blu dan redi bisa didownload melalui smartphone secara gratis. Dan terbukti sangat praktis untuk memudahkan transaksi keuangan sehari-hari !

Yuk jadi bagian dari digital savvy dengan langsung download  aplikasi blu Android atau aplikasi blu Apple . Dan boleh banget kalo mau sekalian review aplikasi blu berdasarkan pengalaman kalian masing-masing.


review aplikasi blu
Aplikasi blu by BCA Digital aplikasi keuangan digital jaman now





41 Comments

  1. Yang aku suka banget dari blu, dia ini aplikasinya ringan banget. Enggak lola juga pas running. Sama fitur bluGather nya yang multifungsi. Aku rekomendasiin ke keluarga besarku biar tabungan khusus keluarga besar dipindah ke bluGather ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya fitur bluGethernya menarik and cocok buat kelola uang bersama seperti arisan misalnya supaya pengelolaannya transparan diketahui sama semua anggotanya

      Delete
  2. Replies
    1. Semoga bermanfaat..Terima kasih udah mampir ke tulisan saya mba Tira :)

      Delete
  3. Aku pernah baca-baca soal Blu ini Kak, tapi sayangnya masih belum begitu lengkap ya kalau dibandingkan dengan bank digital pendahulu lainnya. Seperti aklau dipake buat transaksi internasional dengan paypal masih belum bisa. Tapi kabar baiknya keamanan yang ditawarkan Blu ini sama kayak Bank BCA konvensional, jadi gak perlu khawatir kehilangan saldo tiba-tiba. Makasih ya Kak atas ulasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama kak Rizky makasih juga udah mampir ke blog saya. Semoga kedepannya fasilitas blu by BCA digital ini semakin berkembang dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat ya

      Delete
  4. Makin mudah aja buka tabungan jaman sekarang ya kak, dari aplikasi di hape udah jadi aja tabungan, dan kita udah bisa mengatur keluar masuk uang karena sudah ada pembukuannya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya saya juga ga nyangka kalo bikin rekening bisa via online. praktis dan ga usah keluar rumah

      Delete
  5. diantara semua fiturnya, aku paling suka Blugether karena praktis banget untuk nabung bersama. Gak perlu ribet transfer sana sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya fitur bluGether ini jadi salah satu fitur favorit banyak orang nih hehe

      Delete
  6. Saya pengguna Blu by BCA juga mba, cara apply gampang, online wae langsung aktif accountnya :D
    dan bebas biaya admin tf ke beda bank, daebak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bank dengan layanan bebas biaya admin tuk transfer emang jadi salah satu daya tarik ya

      Delete
  7. Saya sudah punya rekening blu by BCA Digital juga nih, tinggal konsisten top up. Rencananya memang untuk tabungan aja sih.

    ReplyDelete
  8. Era digital ini memang luar biasa dampaknya. Salah satunya memaksimalkan segala inovasi di bidang finansial. Hadirnya aplikasi keuangan digital, semakin membenarkan bahwa memang banyak sekali jalan menuju kemudahan. Apa saja sudah genggaman!.

    Tentang blu by BCA digital, saya sudah sering mendengarnya, tapi belum ada kesempatan install, coba besok saya download aplikasinya via Android Playstore, ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes Kang aplikasi blu by BCA digital ini bisa diinstall lewat android playstore. Semoga bisa segera menyusul tuk pengguna Appstore ya

      Delete
  9. Wah bener juga ya bluGheter mirip patungan. Yang bluSaving keren sekali sih menurutku. Bisa 10 pos tabungan coba

    ReplyDelete
  10. Tossss kak, aku pun sesama pengguna blu nih hehhehe. Emang sih bukanya gampang banget tanpa harus datang ke banknya yesss. Mantabbbb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga nyampe satu jam udah punya rekening baru aktif tuh hehe. Mantabb

      Delete
  11. Dgn adanya blu dan redi ini kita jadi bisa buka app digital dalam satu genggaman ya kak. Dan gak perlu repot" lagi ngantri buat membuka rekening...

    ReplyDelete
  12. Buka rekening jaman now memang mengerti kebutuhan masa kini dan kondisi pandemi juga ya, sehingga via ponsel aja sudah bisa kita memiliki akun tanpa ribet

    ReplyDelete
  13. Woww ada promonya juga ini ya.
    Buka Blu Digital juga mudah dan cepat sekali ya.

    ReplyDelete
  14. saya pun pakai blu kak. Mudah banget nabung di blu. Apalagi tabungannya bisa dibuat kategori

    ReplyDelete
  15. Digital savvy banget yaa jaman sekarang mah bikin rekening bank juga cukup online ga perlu ke bank, ntap

    ReplyDelete
  16. Baru tau banget loh ternyata digital BCA BEDA sama BCA. Pantesan aku pernah transfer ke rekening awalan 501, ternyata itu digital BCA.

    ReplyDelete
  17. Ternyata sekarang mudah banget untuk membuat rekening virtual ya, teh. Semua transaksi digital juga bisa dilakukan dimana aja via aplikasi ini. No ribet ribet club. hehehe

    ReplyDelete
  18. Nah, ini bermanfaat dan sekali. Review-nya lengkap dan sangat mudah dipahami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Kim sudah mampir ke blog sarrahgita.com :)

      Delete
  19. jadi inget saya ingin install aplikasi keuangan digital blu by BCA

    agar punya rekening khusus untuk traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama dong brati, saya juga insyall blu by BCA digital supaya bisa bikin pos-pos wishlist kayak traveling dan beli barang impian

      Delete
  20. Era digital seperti ini, apapun enaknya emang dilakukan secara online ya mba
    Terkasuk melakukan transaksi keuangan, pake blu by bca emang paling pas

    ReplyDelete
  21. Asik banget sih fitur bluSaving-nya blu by BCA Digital.

    Ada jam kerjanya nggak sih pihak blu-nya kalau mau buka rekening? Kan biasanya perbankan tutup jam 4 sore tuh. Kalau bikin rekening via daring, ada nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuk petugas haloblu bertugas sampai jam 10 malam kak. Jadi kakak masih bisa bikin rekening setelah jam kerja

      Delete
  22. Aku bukain rek Blu ini buat asistenku, supaya gampang transfer gajinya 😄. Daripada selama ini cash Mulu. Memang gampang sih, apalagi serba online gini. Kalo sebelumnya aku males buka rek BCA secara fee nya banyak banget. Apalagi dibanding rek ku yg serba gratis transfer kemanapun dan tidak ada biaya admin. Tapi begitu BCA mengeluarkan Blu, aku seneng Krn yg versi digital nya lebih menguntungkan drpd yg konven. Tapi utk skr ini cukup buat asistenku aja :)

    ReplyDelete
  23. Cara menabung dan pos pos anggaran keuangan jadi makin oke, apalagi bisabada fitur pengingat tiap bulan juga, jadi makin juara inimah sihh aplikasinya. Makssih banyak rwviewnya mbak 🥰

    ReplyDelete
  24. Tenryt untuk daftar blu hy bca itu sangat simpel dan mudah ya. aku kira ribet kayak buat rekening baru 😱

    ReplyDelete
  25. Zaman sekarang untuk urusan perbankan semakin dimudahkan ya, Mbak. Buka rekening aja sekarang tidak perlu datang ke bank. Btw, saya belum pernah coba dan punya blu by Bca nih. Menarik untuk dicoba ya kayaknya!

    ReplyDelete
  26. Fitur dari aplikasi Blu ini menarik banget ya. Ada fitur blugether nih, aku juga jadi terinspirasi untuk menggunakan fitur ini buat mengatur arisan online nih teh. Pakai Blu bikin transaksi keuangan jadi lebih gampang ya..

    ReplyDelete
  27. Wah pada rame ngomongin Blu dari BCA. Pasti banyak kelebihannya ya sampai banyak yang kasih review positif. Jadi pengen juga punya akun di Blu, deh.

    ReplyDelete
  28. Bener banget kak, diera yang semakin modern ini semua jadi serba digital ya. Kita kudu bisa ngikutin perkembangan teknologi hehe. Makasih sudah bagiin review aplikasi blu by BCA digital.. ternyata fiturnya lengkap banget😍

    ReplyDelete
  29. Zaman sekarang apa-apa semua serba digital ya. Termasuk bank. Selama ini saya juga pakai BCA dan terpercaya, belum pernah ada kendala. Blogger juga harus punya karena kebanyakan klien mintanya rekening BCA kalau urusan pembayaran.

    ReplyDelete
  30. Semakin banyak bank digital di zaman internet ini ya. Semakin memudahkan orang untuk bertransaksi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .